Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 18

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, master of sport science, bachelor of science (architecture actually), licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 18

Kami kembali menggunakan formasi 1-3-5-2 di gameweek 18 ini. Artinya, hanya ada dua penyerang yang menghiasi tim unggulan kami untuk pekan yang sibuk ini. Untuk itu, kami memastikan untuk tidak memakai kombinasi penyerang berharga premium. Selain karena bujet sudah dihabiskan untuk sektor gelandang yang mewah, penyerang premium juga -meski mereka umumnya memiliki statistik yang juga baik- tidak selalu memiliki dampak investasi yang positif di setiap GW-nya.

Oleh karena itu, nama pertama yang muncul di benak kami adalah penyerang yang memang sedang on fire, yaitu Wayne Rooney (Everton, £7.5). Penyerang yang pernah berseragam Manchester United ini sempat absen di GW12 dan GW13, tapi di GW14-17 (empat GW terakhir) malah mampu mencetak 5 gol meski tidak pernah bermain penuh selama 90 menit. Dalam rentang waktu tersebut, catatan Rooney juga menarik, yaitu 6 shot on target (terbaik ketiga di antara penyerang) dengan kesemuanya adalah tembakan dari dalam kotak penalti. Artinya, kita bisa mendapati jika mayoritas serangan Everton memang berujung di dalam kotak penalti. Selain itu, Rooney juga mencatatkan 4 big chance (terbaik).

Everton akan menghadapi tamunya, Swansea City, di GW18, yang sudah terkena tembakan sebanyak 64 kali (terbanyak kelima), yang 42 di antaranya dari dalam kotak penalti (terbanyak) serta 24 di antaranya on target (terbanyak ketiga) dalam empat pertandingan tandang terakhir mereka. Kesebelasan asal Wales ini juga sudah kebobolan 7 kali dalam rentang waktu tersebut, sementara Everton belum pernah kalah sejak ditangani Samuel Allardyce. Meski The Toffees memiliki Oumar Niasse dan Dominic Calvert-Lewin di dalam barisan penyerang mereka, hal ini tidak membuat kami ragu merekomendasikan Rooney yang memang sedang dalam penampilan menggembirakan.

Jika Everton belum terkalahkan sejak ditangani Big Sam, Manchester City malah belum pernah kalah sama sekali di Liga Primer sejak GW1. The Citizens berhasil mencetak 52 gol (terbaik) sejak pekan pertama, sehingga kami tidak bisa mengabaikan penyerang dari kesebelasan besutan Josep Guardiola Sala ini meski mereka memiliki harga premium. Khusus GW18 ini, Sergio Agüero (Man City, £11.6) adalah nama yang "beruntung" alih-alih Gabriel Jesus yang memiliki harga £10.3.

Meski Agüero bermain penuh di GW17, kami menebak ia akan bermain sebagai starter di GW18 ketika menghadapi tamunya, Tottenham Hotspur, yang sebelum GW17 selalu kebobolan dalam empat GW terakhir. Hal tersebut kami perkirakan karena di tengah pekan Man City akan bermain melawan tuan rumah Leicester City di perempat-final Piala Liga Inggris (EFL Cup). Jesus hampir selalu bermain jika di kompetisi selain Liga Primer. Lagipula Agüero berhasil membuat 13 tembakan (terbaik kedua di bawah Harry Kane) dan 25 sentuhan di dalam kotak penalti lawan (terbaik keempat) dengan menggunakan sepatu Puma ONE-nya dalam empat GW terakhir meski ia hanya bermain 265 menit (3 pertandingan, sama seperti Jesus).

Spurs sendiri sudah kebobolan 6 gol dan tidak satu kali pun mencatatkan nirbobol dalam empat laga tandang terakhir mereka. Masalahnya, ini laga tandang melawan pemuncak klasemen yang sudah mencetak gol paling banyak di liga. Maka, kita bisa berharap jika ada gol yang bersarang ke gawang Hugo Lloris dkk, maka Agüero lah yang mencetaknya.

***

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW18:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 15 Desember 2017.

Komentar