April Maksimal yang Bisa Digapai Max Allegri

Taktik

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

April Maksimal yang Bisa Digapai Max Allegri

Allegri pun mulai percaya formasi 3-5-2 andalannya kembali ampuh. Trio BBC (Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini), kembali menjadi salah satu pertahanan terbaik di Eropa. Jika salah satu dari Trio BBC cedera, Juventus punya Martin Caceres dan Daniele Rugani yang tidak kalah berkualitas. Bahkan kuatnya pertahanan Juventus memberikan rekor baru untuk Buffon, yakni tidak kebobolan selama 974 menit di Serie-A!

Lini tengah Juventus pun kembali solid atas kehadiran Sami Khedira yang sempat cedera di awal musim. Kedatangannya meneruskan tradisi transfer Giuseppe Marotta, Direktur Juventus, yaitu mendatangkan pemain murah (bahkan gratis) namun berkualitas. Tapi karena strategi transfer itulah yang membuat Antonio Conte angkat kaki dari Turin. Hanya saja kendala pertahanan Juventus adalah badai cedera. Barzagli, Bonucci dan Chiellini, bergantian mendapatkan cedera. Saat ini stok lini belakang semakin tipis karena Caceres absen sampai akhir musim karena cedera tendon achilles. Cederanya Chiellini pun dianggap sebagai salah satu penyebab Juventus disingkirkan Bayern Munich dari Liga Champions.

Soal cedera, lini tengah pun tidak lepas dari sorotan. Mengingat Khedira rentan cedera dan Claudio Marchisio pun sudah mulai memasuki fase yang sama. Maka dari itu Allegri memang harus bisa memanfaatkan skuatnya semakismal mungkin, apalagi dengan situasi para pemainnya. Sejauh ini, ketangguhan lini belakang dan tengah, eksplosifnya Alex Sandro dan Juan Cuadrado di posisi wing-back, membantu suburnya Dybala.

Tidak cuma musim ini, ketangguhan itu akan menjadi pondasi masa depan Juventus. Tapi tidak usah terlalu jauh membayangkan masa depan. Karena untuk saat ini, siapa yang bisa menghentikan Juventus? Terutama setelah tidak terkalahkan sejak pekan ke-11 Serie-A 2015/2016.

Di masa inilah Allegri melakukan apa yang terbaik dari kariernya dari kepercayaannya tentang kebangkitan. Dan itu bukanlah mitos. Juventus punya jadwal cukup berat pada bulan April ini, yaitu harus menghadapi AC Milan, Lazio dan Fiorentina. Sekali lagi, jika Allegri bisa memaksimalkan skuatnya sekarang dan tetap menjaga singgasana Serie A, bukan tidak mungkin perburuan gelar juara sudah mencapai puncak maksimal pada April, atau tiga laga sebelum musim ini berakhir.

Komentar