Apa Perbedaan Wing-Back dan Full-Back?

Taktik

by Ardy Nurhadi Shufi 170362 Pilihan

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Apa Perbedaan Wing-Back dan Full-Back?



Full-back identik dengan skema empat bek, sementara wing-back identik dengan skema tiga bek. Tapi jika berbicara wing-back, hati-hati pula dengan penggunaan istilah pemain sayap pada formasi 3-4-3.

Pemain sayap pada formasi 3-4-3 secara posisi bisa saja disebut wing-back. Namun jika berkaca pada 3-4-3 Pep Guardiola bersama Bayern Munchen, Pep, yang mengaku mempelajari benar taktik Marcelo Bielsa, tak menyebut pemain sayapnya sebagai wing-back, melainkan wide midfielder.

Hal ini cukup beralasan karena terdapat pemain lain yang lebih bertugas untuk menyerang sisi sayap di lini depan (diisi oleh Douglas Costa, Kingsley Coman, Arjen Robben, Franck Ribery, atau Mario Goetze). Sementara itu wide midfileder-nya (biasanya ditempati David Alaba, Phillip Lahm, Rafinha, Juan Bernat, Sebastian Rode, atau Pierre Hoejbjerg yang merupakan gelandang tengah) pergerakannya hanya sebatas hingga tengah lapangan layaknya seorang midfielder.

Ini artinya, wide midfielder dalam formasi 3-4-3 Bayern hanya bermain di sekitaran tengah lapangan ketika menyerang namun ketika bertahan menjaga area lebar lapangan. Bahkan sebenarnya tidak menutup kemungkinan 3-4-3 Pep ini akan berubah menjadi 4-3-3 atau 4-2-3-1 saat bertahan, tergantung bentuk permainan yang diinginkan sang pelatih.

Pergeseran Makna yang Membuat Kita Kebingungan

Munculnya kebingungan arti atau pemahaman mengenai full-back dan wing-back sebenarnya lebih karena adanya pemelencengan makna. Karena jika merunut sejarah, sebenarnya cukup keliru jika memiliki pemahaman bahwa full-back adalah bek yang bermain di kanan dan kiri lapangan (bukan di tengah). Justru akan jauh lebih tepat, secara harfiah, jika bek yang menjaga lebar lapangan disebut side-back.

Pun begitu dengan wing-back. Kurang tepat sebenarnya jika menyebut bahwa wing-back merupakan bek yang berposisi di lebar lapangan dengan tugas utama membantu penyerangan. Karena back, bagaimanapun, secara harfiah memiliki arti pemain belakang. Dan pemain belakang tugas utamanya tentu saja bukan untuk menyerang. Kecuali jika wing-back yang dimaksud merupakan singkatan untuk winger-back di mana winger sejak formasi 2-3-5 memang identik dengan pemain sayap untuk menyerang.

Namun setidaknya, dengan tulisan ini, kita bisa lebih memahami mana wing-back dan full-back secara posisi. Karena sebenarnya wing-back dan full-back pun akan memiliki gaya bermain berbeda jika peran yang dimainkannya lebih spesifik yang melahirkan peran complete wing-back, inverted wing-back, limited full-back. Hal ini tentunya perlu penjelasan yang jauh lebih mendalam lagi.

foto: clingendael.nl

Komentar