Panduan Nonton AFF U-23 di Rayong

Cerita

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Panduan Nonton AFF U-23 di Rayong

Rayong menjadi kota tempat digelarnya Piala AFF U-23 2023 Thailand. Lolosnya Indonesia ke semifinal tentu membuat para pendukungnya tertarik datang ke kota Rayong untuk memberikan dukungan untuk Indonesia atau bisa juga sekalian untuk berlibur.

Pertandingan melawan Thailand akan digelar di Stadion Rayong Provincial pada Kamis, 24 Agustus 2023 pukul 20.00 waktu setempat (tidak ada perbedaan zona waktu antara Rayong dengan zona Waktu Indonesia Barat).

Apapun hasil pertandingan melawan Thailand, Indonesia akan kembali bermain pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Perebutan juara tiga akan berlangsung di stadion yang sama pada pukul 16.00 waktu setempat, sementara partai final digelar pada pukul 20.00 waktu setempat.

Mencari tiket pesawat tujuan kawasan pandai yang indah itu memang tidaklah mudah. Anda yang ingin pergi ke Rayong harus terlebih dahulu singgah di kota Bangkok. Harga tiket pesawat dari Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) ke Bangkok (Bandara Suvarnabhumi) berkisar Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000. Dari Bandara Suvarnabhumi menuju Rayong, Anda bisa menggunakan beberapa opsi transportasi.

Melansir lama rome2rio.com, jika Anda menggunakan bus, maka Anda harus naik bus dari bandara menuju Thepharak Junction dengan tarif Rp11.000 hingga Rp22.000. Setelah itu, Anda menuju stasiun Opposite Hang Bik Si Samrong untuk melanjutkan perjalanan menuju Bangkok Planetarium dengan tarif Rp4.000 hingga Rp14.000. Dari Bangkok Planetarium, Anda berpindah ke stasiun Ekkamai. Dari Ekkamai inilah akan ada sebuah bus yang mengantar menuju Terminal Rayong dengan tarif sekitar Rp100.000 dengan jarak tempuh sekitar tiga jam.

Jarak dari Terminal Rayong ke Stadion Rayong Provincial hanya sekitar lima kilometer. Di antara kedua tempat tersebut pun terdapat hotel dengan harga terjangkau.

Salah satu tempat menginap yang paling dekat dengan stadion Rayong Provincial adalah apartemen Baan Him Service. Stadion Rayong Provincial bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar sebelas menit dari apartemen tersebut. Harga sewanya pun terjangkau, berkisar Rp200.000.

Selain itu, anda juga bisa menginap di Charisme Residence, sebuah hotel bintang 3. Dengan biaya sekitar Rp215.000 per malam, Anda mendapatkan tempat menginap dekat stadion. Dengan berjalan kaki, Anda bisa menjangkau Stadion Rayong Provincial selama delapan menit saja.

Anda juga bisa menginap di hotel The Most Rayong dengan biaya Rp170.000. Stadion Rayong Provincial bisa ditempuh selama 30 menit berjalan kaki dari hotel tersebut. Jarak tersebut memang cukup jauh, tapi tidak ada salahnya berjalan kaki sambil menikmati jalanan kota Rayong.

Selain tiga hotel tersebut, masih banyak hotel bintang tiga hingga empat lain yang menawarkan harga cukup terjangkau dalam radius 2-3 kilometer dari Stadion Rayong Provincial. Karena jarak yang cukup dekat, Anda bisa memanfaatkan transportasi lokal atau berjalan kaki selama kurang lebih 30-45 menit sembari menyusuri jalanan di kota Rayong.

Opsi kedua adalah menggunakan kereta. Dari Bandara Suvarnabhumi, Anda menuju stasiun Lat Kabang dengan tarif mulai dari Rp5.000. Anda transit di stasiun tersebut untuk melanjutkan perjalanan ke Stasiun Ban Plu Ta Luang dengan tarif Rp16.000 hingga Rp460.000.

Dari Ban Plu Ta Luang, Anda melanjutkan perjalanan menuju Rayong dengan menggunakan taksi. Tarifnya berkisar Rp200.000 hingga Rp250.000. Dengan menggunakan taksi, Anda bisa minta diturunkan di hotel tempat Anda menginap.

Untuk tiket pertandingan, ada dua cara pembelian tiket masuk ke Stadion Rayong Provincial. Pertama adalah Anda membuat akun di situs thaiticketmajor.com. Di situs tersebut, Anda harus mengisi data seperti nomor telepon, nomor data identitas atau nomor paspor.

Setelah Anda memiliki akun, Anda bisa memilih pertandingan mana yang akan Anda tonton. Khusus suporter Indonesia, pihak penyelenggara menyediakan tribun selatan di belakang gawang atau Gate B3 dengan harga 300 Baht (sekitar Rp 132.000) per tiket. Setelah melakukan pemesanan, Anda akan mendapat e-tiket melalui email atau bisa mengeceknya di website.

Perlu menjadi catatan adalah dalam satu pemesanan hanya bisa membeli empat tiket dan apabila Anda membawa anak dengan tinggi lebih dari 100 cm, maka sudah dikenakan tiket.

Cara kedua adalah Anda juga bisa membeli tiket langsung di stadion pada hari pertandingan. Ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak sempat membuat akun di laman thaiticketmajor.com. Jangan lupa, penyelenggara menyediakan tiket untuk suporter di Gate B3, ya!

Itulah panduan jika Anda ingin pergi ke Rayong dari Jakarta untuk menyaksikan Indonesia berlaga di Piala AFF U-23 2023. Selamat berpetualang di Rayong!

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar