Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 7

Fantasy Premier League

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 7

Untuk pekan pertandingan (gameweek, selanjutnya akan disingkat menjadi GW) ketujuh Liga Primer Inggris di akhir pekan ini, analisis jadwal dibuat oleh Syah Agam Aprilo yang sudah mengirimkannya melalui Pandit Sharing. GW7 adalah pekan pertandingan yang berlangsung setelah kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa UEFA) dan sebelum jeda internasional (3-11 Oktober 2017).

Salah satu pertandingan yang paling ditunggu-tunggu di GW7 adalah pemuncak klasemen sementara, Manchester City, yang akan bertandang ke kandang Chelsea. Dua kesebelasan yang bermain di Liga Europa di Kamis malam, Arsenal dan Everton, akan bertanding pada Minggu malam.

Tapi khusus Arsenal, mereka mengalami kepadatan jadwal yang signifikan karena menjalani GW6 di Selasa dini hari WIB. Meski demikian, Arsenal menurunkan beberapa pemain pelapis saat menang atas BATE Borisov di Liga Europa, sehingga faktor kelelahan mungkin tidak akan berpengaruh terlalu besar bagi The Gunners.

Untuk menghadapi GW7, mari langsung simak saja analisis jadwal pertandingan di bawah ini.

Huddersfield Town vs Tottenham Hotspurs
Sabtu, 18:30 WIB – beIN Sports 1

Ini mungkin duel kesebelasan promosi melawan kesebelasan papan atas, namun Huddersfield bukan kesebelasan sembarangan. Sampai saat ini, mereka berada di posisi ke-8, tertinggi di antara tiga kesebelasan promosi lainnya. Pemain-pemain pemain seperti Aaron Mooy, Thomas Ince, dan Laurent Depoitre patut diperhitungkan untuk masuk skuat kalian. Namun untuk lini belakang sebaiknya dicadangkan dulu. Kenapa begitu? Mereka akan menghadapi Harry Kane, Bamidele Alli, dan Christian Eriksen. Trio ini lebih ngegas jika main di tandang daripada main di “kandang” (baca: Wembley). Coba tengok laga tandang mereka ke Everton dan West Ham United. Mereka berhasil membuat 6 gol di dua laga away tersebut. Jadi, rasanya kemenangan akan jadi milik Tottenham, namun sulit juga bagi Hugo Lloris untuk mendapatkan nirbobol (clean sheet).

Pantau: Mooy, Ince, Depoitre (Huddersfield), Kane, Alli, Eriksen, Ben Davies (Spurs)

Bournemouth vs Leicester City
Sabtu, 21:00 WIB – beIN Sports 2

Laga ini berpotensi menciptakan lebih dari dua gol karena kubu Eddie Howe sedang dalam masalah yang cukup pelik. Mereka berada di posisi ke-19, sementara Leicester yang ada di posisi ke-17 butuh kemenangan setelah di laga terakhir mereka dikalahkan oleh Liverpool. Jamie Vardy, Riyadh Mahrez, dan Marc Albrighton bisa dimasukkan ke dalam skuat kalian. Vardy sangat giat mencetak gol, namun hati-hati bagi para manager yang mempunyai Vardy karena dia suka diving dan bisa-bisa mendapat kartu kuning. Menurut pengamatan saya dalam laga melawan Chelsea dan Liverpool, Vardy kurang-lebih tiga kali melakukan diving. Untungnya wasit malah memberi advantage bagi Leicester. Saya memprediksi laga ini mungkin akan berakhir imbang dengan dua gol untuk masing-masing kesebelasan.

Pantau: Defoe, Daniels, Surman (Bournemouth), Vardy, Mahrez, Albrighton, Maguire (Leicester)

Manchester United vs Crystal Palace
Sabtu, 21:00 WIB – beIN Sports 1

Menyedihkan. Itu lah yang mencerminkan Palace musim ini. Setelah belum mencetak gol dari awal liga, dibabat habis Sergio Aguero dkk, kemudian pekan ini harus bertandang ke Old Trafford yang sedang trengginas juga. Saya menyarankan untuk tidak memasang pemain Palace di susunan pemain utama kalian. Belum lagi Christian Benteke yang cedera sehingga membuat Palace krisis penyerang. Mereka bahkan digosipkan akan mendatangakan Cartlon Cole. Namun jika kalian ingin gambling, kalian bisa memasang Ruben Loftus-Cheek. Dari kesebelasan tuan rumah, tentu jika tak ada aral melintang, mereka (seharusnya) bisa mencetak lebih dari tiga gol ditambah David De Gea tidak kebobolan.

