Daftar Skuat Lengkap Indonesia di Piala AFF 2016

Berita

by redaksi

Daftar Skuat Lengkap Indonesia di Piala AFF 2016

Setelah melalui serangkaian proses seleksi, uji tanding, pemusatan latihan, dan kejadian tak terduga akhirnya terpilihlah 23 nama pemain yang akan membela timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2016. Semua pemain kecuali Muchlis Hadi sudah bertolak ke Filipina dari Jakarta pada Kamis (17/11/2016).

Dalam prosesnya, banyak hal yang terjadi dalam pemilihan pemain yang akan membela timnas ini. Geliat timnas Indonesia ini dimulai ketika FIFA mencabut sanksi yang mereka berikan untuk Indonesia per 13 Mei 2016. PSSI pun langsung mempersiapkan skuat yang akan dibawa jelang Piala AFF 2016.

Dimulai dari pelatih, mereka kembali menunjuk nama Alfred Riedl, berasistenkan Wolfgang Pikal. Riedl sudah dikenal berkat prestasinya membawa Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010. Meski sempat membawa tim Garuda menjadi runner-up, publik ketika itu ragu akan kemampuan Riedl karena ia jugalah yang menjadi sosok di balik hancurnya Indonesia dalam ajang Piala AFF 2014 di Vietnam.

Namun genderang telah ditabuh, dan Riedl pun terpilih menjadi pelatih. Ternyata masalah belum selesai sampai di situ. Hasil pertemuan PT. Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator Indonesia Soccer Championship dengan para klub peserta ISC pada 22 Juli 2016 memutuskan bahwa klub hanya boleh melepas dua pemain ke timnas. Ini sempat membuat Riedl kelimpungan.

Tapi Riedl tak patah arang. Ia berhasil mengumpulkan nama-nama yang akhirnya diproyeksikan untuk membela timnas. Nama-nama lama seperti Irfan Bachdim, Boaz Solossa, dan Zulham Zamrun masih ada dalam skuat, dipadukan dengan nama-nama muda seperti Bayu Pradana, Evan Dimas, Yanto Basna. Laga uji tanding pun dihelat.

Empat kali uji tanding, Indonesia mencatatkan hasil yang masih cukup meragukan. Sekali menang, dua kali imbang, dan sekali kalah, menjadi hasil yang ditorehkan skuat Merah Putih kala melakoni uji tanding melawan Malaysia, Vietnam (kandang dan tandang), serta Myanmar.

Pemusatan latihan pun tetap digelar. Nama Jandia Eka Putra sempat diproyeksikan akan menjadi kiper timnas setelah Dian Agus kondisinya meragukan untuk tampil. Tapi klub tempat Jandia bernaung, Semen Padang, tidak mengizinkan Jandia untuk bergabung ke timnas. Akhirnya nama Teja Paku Alam dari Sriwijaya FC lah yang dipanggil untuk mengisi slot penjaga gawang.

Sialnya, ketika pemusatan latihan digelar, Irfan Bachdim, sosok yang menjadi andalan di lini depan timnas, harus mengalami cedera tulang fibula. Bachdim harus menepi dari timnas. Ferinando Pahabol sempat diproyeksikan untuk menggantikannya, namun Persipura tidak mengizinkan pemainnya itu untuk membela timnas. Nama Muchlis Hadi Ning lah yang akhirnya dipasang untuk menggantikan Irfan.

Berikut adalah daftar 23 pemain yang akan membela timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2016. Dari ke-23 nama tersebut, tidak semua tim dari ISC menyumbang pemain-pemain untuk timnas.

Tercatat ada Perseru Serui, Persegres Gresik United, Persela Lamongan, Semen Padang, serta Bali United yang tidak menyumbang pemain untuk skuat timnas. Bisa jadi karena beberapa pemainnya gugur ketika proses seleksi, atau ada beberapa klub seperti Semen Padang yang tidak mengizinkan pemainnya tampil di timnas (kasus Jandia Eka)

Skuat timnas Indonesia

Penjaga Gawang:

Andritany Ardhiyasa (Persija)
Kurnia Meiga (Arema Cronus)
Teja Paku Alam (Sriwijaya FC)

Bek:

Benny Wahyudi (Arema Cronus)
Manahati Lestusen (PS TNI)
Abduh Lestaluhu (PS TNI)
Abdul Rachman (Persiba)
Fakhruddin Aryanto (Sriwijaya FC)
Rudolf Yanto Basna (Persib)
Gunawan Dwi Cahyo (Persija)
Hansamu Yama (Barito Putera)

Gelandang:

Bayu Pradana (Mitra Kukar)
Dedi Kusnandar (Sabah FA)
Zulham Zamrun (Persib)
Rizky Pora (Barito Putera)
Andik Vermansyah (Selangor FA)
Bayu Gatra (Madura United)
Evan Dimas (Bhayangkara FC)
Stefano Lilipaly (Telstar)

Penyerang:

Ferdinan Sinaga (PSM)
Boaz Solossa (Persipura)
Lerby Eliandry (PBFC)
Muchlis Hadi Ning (PSM)

Ayo Indonesia!

Baca ulasan, berita, cerita, dan lainnya tentang Piala AFF 2016 di tautan berikut.

(sf)

Komentar