Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 6

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League 2017/2018. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 6

Gameweek 6 lagi-lagi hadir sebagai sandwich bagi beberapa kesebelasan yang bermain di Piala Liga Inggris (Carabao Cup) dan di ajang Eropa. Ini artinya, risiko yang sama pula seperti dua pekan sebelumnya, yaitu rotasi dan kebugaran pemain.

Para manajer mungkin akan terfokus pada laga Manchester City melawan Crystal Palace yang akan menjadi tambang poin, apalagi jika melihat lima kesebelasan lainnya di enam besar klasemen akan memainkan laga tandang.

Pada GW6 ini, kami memutuskan akan menggunakan formasi 4-4-2, dengan pertimbangan rataan poin, penampilan, serta nilai yang diraih top 5 pemain di setiap kategori posisi. Angka di bawah ini adalah rataan angka form (penampilan 4 GW terakhir), total points serta harga dari lima besar pemain pada tiap posisi.

Hasilnya, kategori pemain bertahan memiliki rataan form yang lebih tinggi daripada penyerang. Sedangkan rataan total points juga tidak jauh berbeda, namun mempunyai selisih rataan harga yang jauh.

Hal ini membuat kami bisa menyimpulkan jika pemain belakang mempunyai value (points dibagi harga) yang jauh lebih tinggi daripada Penyerang. Kasarnya, dengan raupan poin yang tidak jauh berbeda, lebih baik membeli defender, sehingga dapat menyisihkan dana untuk membeli midfielder atau penyerang yang lebih mahal.

Perubahan formasi ini juga tentunya tidak lepas dari pertimbangan jadwal atau laga-laga yang akan dimainkan, di mana kami melihat beberapa kesebelasan/defender mempunyai peluang meraih poin dari nirbobol (clean sheet).

West Ham United vs Tottenham Hotspur
Sabtu, 18:30 WIB – beIN Sports 1

West Ham United baru sekali bermain di kandang, namun mencatat data penyerangan yang cukup bagus ketika menjamu West Bromwich Albion. Di 4 GW terakhir, Spurs juga merupakan kesebelasan yang melepas tembakan terbanyak. Kedua kesebelasan berpotensi mencetak gol.

Burnley vs Huddersfield Town
Sabtu, 21:00 WIB

Di 4 GW terakhir, Burnley menerima 94 tembakan (terbanyak) namun hanya kebobolan 3 gol. Kedua kesebelasan baru saja tersingkir dari Piala Liga, namun The Clarets harus bermain sampai babak adu penalti, yang mungkin akan berpengaruh pada kebugaran para pemainnya. Meski demikian, Burnley baru saja dapat suntikan pemain baru, yaitu Anders Lindegaard yang sebelumnya menganggur (jadi bisa langsung pindah, tak perlu menunggu jendela transfer dibuka). Peluang nirbobol 75% untuk kedua kesebelasan. Robert Brady dan Chris Wood berpotensi menjadi pemain kunci.

Everton vs Bournemouth
Sabtu, 21:00 WIB

Setelah kebobolan 12 gol tanpa memasukkan dalam 4 laga (semua ajang), akhirnya Everton menemukan titik balik saat menang 3-0 di Piala Liga. Momentum yang tentunya akan dimanfaatkan ketika menjamu Bournemouth yang menderita tembakan setiap 5.45 menit saat bertandang, dan telah kebobolan 8 gol. Gylfi Sigurdsson bisa menjadi pemain kunci. Everton unggul dengan kemungkinan 75% nirbobol, karena saat tandang Bournemouth hanya mampu melepas tembakan setiap 11.9 menit, yang merupakan catatan terburuk ketiga di liga.

Manchester City vs Crystal Palace
Sabtu, 21:00 WIB

Seperti yang telah diprediksi semua orang, akan terjadi lalu lintas gol satu arah. Kalau tidak ada kejutan dari Roy Hodgson, Man City yang telah mencetak 17 gol di 4 laga terakhir tentu akan pesta gol dan mencatatkan nirbobol. Maksimalkan investasi pada pada tiga pemain City.

Southampton vs Manchester United
Sabtu, 21:00 WIB – beIN Sports 1, MNCTV

Laga yang cukup tricky. Mungkin akan berlangsung agak alot, tapi sepertinya Romelu Lukaku dan Henrikh Mkhitaryan akan melanjutkan kebiasaan baiknya. Apalagi pertahanan Southampton juga tidak terlalu istimewa di kandang. Kecuali Virgil van Dijk, yang mungkin akan mendapat start pertamanya, bisa diandalkan jadi bendungan di depan gawang Fraser Forster.

Stoke City vs Chelsea
Sabtu, 21:00 WIB – beIN Sports 3

Stoke City akan memainkan permainan menunggu dan menyerang balik dengan efektif. Chelsea berpeluang 75% nirbobol selama back three mereka dapat mengantisipasi serangan balik yang dimotori Eric Choupo-Moting dan Jese Rodriguez (keduanya dihitung sebagai gelandang di FPL), sembari mencuri satu atau dua gol.

Swansea City vs Watford
Sabtu, 21:00 WIB

Dari lima laga yang telah dijalankan, Swansea City gagal melesakkan gol di empat laga, dan itu dilakukan di luar kandang mereka. Penciptaan peluang Swansea memang terburuk di liga. Sebaliknya, Watford justru bermain lebih baik saat tandang, dengan nirbobol dari dua kali tandang dan mengemas 4 gol. Sepertinya pemain-pemain Watford lebih bisa diandalkan untuk meraup poin di laga ini.

Leicester City vs Liverpool
Sabtu, 23:30 WIB – beIN Sports 1, RCTI

Jika sudah pulih, Jamie Vardy mungkin akan menagih “jatah langganannya” ke Liverpool, untuk menambah catatan 5 gol dan 1 asis (kesebelasan paling murah hati kepada Vardy). Tapi jika Leicester bermain terbuka, tentunya akan lebih mudah bagi Liverpool untuk mencuri gol dari kecepatan serangan balik. Laga ini berpotensi untuk tidak nirbobol bagi kedua kesebelasan.

Brighton and Hove Albion vs Newcastle United
Minggu, 22:00 WIB – beIN Sports 1

Brighton merotasi pemain inti saat memainkan extra time di Carabao Cup. Sementara Newcaslte United tidak bermain di tengah pekan. Di kandang, Brighton hanya melepas tembakan setiap 10.6 menit (terburuk ketiga), sementara Newcastle sedang dalam tren baik setelah menang di tiga laga berturut-turut , mencetak 6 gol dan kebobolan 1 gol. Potensi nirbobol untuk Necastle.

Arsenal vs West Bromwich Albion
Selasa, 02:00 WIB – beIN Sports 1

Arsenal cukup agresif di kandang dengan catatan melepas tembakan setiap 4.3 menit dan menghasilkan 7 gol. Sementara WBA cukup miskin peluang, hanya mencetak 26 peluang di 4 laga terakhirnya. Peluang nirbobol untuk Arsenal perlu diantisipasi dengan mencari bek dengan kemampuan meraup poin menyerang. Alexis Sanchez dan Aaron Ramsey bisa jadi pemain spekulatif sepeninggal Danny Welbeck dan Mesut Ozil (75%).

***

Demikian prediksi pertandingan-pertandingan di GW6. Semoga dapat dipakai untuk menyeleksi pemain dari kesebelasan-kesebelasan yang potensial.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW6:

Sementara itu , seperti biasanya, kami telah melakukan poling untuk kapten di GW6. Berikut adalah hasilnya.

Salam Panah Hijau!

Komentar