Pantau: Lukaku, Bailly, Jones, Mkhitaryan, De Gea, Fellaini (Man United), Loftus-Cheek (Crystal Palace)

Stoke City vs Southampton
Sabtu, 21:00 WIB – MNCTV

Ini merupakan laga dua kesebelasan terluka setelah ditekuk di kandang masing-masing. Mark Hughes pasti akan percaya lagi pada Jese Rodriguez di lini depan karena penampilannya yang impresif meskipun tidak mencetak gol saat melawan Chelsea pekan lalu. Selain Jese, kalian mungkin bisa mencoba pemain-pemain seperti Xherdan Shaqiri atau Eric Choupo-Moting. Sementara untuk lini belakang Stoke, pekan ini kurang recommended karena kemungkinan besar akan dibobol oleh Manolo Gabbiadini dkk. Di kubu The Saints, beberapa pemain seperti Mario Lemina, Steven Davies, Ryan Bertrand, dan Gabbiadini mungkin harus diperhitungkan untuk masuk ke skuat kalian di GW ini. Bertrand berpotensi menginvasi sektor kanan Stoke yang kerap membuat blunder seperti gol kedua Alvaro Morata pekan lalu. Meski demikian, Stoke mungkin akan menang tipis 2-1.

Pantau: Choupo-Moting, Shaqiri, Allen (Stoke), Lemina, Davies, Bertrand (Southampton)

West Bromwich Albion vs Watford
Sabtu, 21:00 WIB

Laga antara dua kesebelasan medioker ini menyajikan partai yang cukup menarik. Akan ada ujian bagi Ben Foster dan Ahmed Hegazi yang ditantang untuk mencatatkan nirbobol di kandang lagi. Mereka akan menghadapi Richarlison. Pemain asal Brasil ini berharga £6.0 dan telah menyumbang 30 poin. Di laga terakhir melawan Swansea, ia menjadi penentu kemenangan. Kedua kesebelasan mungkin akan berbagi poin tanpa nirbobol.

Pantau: Hegazi, Foster, Chadli, Rondon (West Brom), Richarlison, Doucoure, Andre Gray (Watford)

West Ham United vs Swansea City
Sabtu, 21:00 WIB

Pertandingan ini mungkin jadi penentuan bagi Slaven Bilic karena dari lima laga terakhir, West Ham hanya menang sekali. Cheikhou Kouyate dan Javier “Chicharito” Hernandez akan menjadi pilhan utama di susunan sebelas pemain utama. Chicharito sangat pandai mencari ruang dan sangat oportunis. Bukan kejutan jika dia mencetak gol (lagi) pekan ini. Dari kubu The Swans, Tammy Abraham dan Wilfried Bony bakal menjadi pilihan utama. Tapi akankah Lukasz Fabianski mendapat double digit lagi? Sepertinya tidak. Laga ini berpotensi menyelamatkan karier Bilic.

Pantau: Chicharito, Kouyate, Arnautovic (West Ham), Abraham, Fabianski, Bony (Swansea)

Chelsea vs Man City
Sabtu, 23:30 WIB – beIN Sports 1

Sulit ditebak. Itu lah yang akan terjadi di Stamford Bridge Sabtu ini karena dua kesebelasan berada di tiga besar. Adu taktik tentu akan menarik di pertandingan ini. David Silva akan ‘menyuapi’ Gabriel Jesus (setelah Aguero mengalami kecelakaan yang membuatnya kemungkinan absen dua bulan) yang akan kembali dipasang oleh Pep Guardiola. Bagi sayap maut mereka, Leroy Sane dan Raheem Sterling cukup penting akhir-akhir ini. Sterling sudah mencetak 3 gol dalam dua laga terakhir dan Sane sudah cemerlang sejak membantai Liverpool. Dari juara bertahan, Antonio Conte tentu ingin kembali mengalahkan Pep seperti musim lalu (back to back). Di lini tengah, N’Golo Kante sepertinya akan ditemani oleh Francesc Fabregas. Sementara di lini belakang, Antonio Rudiger berpotensi bermain sejak awal. Morata akan dimanjakan oleh umpan Cesc dan Hazard, serta tak lupa pula asis lambung Azpilicueta. Azpilicueta sudah mengoleksi 4 asis dan semuanya untuk Morata. Bagi Ederson dan Thiabaut Courtouis, mungkin akan sulit mendapatkan nirbobol dalam laga ini karena diprediksi akan terjadi banyak gol, mungkin 5 gol dengan keunggulan 2-3 untuk Man City.

