Skuad Mewah Untuk Menghadapi Palestina dan Argentina

Timnas Indonesia

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Skuad Mewah Untuk Menghadapi Palestina dan Argentina

PSSI baru saja mengumumkan 26 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk gelaran FIFA Matchday melawan Palestina (14/6/2023) dan Argentina (19/6/2023).

26 pemain ini mayoritas adalah muka-muka lama yang sebelumnya sudah reguler dipanggil pelatih asal Korea Selatan tersebut. Namun, ada beberapa hal menarik yang layak untuk diulas.

Baca Juga:

Kualifikasi Piala Asia U-23: Asa Indonesia Lolos Pertama Kalinya

Penjaga Gawang: Nadeo Tidak Dipanggil

Nadeo Arga Winata, yang selalu dipanggil Shin sebelumnya, kali ini tidak mendapatkan tempat. Di Liga 1 musim 2022/2023, Nadeo memang kerap tampil underperform bersama Bali United.

Sebagai gantinya, Arya Reza Pratama yang selalu menjadi andalan Bernardo Tavares di bawah mistar gawang PSM Makassar dipanggil. Ini merupakan kali pertama kiper yang membawa PSM juara Liga 1 tersebut mendapat panggilan.

Sementara itu, Ernando Ari Sutaryadi pun dipanggil. Penjaga gawang Persebaya Surabaya itu baru saja turut mengantarkan Indonesia meraih medali emas SEA Games. Sebelumnya, Ernando juga dipanggil Shin di Piala AFF 2021.

Penjaga gawang Persikabo 1973, Syahrul Trisna, pun dipanggil lagi. Syahrul selalu dipanggil sejak Piala AFF 2021, Kualifikasi Piala Asia, Piala AFF 2022, serta FIFA Matchday melawan Curacao dan Burundi.

Bek: Komposisi Mewah

Di lini belakang, Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh dipanggil. Fahrudin Ariyanto, sebagai pemain dengan caps terbanyak di timnas senior saat ini pun masih mendapat tempat, begitu juga dengan Rizky Ridho. Rachmat Irianto pun tetap dipanggil, sekaligus semakin menegaskan bahwa ia pemain yang begitu diandalkan Shin karena ia selalu dipanggil di semua ajang.

Elkan Baggott menggenapi komposisi lini belakang. Nama yang lama absen dan kini kembali dipanggil adalah Andy Setyo. Bek Persikabo 1973 ini terakhir kali mendapatkan panggilan kala Timnas masih dilatih oleh Luis Milla di U-23 pada ajang SEA Games 2018. Andi menggeser posisi Hansamu Yama yang mendapat panggilan di Piala AFF 2022 lalu.

Dua bek sayap andalan Shin, yaitu Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan pun tetap disertakan.

Opsi di posisi bek sangat mewah. Shin barangkali akan kembali menggunakan formasi tiga bek tengah yang terbilang sukses. Biasanya, Jordi Amat, Rizki Ridho, dan Rachmat Irianto sebagai bek tengah akan diapit Asnawi di kanan dan Arhan di kiri.

Kehadiran Walsh dan Pattynama semakin menambah opsi di lini belakang. Keduanya fasih bermain di posisi bek sayap. Bisa jadi, Asnawi dan Arhan akan kehilangan tempat.

Perlu digarisbawahi pula, bahwa Irianto pun kerap dipasang di posisi gelandang, sehingga pemain yang murni sebagai bek tengah adalah Jordi Amat, Rizky Ridho, Fachruddin, dan Andi Setyo.

Gelandang: Banyak Opsi Untuk Bermacam Taktik

Posisi gelandang menyediakan banyak opsi. Marc Klok yang menjadi tumpuan sejak Kualifikasi Piala Asia tampaknya masih akan menjadi pilihan utama.

Klok bisa ditemani Ricky Kambuaya, Irianto, atau Ivar Jenner. Marselino Ferdinan pun membuat lini tengah Garuda semakin.

Jika bermain dengan formasi 4-4-2 seperti yang pernah diterapkan di Piala AFF, Klok biasanya akan ditemani oleh Marselino.

Jika bermain dengan tiga galendang, kombinasi Klok, Irianto, dan Marselino menjadi opsi yang paling ideal karena tiga pemain itu sudah cukup lama bermain di Timnas, dan Kambuaya atau Jenner bisa menjadi pengganti salah satu di antara tiga pemain tersebut.

Baca Juga:

Agenda Indonesia: FIFA Matchday, Kualifikasi Piala Dunia, dan Piala Asia

Penyerang: Sananta Tidak Disertakan

Ramadhan Sananta sebagai salah satu top skor SEA Games dengan lima gol tidak dipanggil oleh Shin. Sebagai gantinya, Rafael Struick yang baru saja menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dipanggil. Di posisi nomor sembilan, ada Dimas Drajat yang tampil apik di laga persahabatan menghadapi Curacao dan Burundi.

Posisi penyerang sayap pun sangat beragam. Ada Sayuri bersaudara, yakni Yance dan Yakob yang bisa dipasang sebagai penyerang sayap maupun bek sayap. Posisi dan peran Sayuri bersaudara ini mirip dengan posisi Edo Febriansyah.

Witan, sebagai tumpuan Shin, tetap dipertahankan bersama Dendy Sulistiyawan. Saddil Ramdani jadi amunisi lain untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Stefano Lilipaly terlalu sayang untuk dilewatkan. Ia bermain apik saat timnas mengalahkan Burundi dan pemain Borneo FC itu memang layak untuk kembali mendapatkan panggilan.

***

Barangkali ini skuad Indonesia paling mewah semenjak dilatih oleh Shin. Bagaimanapun, FIFA Matchday ini harus dilihat sebagai persiapan menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia Januari 2024 mendatang.

Pemain yang dipanggil ini akan berkumpul pada 5 Juni untuk memulai pemusatan latihan.

Daftar 26 Pemain Indonesia FIFA Matchday Juni 2023

Penjaga Gawang:

Ernando Ari Sutaryadi

Reza Arya P

Syahrul Trisna

Bek:

Elkan Baggott

Jordi Amat

Rizku Ridho

Fachruddin Ariyanto

Andi Setyo

Pratama Arhan

Shayne Pattynama

Asnawi Mangkualam

Sandy Walsh

Gelandang:

Rachmat Irianto

Ricky Kambuaya

Marc Klok

Marselino Ferdinan

Ivar Jenner

Yakob Sayuri

Yance Sayuri

Edo Febriansyah

Stefano Lilipaly

Penyerang:

Dendy Sulistiyawan

Dimas Drajat

Rafael Struick

Saddil Ramdani

Witan Sulaeman

Komentar