Siapa Lebih Dulu Tentang False 9? Del Bosque atau Sir Alex?

Taktik

by redaksi

Siapa Lebih Dulu Tentang False 9? Del Bosque atau Sir Alex?

Publik sepak bola sempat dikejutkan dengan Vicente Del Bosque saat menukangi Spanyol di Piala Eropa 2012. Ia memainkan formasi tanpa striker yang belakangan disebut False 9.

Tapi, benarkah del Bosque dan Spanyol yang pertama kali menerapkan sistem ini?

Jawabnya, belum tentu. Menurut salah satu guru taktik dunia, Jonathan Wilson, Sir Alex Ferguson bersama Manchester United kerap kali mengenakannya sistem tersebut.

Musim 2007/2008 adalah yang paling jelas terlihat dari sistem Sir Alex. Pakem formasi 4-4-2 kegemarannya terlihat tidak menempatkan Wayne Rooney dan Carlos Tevez sebagai seorang striker.

Bukan cuma final Liga Champions 2008 yang paling jelas terlihat, skema false nine Sir Alex digunakannya sepanjang musim. Pada musim yang berujung dobel gelar itu, United memang tidak memiliki seorang striker murni.

Rooney dan Teves merupakan tipikal second striker yang kerap menyisir dari lini kedua. Bukan tipikal striker murni atau out-and-out striker. Sementara Cristiano Ronaldo yang mulai diberi peran free role sukses menorehkan total 42 gol dalam musim itu.


Skema Sir Alex yang menurut orang banyak disebut 4-4-2 sebenarnya adalah 4-2-4-0. Empat pemain sejajar sebagai attacking midfielder dan saling memberi ruang kepada rekan-rekannya untuk mencetak gol. Mereka juga bergantian menyisir dari sayap atau frontal di tengah.

Itu dari segi taktikal, dari segi etimologi tim United Sir Alex saat itu juga sudah memakai False 9. Sebab dalam skuatnya tak ada pemain yang bernomor punggung 9. Nomor bagi seorang striker murni.

Sayangnya, istilah False 9 belum ngetrend kala itu. Baru ramai disebut saat Piala Eropa 2012 dan akhirnya Del Bosque yang dikenal pertama kali mengenakannya.

Komentar