Yoshinori Muto, Pemain Asia Manchester United Selanjutnya?

Taktik

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Yoshinori Muto, Pemain Asia Manchester United Selanjutnya?

Sejak mendatangkan Dong Fangzhuo pada 2004, Manchester United seakan memiliki tradisi untuk memiliki pemain berdarah Asia dalam skuatnya. Setelah penyerang asal Tiongkok, MU kemudian mendatangkan Park Ji-Sung (Korea Selatan) disusul oleh Shinji Kagawa (Jepang) yang mendarat pada musim terakhir Sir Alex Ferguson bersama Manchester United.

Sejak Shinji Kagawa dipulangkan ke Dortmund pada 31 Agustus 2014, tidak ada lagi pemain Asia yang berseragam Manchester United. Namun tren penggunaan pemain Asia tersebut bisa kembali terwujud setelah Setan Merah dikabarkan berhasrat mendatangkan penyerang asal Jepang, Yoshinori Muto.

Muto yang saat ini memperkuat Mainz di Bundesliga ini disebut-sebut merupakan rekomendasi dari Sir Alex, di mana sang manajer legendaris terpukau oleh kecepatan dan kemampuan teknik penyerang berusia 23 tahun tersebut sepanjang Bundesliga musim ini. Setan Merah dikabarkan akan mendaratkan Muto dengan biaya transfer 15 juta Ppoundsterling.

Muto mengawali karier sepakbolanya di akademi FC Tokyo. Kemudian setelah lulus dari Keio University di mana Muto juga menjadi bagian tim sepakbola kampusnya tersebut, akhirnya Muto dikontrak secara profesional oleh FC Tokyo pada 2014.

Muto tampil pada 59 pertandingan dan mencetak total 26 gol di semua kompetisi untuk FC Tokyo. Pada transfer musim panas lalu, Muto menandatangani kontrak selama empat tahun dengan kesebelasan barat daya Jerman, FSV Mainz.

Kemudian pertanyaan besarnya adalah apakah Muto dibutuhkan Manchester United?

Sepanjang paruh pertama Bundesliga musim ini, Muto sudah bermain sebanyak 17 kali dan mengemas tujuh gol. Dari ketujuh gol tersebut, semua dibuat di dalam kotak penalti, dengan rincian masing-masing tiga gol oleh kaki kanan dan kiri, serta satu gol lewat sundulan. Hal ini menunjukkan bahwa Muto amat berbahaya. Ia bisa menggunakan seluruh bagian tubuhnya untuk mencetak gol. Selain itu, pemain kelahiran Tokyo ini pun telah memberikan dua assist dan sebanyak 13 kali ikut terlibat dalam membuat peluang.

Perbandingan Antara Yoshinori Muto Dan Para Penyerang Manchester United
Perbandingan Antara Yoshinori Muto Dan Para Penyerang Manchester United

Bisa dilihat dari grafis di atas yang menggambarkan perbandingan antara Yoshinori Muto dan penyerang-penyerang Manchester United yang lain.  Akurasi tembakan Muto mencapai 65% , di mana catatan ini lebih tinggi dibandingkan penyerang MU yang lain. Dengan rincian 1,9 tendangan dalam setiap pertandingan, hal ini menunjukan bahwa Muto selalu membuat seorang kiper bekerja keras.

Raihan gol Muto pun jelas lebih banyak ketimbang kompetitornya. Catatan total 29 tendangan di dalam area lawan, sekali lagi menunjukan bahwa Muto sangat berbahaya di kotak penalti. Meskipun raihan pembuatan peluangnya tidak lebih banyak dari Wayne Rooney dan Martial, catatan 13 kali milik Muto juga sebenarnya tidak terlalu buruk.

Saat ini, Van Gaal menerapkan sistem satu penyerang. Ini berarti kalau benar0benar didatangkan Muto akan langsung bersaing dengan Anthony Martial dan kapten tim Wayne Rooney. Meskipun demikian, mengingat kedua pemain tersebut bisa saja bermain di posisi lain, bukan tidak mungkin pos penyerang utama akan diberikan kepada Muto. Selain itu, Muto pun bisa dipasangkan sebagai penyerang sayap.

Sebelum dipasang sebagai penyerang tunggal di Mainz, Muto sempat berposisi sebagai penyerang sayap ketika bermain di Liga Jepang. Hal ini sangat bagus untuk Muto yang akan berkarir di Liga Inggris karena dirinya akan terbiasa untuk banyak berlari dan adu cepat dengan pemain bertahan lawan, sering disebutkan bahwa salah satu penyebab mengapa United bermain membosankan adalah disebabkan oleh lini serang mereka yang bergerak lambat.

Muto sebenarnya sempat diincar oleh Chelsea yang kala itu masih dimanajeri oleh Jose Mourinho. Namun sang pemain menolak tawaran tersebut, dikarenakan takut tidak memiliki jam terbang dan lebih banyak berdiam di bangku cadangan.

Maka ketika muncul sebuah isu bahwa Muto akan didatangkan oleh Manchester United, apakah ini menjadi pertanda bahwa Jose Mourinho selangkah lagi bertahta di Old Trafford? Eh...

Sumber : Squawka , FourFourTwo

Foto : gettyimages

Komentar