Manchester Derby dan Merseyside Terancam Karena Salju

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Manchester Derby dan Merseyside Terancam Karena Salju

Derbi Manchester dan Merseyside yang akan berlangsung pada Minggu (10/12) terancam mengalami penundaan akibat cuaca buruk. Derbi Manchester yang mempertemukan Manchester United melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu (10/12) malam WIB berpotensi mengalami penundaan karena turunnya badai salju.

Dilansir dari Manchester Evening News, seluruh kawasan Manchester pada akhir pekan ini akan dilanda hujan salju setebal delapan inci. Met Office yang merupakan kantor Meteorologi Inggris mengeluarkan peringatan cuaca dari kuning ke ambar untuk beberapa kawasan Inggris Raya, termasuk Greater Manchester.

Artinya, level cuaca pada akhir pekan ini di kawasan tersebut terbilang ekstrim. Cuaca buruk akan mengakibatkan beberapa ruas jalan tertimbun salju, suhu juga diperkirakan akan berada di bawah 0 derajat celsius.

Juru bicara Met Office mengungkapkan bahwa cuaca ekstrim yang melanda kawasan Inggris pada akhir pekan ini bisa berdampak pada gangguan layanan transportasi. Bahkan untuk menjamin keselamatan masyarakat, beberapa layanan transportasi akan ditutup.

"Salju tebal kemungkinan terjadi di bagian Wales, Midlands dan sebagian wilayah Utara Inggris pada hari Minggu. Pastikan Anda mencatat layanan darurat setempat. Jika Anda harus melakukan perjalanan, sebaiknya melakukan perjalanan lebih dini.”

“Hujan salju bisa menyebabkan terganggunya layanan transportasi. Berhati-hatilah karena ada kemungkinan es di sekitar jalan,” terang juru bicara Met Office seperti dilansir dari Daily Mail.

Kubu Man United dan Man City telah meminta kepada para penggemarnya masing-masing yang ingin menyaksikan pertandingan langsung di stadion agar datang lebih awal. Pintu stadion akan dibuka dua jam sebelum sepak mula. Sebelum pertandingan, pihak kepolisian setempat juga akan melakukan operasi pengamanan secara besar-besaran untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut prakiraan cuaca, kawasan Trafford yang merupakan wilayah berdirinya Stadion Old Trafford akan dilanda hujan salju dari Sabtu hingga Minggu sore. Pada Minggu, salju diprediksi turun dari pukul 6 pagi sampai jam 3 sore waktu setempat. Derbi Manchester sendiri akan berlangsung pada pukul 2:15 Minggu siang.

Pertandingan Man United melawan Man City bisa saja ditunda bila cuaca tidak memungkinkan untuk pertandingan dilangsungkan. Beberapa faktor yang bisa membuat pertandingan di tunda adalah akses jalan menuju stadion yang tidak memungkinkan dilewati oleh penonton. Selain itu suhu yang terlalu rendah juga bisa membahayakan bagi penonton di tribun stadion.

Potensi penundaan pertandingan juga akan terjadi di laga derbi Merseyside antara Liverpool melawan Everton di Anfield, Minggu siang waktu setempat. Hujan salju diprediksi turun mulai Minggu, pukul 6 pagi dan akan mereda pada pukul 9 pagi. Namun salju tetap akan berjatuhan di langit Kota Liverpool hingga siang hari.

Hujan salju sebenarnya tidak akan mengganggu jalannya pertandingan, karena lapangan stadion telah memiliki sistem pemanas dalam tanah, yang bisa membuat permukaan lapangan layak digunakan walau salju turun. Namun, pertandingan tetap berpotensi mengalami penundaan karena timbunan salju kemungkinan akan menutupi sebagian ruas jalan yang menjadi akses para penonton menuju stadion.

Polisi Merseyside akan mempertimbangkan faktor keamanan ribuan penggemar yang akan berbondong-bondong hadir menyaksikan pertandingan Liverpool melawan Everton. Kondisi di sekitar Anfield akan dipantau secara ketat pada hari Minggu pagi, menjelang laga.

Andai kondisi akses jalan tidak memungkinkan untuk dilewati para penggemar maka pemberitahuan pembatalan pertandingan akan langsung disampaikan pada Minggu pagi.

Presden yang sama pernah terjadi pada awal Januari 2010 lalu, saat itu Liverpool bersiap menghadapi Tottenham Hotspur. Namun pertandingan yang akan berlangsung di Anfield itu akhirnya ditunda karena timbunan salju menyelimuti seluruh ruas jalan menuju Anfield.

Enggan mengambil risiko, Liverpool kemudian melobi FA untuk menunda pertandingan tersebut dengan alasan cuaca buruk, yang bisa mengancam keselamatan para penonton. Selain itu suhu pada saat itu mencapai -7 derajat celsius.

***

Penundaan pertandingan derbi Manchester dan Merseyside adalah langkah terburuk yang bisa diambil andai kondisi cuaca sangat tidak memungkinkan untuk diselenggarakannya pertandingan. Bila kedua laga tersebut ditunda, maka kedua kesebelasan akan saling bertemu untuk membicarakan waktu pertandingan yang ideal.

Andai dalam pertemuan tersebut terjadi kebuntuan, maka FA akan turun tangan untuk menentukan langsung tanggal pertandingan yang tertunda sedini mungkin.

Baca juga: Cara Kerja Pemanas Anti Salju di Lapangan Sepakbola

Komentar