Pantau: Fabregas, Morata, Hazard (Chelsea), Jesus, Silva, Sane, Sterling (Man City)

Arsenal vs Brighton
Minggu, 18:00 WIB – beIN Sports 1

Di laga ini kemungkinan Arsene Wenger melakukan rotasi lagi. Namun untuk pemain penting seperti Granit Xhaka, Laurent Koscielny, dan Sead Kolasinac mungkin akan tetap menjadi starter. Alexis Sanchez bakal kembali ke top form, ditambah on fire-nya Alex Lacazette yang mencetak brace di GW6. Sementara Brighton mungkin hampir mustahil meraih nirbobol di laga ini dan para manajer mungkin akan tetap percaya kepada Pascal Gross.

Pantau: Cech, Kolasinac, Xhaka, Sanchez, Lacazette, Monreal (Arsenal), Gross (Brighton)

Everton vs Burnley
Minggu, 20:15 WIB – beIN Sports 1

Laga ini patut ditunggu karena menurut saya akan menghasilkan banyak poin. Dari mana? Dari lini depan Everton yang akan mencetak setidaknya dua gol. Wayne Rooney sudah berhasil mencetak gol lagi di Liga Europa. Sementara itu, kita bisa mencoba pemain yang terbuang, yaitu Oumar Niasse yang mendapat kepercayaan dari Ronald Koeman. Ia mencetak dua gol setelah masuk dari bangku cadangan menghadapi Bournemouth di GW6. Selain dia, juga ada Dominic Calvert-Lewin yang mulai menjadi starter reguler. Dari kesebelasan tamu, Sean Dyche memiliki Ben Mee yang cukup banyak dimiliki oleh para manajer yaitu sebanyak 7,3%. Namun di GW7 ini, saya agak kurang percaya kepada pertahanan Burnley untuk mencatatkan nirbobol. Jika ingin menggunakan jasa pemain Burnley, kalian bisa mencoba Robert Brady atau Chris Wood yang cukup menjanjikan dengan harga yang terjangkau. Everton diprediksi menang, tapi kebobolan.

Pantau: Niasse, Davies, Schneiderlin (Everton), Brady, Wood (Burnley)

Newcastle United vs Liverpool
Minggu, 23:30 WIB – beIN Sports 1

Laga penutup yang seru di GW7 antara The Magpies yang akan menjamu Liverpool. Ini akan menjadi ‘reuni’ bagi Rafael Benitez yang pernah mengasuh Liverpool dan membawa trofi Liga Champions. Benitez juga berhasil mempersembahkan trofi Champions(hip) untuk Newcastle. Newcastle seperti biasa akan mengandalkan Matt Richie dan Christian Atsu. Belum lagi Jamaal Lascelles yang telah mengoleksi dua gol. Sementara itu, The Reds baru saja bermain imbang 1-1 di Liga Champions menghadapi tuan rumah Spartak Moscow. Ini cukup mengkhawatirkan, namun ini bakal menjadi pelecut semangat karena di GW7 ini mereka akan kembali bersama Sadio Mane setelah absen tiga laga, ditambah Philippe Coutinho yang sedang menuju penampilan terbaiknya kembali. Sungguh mengerikan lini depan Liverpool ini, sehingga mungkin mereka akan menang. Tapi melihat lini belakang mereka, Liverpool juga sangat berpotensi kebobolan.

Pantau: Richie, Atsu, Ayoze (Newcastle), Salah, Firmino, Coutinho, Mane (Liverpool)

***

Demikian prediksi pertandingan-pertandingan di GW7. Semoga dapat dipakai untuk menyeleksi pemain dari kesebelasan-kesebelasan yang potensial.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW7:

Sementara itu, seperti biasanya, kami telah melakukan poling untuk kapten di GW7. Berikut adalah hasilnya.

Salam Panah Hijau!

Penulis adalah seorang mahasiswa. Biasa berkicau di @agamaprilo_18


Tulisan ini merupakan hasil kiriman penulis lewat rubrik Pandit Sharing. Isi dan opini tulisan merupakan tanggung jawab penuh penulis

Komentar