Mengenang Pertandingan Internasional Pertama Di Dunia

Backpass

by redaksi

Mengenang Pertandingan Internasional Pertama Di Dunia

Di saat banyak orang sibuk menonton pertandingan di akhir pekan ini, tak banyak yang tahu pada hari ini,  30 November, dikenal sebagai hari pertandingan sepakbola internasional pertama.

Pertandingan sendiri dilaksanakan pada 30 November 1872 yang jatuh pada Sabtu. Pertandingan tersebut mempertemukan kesebelasan negara Skotlandia sebagai tuan rumah menghadapi kesebelasan negara Inggris.Pertandingan ini digelar di lapangan milik West of Scotland Cricket Club, Hamilton Crescent di Partick, Glasgow dengan tiket satu shilling (mata uang koin lama Inggris).

Laga ini direncanakan oleh Football Association (FA) sejak Oktober 1872 dengan tujuan untuk memajukan sepakbola di Skotlandia. Namun permasalahannya adalah tidak ada asosiasi sepakbola di Skotlandia saat itu. Akhirnya, Queens Park Football Club (bukan Queens Park Rangers), yang kini berlaga di divisi 4 Liga Skotlandia dan juga merupakan klub sepakbola tertua di Skotlandia, ditunjuk untuk mewakili Skotlandia sebagai sebuah kesebelasan negara.

Kesebelasan negara Inggris memainkan pemain dari sembilan kesebelasan yang berbeda. Mereka dipilih oleh Charles Alcock yang bertindak sebagai sekretaris FA. Rencananya pertandingan akan dimulai pada jam dua siang, namun ditunda hingga 20 menit akibat adanya kabut pekat. Meski ditunda, pertandingan ini mampu menyedot sekitar 5.000 penonton.

Menggunakan formasi 2-2-6, Skotlandia tampil menekan sejak peluit awal berbunyi, tak heran sebab mereka sudah terbiasa bermain bersama. Sementara itu, Inggris meski menggunakan formasi 1-2-7, mereka tidak bermain baik sebab pemain mereka belum sepenuhnya padu. Ini yang membuat dalam 45 menit pertama, Inggris tidak bisa keluar dari kepungan pemain Skotlandia.

Peluang didapatkan oleh Robert Leckie, Jerry Weir, dan William Kerr. Meski gagal membuat skor, pada babak pertama Skotlandia sempat mencetak gol namun dianulir wasit akibat bola belum mengenai garis.

Pada babak kedua, lapangan mulai basah akibat hujan lanjutan yang turun sejak tiga hari sebelumnya membuat permainan kedua kesebelasan berubah. Skotlandia mulai memainkan bola-bola panjang yang sejatinya tidak cocok, karena pemain Inggris bertubuh lebih tinggi daripada pemain Skotlandia. Akibatnya, Skotlandia kesulitan mengembangkan permainan dan Inggris mampu menguasai sisa pertandingan. Meskipun begitu, Skotlandia mampu bertahan dengan baik hingga pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Setelah pertandingan, banyak surat kabar lokal langsung memberitakan laga ini. Dari sini pula yang menjadikan kita saat ini mengenal istilah jeda internasional yang sering kita kutuk itu.

Sumber : The Football Association, BBC

Komentar