Rangkuman Hal Menarik Serie A 2017/2018 Giornata Tiga

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Rangkuman Hal Menarik Serie A 2017/2018 Giornata Tiga

Banjir bandang menghantam kota Roma di Italia. Pemerintah setempat menghimbau supaya warganya tidak berpergian keluar rumah kecuali dalam keadaan darurat. Tapi himbauan itu sepertinya tidak berlaku untuk antusiasme sebuah pertandingan sepakbola di Roma. Di sanalah pertandingan gionarta tiga Serie-A 2017/2018 antara tuan rumah SS Lazio melawan AC Milan tetap digelar setelah melewati hujan badai.

Badai Tunda Pertandingan Kesebelasan Ibu Kota

Hujan badai tidak cuma terjadi di Roma saja, kota-kota lain di Italia pun terkena cuaca buruk tersebut. Salah satunya di Genoa yang akan menjadi tempat pertandingan antara tuan rumah Sampdoria melawan AS Roma. Hujan besar tetap mengguyur pertandingan yang seharusnya digelar pada Minggu (10/9) dini hari lalu waktu Indonesia. Alhasil, panitia pelaksana pertandingan Sampdoria menyerah dan memastikan bahwa jamuannya kepada Roma ditunda.

Hal serupa hampir terjadi kepada tuan rumah Lazio. Awalnya, pertandingan menghadapi Milan akan ditunda. Tapi setelah berunding kembali, pertandingan tetap digelar dengan syarat sepak mula diundur selama satu jam. Kendati antusiasme sepakbola Italia besar, di sisi lain kabar duka menyelimuti negara itu karena hujan badai membuat enam warga di Livorno meninggal.

Tiga Kesebelasan Masih Menjaga Rekor 100 Persen

Atas kekalahan Milan dari Lazio, tinggal tiga kesebelasan yang masih mendapatkan kemenangan beruntun sejak dimulainya Serie-A 2017/2018. Kesebelasan yang kemenangannya masih terjaga 100 persen yaitu Internazionale Milan, Juventus dan Napoli. Inter berhasil mengalahkan SPAL dengan skor 2-0 di Stadion Giuseppe Meazza. Sementara Juventus menaklukan Chievo Verona dengan skor lebih besar, yaitu 3-0 di Stadion Allianz. Tapi Napoli lebih hebat lagi karena kemenangan 3-0 yang diraihnya berhasil didapatkan di kandang Bologna, Stadion Renato Dell Ara.

Tiga kesebelasan itu sama-sama mengoleksi sembilan poin dari tiga pertandingan Serie-A 2017/2018. Tapi Juventus-lah yang memimpin puncak klasemen karena unggul selisih gol daripada Napoli dan Inter. Sementara Napoli menempati peringkat dua dan Inter berada di bawahnya. Diperkirakan rekor 100 persen tiga kesebelasan tersebut akan bertahan sampai giornata berikutnya karena menghadapi lawan cukup ringan. Juventus akan bertandang ke Sassuolo, Napoli bakal menjamu Benevento dan Inter siap bertamu ke Crotone.

Mereka yang Akhirnya Mendapatkan Kemenangan

Fiorentina merupakan salah satu kesebelasan yang disegani di Italia. Tapi mereka justru menderita kekalahan secara beruntun dalam dua pertandingan awal Serie-A 2017/2018. Barulah pada pertandingan giornata ke tiga ini mereka akhirnya bisa meraih kemenangan. Bahkan tidak tanggung-tanggung bisa menang dengan lima gol tanpa balas di kandang Hellas Verona, Stadion Marc Antonio Bentegodi.

Atalanta yang mengejutkan pada Serie-A musim lalu pun akhirnya meriah kemengan perdananya ketika menjamu Sassuolo. Sama seperti Fiorentina, Atalanta mesti kalah secara beruntun dalam dua pertandingan awal sebelumnya. Selain Atalanta dan Fiorentina, kemenangan perdana juga didapatkan Cagliari dan Udinese. Cagliari meraih kemenangan atas Crotone dan Udinese mendapatkan tiga angka setelah mengalahkan Genoa. Kedua kesebelasan itu sama-sama menang dengan skor tipis 1-0.

Ciro Immobile Catatkan Sejarah untuk SS Lazio

Bisa dibilang bahwa Ciro Immobile menjadi aktor kemenangan Lazio atas Milan dengan skor 4-1. Ia memborong tiga gol yang diceploskan pada menit 38`, 43` dan 49`. Seluruh golnya itu pun dicetak melalui tiga percobaan tendangan awalnya dalam rentang waktu 10 menit. Sejauh ini pun belum ada pemain Lazio yang mampu mencetak hattrick ke gawang Milan sejak 1942. Kini rekor itu dipecahkan Immobile yang sudah memperkuat Lazio selama dua musim sejak didatangkan dari Sevilla setelah dipinjamkan ke Torino.

Tiga kali menjebol gawang Milan menambah pundi-pundinya menjadi empat gol dari tiga pertandingan Serie-A 2017/2018. Torehannya itu menjadikannya pencetak gol terbanyak kedua setelah Mauro Icardi (Inter) dan Paulo Dybala (Juventus). Total, sudah 32 gol yang dicetak Imobille dari 45 pertandingan yang diikuti Lazio di seluruh kompetisi. Selain mencetak hattrick, Immobile juga memberikan asis kepada Luis Alberto yang menjadi gol keempat Lazio atas Milan.

Kesan Mengecewakan untuk Debut Moise Kean

Moise Kean yang dipinjamkan Juventus ke Hellas Verona memiliki tugas berat, yaitu tidak boleh membiarkan kesebelasannya saat ini turun ke jurang degradasi Serie-A 2017/2018. Ia pun menjalani debutnya di Verona ketika melawan Fiorentina pada giornata tiga Serie-A musim ini. Kean masuk pada menit 45 menggantikan Alex Ferrari dalam situasi kesebelasannya sedang tertinggal 3-0. Kemudian dua gol lagi mesti bersarang di kesebelasan yang dibelanya itu sehingga skor 5-0 mengakhiri pertandingan.

Tentu kekalahan besar di kandang sendiri itu mencoreng debut Kean pada karir sepakbkolanya. Selama pertandingan, ia melepaskan dua kali percobaan tembakan tanpa ada yang mengarah ke gawang. Sementara akurasi operannya mencapai akurasi 100 persen sehingga mampu menciptakan satu peluang bagi rekannya. Satu dribel sukses juga berhasil dilakukannya ketika mengecoh Milan Badelj pada menit 51. Di sisi lain, kekalahan besar itu membuat posisi Verona merosot ke peringkat 19 klasemen sementara.

Komentar