Pembuktian Kualitas dan Penebusan Kesalahan Phil Foden

Analisis

by Redaksi 6

Redaksi 6

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pembuktian Kualitas dan Penebusan Kesalahan Phil Foden

Laga pekan kedua Premier League 2020/21 antara Wolves vs Manchester City yang berlangsung pada Selasa (22/9/2020) berkesudahan dengan skor 1-3 untuk kemenangan tim tamu. Dalam duel yang berlangsung di Stadion Molineux tersebut, gelandang muda Phil Foden membuktikan kualitasnya.

Pemain Tim Nasional Inggris berusia 20 tahun tersebut melewati masa sulit setelah dicoret dari skuad Three Lions di UEFA Nations League lantaran melanggar protokol kesehatan. Foden dan penyerang Manchester United, Mason Greenwood, kedapatan membawa perempua ke hotel.

Baik Timnas Inggris dan pihak Manchester City kecewa terhadap kejadian tersebut. Pep Guardiola selaku pelatih Foden di City menganggap kejadian itu memang sebuah kesalahan, tetapi Pep masih percaya terhadap kualitas Foden di atas lapangan.

Highlight Wolverhampton Wanderers vs Manchester City

Kepercayaan Pep dibayar Foden dengan tampil gemilang sepanjang 90 menit di Molineux. Foden berhasil mencetak satu gol setelah memanfaatkan umpan cutback Raheem Sterling.

Tidak hanya itu, Foden menjadi pemain dengan akurasi umpan sukses terbaik di laga tersebut (94%), empat kali melakukan dribel sukses, serta tercatat tiga kali melakukan tekel sukses. Mengacu pada rating yang diberikan Whoscored, Foden (8,2) hanya kalah dari Kevin De Bruyne (9,1) yang mencetak satu gol dan satu asis.

Sebagai catatan, Foden jarang bermain selama 90 menit, hanya empat kali bermain penuh di Premier League musim lalu. Selama membela City, dia telah berkontribusi dalam 28 gol (16 gol dan 12 asis) dari 75 penampilan (32 kali sebagai starter).

“Sejak sesi latihan hari pertama, dia berlatih dengan baik. Terlepas dari gol yang dia cetak, Foden tidak terlalu terlibat di permainan sepanjang babak pertama. Tetapi di paruh kedua dia bermain sangat luar biasa. Sepanjang dia bermain untuk kami, entah lima atau 90 menit, dia membuat impak dan kontribusi. Termasuk hari ini,” sebut Pep Guardiola seusai pertandingan.

Kemenangan ini membuat City menjadi tim pertama di era Premier League yang berhasil memenangkan 10 laga pertama musim selama 10 kali beruntun. Lain itu, City memutus tren negatif kontra Wolves. Dalam tiga duel sebelumnya, Citizens selalu kalah dari Wolves arahan Nuno Espirito Santo.

Bintang pertandingan, Kevin De Bruyne menilai tiga poin perdana musim ini sangat vital untuk bersaing dengan Liverpool. Kontribusi satu asis dan satu gol De Bruyne di laga ini membuatnya telah terlibat dalam 35 gol (14 gol da 21 asis) Manchester City di Premier League sejak laga perdana 2019/20.

“Saya pikir kami bermain sangat bagus, jika menilik kembali kami hanya melakukan sesi latihan persiapan musim selama dua pekan. Wolves tim yang selalu menyulitkan kami, dan kami kehilangan banyak pemain inti,” kata De Bruyne dikutip dari situs resmi City.

Pencetak Gol: Kevin De Bruyne (20’), Phil Foden (32’), Raul Jimenez (78’), Gabriel Jesus (90+5’).

Susunan Pemain

Wolves (5-3-2): Rui Patricio; Adama Traore, Willy Boly, Conor Coady, Roman Saiss, Marcal; Joao Moutinho, Ruben Neves, Pedro Neto; Daniel Podence, Raul Jimenez.

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Nathan Ake, Benjamin Mendy; Fernandinho, Rodrigo; Phil Foden, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling; Gabriel Jesus.

Highlight pertandingan Wolves vs Manchester City serta pertandingan-pertandingan Premier League lainnya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar