Victor Igbonefo yang Bisa Memberikan Keuntungan Bagi Persib Bandung

Analisis

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Victor Igbonefo yang Bisa Memberikan Keuntungan Bagi Persib Bandung

Persib Bandung dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk mendapatkan Victor Igbonefo. Pemain naturalisasi asal Nigeria itu dijadwalkan bergabung bersama Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan pada Januari mendatang.

Dilansir dari Simamaung, Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomes menuturkan bahwa status Igbonefo telah resmi menjadi bagian dari klub berjulukan Maung Bandung itu pada kompetisi musim depan. Igbonefo bisa dibilang sebagai pemain baru pertama yang diumumkan merapat ke Persib.

Saat ini Persib tengah kedatangan dua pemain baru yang sudah terlihat berlatih bersama Atep dan kawan-kawan. Sosok tersebut adalah Eka Ramdhani yang musim lalu berbaju Persela Lamongan dan Patrich Wanggai, mantan pemain Borneo FC. Namun status Eka dan Patrich masih sebatas pemain seleksi. Kemampuan keduanya masih akan dipantau dalam beberapa hari ke depan, jadi belum bisa dipastikan bahwa Eka dan Patrich bakal membela panji Maung Bandung di Liga 1 Indonesia 2018.

“Januari nanti akan bergabung satu pemain baru, dia adalah Victor Igbonefo. Saat bergabung nanti, statusnya sudah resmi menjadi pemain Persib,” kata Gomes, di Lapangan Sesko AD, Kota Bandung, Senin (18/12).

Sebelum berkostum Persib, Igbonefo banyak menghabiskan karier di Liga 1 Thailand. Sejak tahun 2015 hingga 2017, mantan bek Persipuara Jayapura dan Arema FC itu tercatat pernah bermain untuk Chiangrai United, Osotspa, hingga Navy FC. Klub terakhir yang dibela Igbonefo pada musim lalu adalah Nakhon Ratchasima. Sayang Igbonefo gagal membawa Nakhon merajai papan atas kompetisi utama Thailand karena pada akhir musim Nakhon finis di urutan 12.

Setelah musim 2016/2017 berakhir, Igbonefo pun dilepas. Sebelum dipastikan merapat ke Persib, Igbonefo santer dikaitkan dengan beberapa kesebelasan Indonesia seperti Sriwijaya FC hingga PSM Makassar.

Bisa Fokus Memburu Pemain Asing untuk Sektor Tengah dan Depan

Bergabungnya Igbonefo bisa menjadi keuntungan bagi Persib dalam masa persiapan mengarungi kompetisi musim depan. Pemain berusia 32 tahun itu diproyeksikan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Vladimir “Vlado” Vujovic yang tak lagi berbaju biru sejak akhir musim 2017. Kehadirannya menggantikan Vlado yang berstatus pemain asing asal Montenegro, membuat Persib bisa mengambil sedikit keuntungan karena status pemain naturalisasi yang dimiliki Igbonefo.

Bila kuota pemain asing di kompetisi musim depan tidak berubah (2 pemain asing non Asia + 1 Asia + 1 marquee player). Saat ini Persib memiliki satu slot pemain asing Non Asia setelah Vlado hengkang. Bahkan Maung Bandung masih memiliki satu slot untuk mendatangkan pemain asing Asia setelah mundurnya Shohei Matsunaga.

Jatah dua pemain asing yang dimiliki Persib bisa dialokasikan untuk mendatangkan pemain berposisi gelandang atau penyerang. Sebab di sektor bek tengah amunisi yang dimiliki Persib sebenarnya cukup mumpuni. Kalau pun ada penambahan pemain, tampaknya akan lebih difokuskan pada pencarian pemain lokal.

Di sektor belakang, Persib memiliki Igbonefo, Achmad Jufriyanto, dan Purwaka Yudi yang memiliki natural posisi sebagai bek tengah. Sementara di pos bek sayap, Persib saat ini memiliki sosok Supardi Nasir, Wildansyah, Henhen Herdiana, dan Toni Sucipto. Wildansyah dan Toni bisa dimaksimalkan Gomes sebagai pelapis di posisi bek tengah, karena dua pemain tersebut memiliki kemampuan bermain di berbagai posisi berbeda.

Sementara di sektor gelandang, Persib memang memiliki stok pemain tengah yang cukup melimpah. Namun pada musim lalu Maung Bandung seolah tidak memiliki sosok playmaker yang bisa menjadi otak serangan atau distributor andal yang bisa dimanfaatkan barisan depan Persib. Tanpa playmaker, membuat alur permainan dan distribusi bola mudah di baca lawan.

Imbasnya terlihat pada produktivitas Persib musim lalu yang terbilang buruk. Dari 34 penampilan, hanya 39 gol yang berhasil dibukukan. Catatan tersebut bahkan jauh lebih sedikit dari Persela Lamongan (49 gol) atau Persiba Balikpapan (41 gol) yang pada akhir kasemen posisinya berada di bawah Persib. Melihat kekurangan tersebut, sangat memungkinkan bagi Persib mengalokasikan satu dari dua slot pemain asing yang masih dimiliki untuk mencari sosok playmaker andal.

Namun bila pada akhirnya Eka Ramdhani diputuskan untuk bergabung bersama Persib pada musim depan, Eka bisa menjadi salah satu alternatif dari kealfaan sosok playmaker di skuat Maung Bandung. Sejak tahun 2005 hingga 2011 Eka hadir sebagai jenderal lapangan tengah Maung Bandung sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke Persisam Samarinda.

Sementara satu slot pemain asing lainnya bisa dialokasikan Persib untuk lini depan. Musim lalu, Persib sebenarnya memiliki Carlton Cole, Tantan, Sergio van Dijk, dan Shohei Matsunaga. Namun badai cedera yang mendera Sergio dan Tantan, serta penampilan Cole yang tidak sesuai ekspektasi hingga terdepak di pertengahan musim membuat Persib mengalami krisis pemain di sektor depan.

Akibatnya Persib kerap kali mengandalkan Raphael Maitimo yang berposisi alami sebagai gelandang untuk diplot sebagai penyerang. Beruntung, pemain naturalisasi asal Belanda itu bisa menjawab kepercayaan tim pelatih. Pada akhir musim Maitimo berhasil menyumbang sembilan gol dan menjadi pencetak gol terbanyak Persib musim lalu.

Pada musim depan, sektor penyerang Persib sepertinya masih akan dihuni Ezechiel, Tantan, dan Sergio. Namun dua nama terakhir saat ini kondisinya masih belum pulih dari cedera. Untuk menambah daya gedor dan mengantisipasi terjadinya krisis pemain depan seperti yang dialami musim lalu, tampaknya satu slot pemain asing berposisi striker akan menjadi fokus Gomes mengonsolidasi kekuatan untuk musim depan.

Baca juga: Mario Gomez Pelatih Baru Persib: Dari Asisten Pelatih Hector Cuper Hingga Pelatih Mahal

Komentar