Menyambut Kemenangan Pertama Wenger atas Mourinho di Premier League

Taktik

by redaksi

Menyambut Kemenangan Pertama Wenger atas Mourinho di Premier League

Laga panas akan tersaji di Stamford Bridge kala Chelsea menjamu Arsenal dalam tajuk London Derby edisi kedua musim ini. Kemenangan telak 4-0 atas Maccabi Tel Aviv di ajang Liga Champions tengah pekan lalu bisa dijadikan momentum kebangkitan The Blues di ajang Premier League.

Juara musim lalu ini dalam dua pertandingan terakhirnya di ajang Premier League menelan kekalahan, yakni ketika dipermalukan oleh Palace dengan skor 1-2 dan dihabisi Everton di Goodison Park dengan skor 1-3. Hal ini menyebabkan skuat asuhan Jose Mourinho terjerembab di posisi ke-17 klasemen sementara dengan nilai 4, tertinggal 11 poin dari sang pemuncak klasemen Manchester City.

Sedangkan di kubu Arsenal, setelah dipermalukan oleh West Ham United dengan skor 1-2 pada laga pembuka di Emirates Stadium Agustus lalu, penampilan mereka cenderung menanjak dengan meraih tiga kemenangan dan sekali imbang. Hasil ini setidaknya bisa dijadikan modal berharga untuk Arsenal dalam lawatannya ke Stamford Bridge. Tengah pekan lalu di ajang Liga Champions skuat asuhan Arsene Wenger ini menderita kekalahan dari Dinamo Zagreb dengan skor 1-2, namun itu terjadi karena Arsene Wenger memang sengaja mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya untuk pertandingan melawan Chelsea.

Momen keterpurukan Chelsea di awal musim ini ditambah dengan sedang menurunnya performa Eden Hazzard seharusnya bisa dimaksimalkan oleh Arsene Wenger guna meraih kemenangan pertamanya atas Jose Mourinho di ajang Premier League.

Absennya Thibaut Courtois sang kiper utama akibat cedera juga bisa berakibat buruk bagi lini pertahanan Chelsea. Ditambah dengan penampilan John Terry yang dinilai sudah mulai menurun, bisa dijadikan bulan-bulanan kecepatan Theo Wallcot. Masih diiragukannya kebugaran Pedro dan Falcao, bisa membuat Jose Mourinho tidak mempunyai opsi lain di lini depan selain hanya mengandalkan seorang Diego Costa.

Di kubu Arsenal sendiri, Inilah untuk kali pertama seorang Petr Cech akan datang sebagai lawan ke Stamford Bridge sejak dia pindah pada musim panas tahun ini ke Arsenal. Dan pastinya hal ini akan menjadi momen emosional bagi penjaga gawang asal Rep. Cheska tersebut. Jika di kubu Chelsea ada seorang Edden Hazzard yang mengalami penurunan performa, hal ini juga terjadi pada seorang Alexis Sanchez di Arsenal.

Hingga memasuki pekan ke 6, Sanchez belum mampu memasukan satu gol pun ke jala lawan. Hal ini bukan tanpa sebab. Permainan Sanchez yang cenderung lebih melebar dan bukan sebagai target man menyebabkannya kesulitan mencetak gol di awal-awal musim ini.

Akan tetapi patut diwaspadai oleh Chelsea, dalam delapan pertandingan tandang terakhirnya di ajang Premier League. Arsenal mencatatkan hasil impresif dengan tujuh kali menang dan sekali imbang. Hal ini membuktikan bahwa Arsenal lebih berbahaya ketika bermain tandang.

Prediksi Susunan Pemain

Jose Mourinho, masih akan terus berpikir keras bagaimana komposisi terbaik di lini belakangnya. Kebobolan 12 gol dalam 5 pertandingan awal Liga Premier Ingris sudah pasti bukan menjadi pencapaian yang bagus bagi The Special One. Thibaut Courtois yang absen akibat cedera dan harus digantikan tempatnya oleh Asmir Begovic.

Mulai melambannya John Terry pun bisa menjadi bumerang di lini belakang Chelsea, apabila tetap dipaksakan bermain. Memasang Kurt Zouma bisa dijadikan alternatif di lini belakang untuk meredam kecepatan para pemain Arsenal yang dimotori sprinter-sprinter semacam Wallcot maupun Sanchez.

Sedangkan di lini depan, The Special One sudah tentu masih akan mengandalkan ketajaman striker mereka, Diego Costa, serta umpan-umpan matang dari Oscar dan Cesc Fabregas. Dan tentu saja tusukan-tusukan Eden Hazard meskipun yang bersangkutan performanya sedang menurun, karena patut juga diwaspadai oleh Arsenal, Hazard selalu memasukan bola ke gawang The Gunners pada dua pertemuan terakhirnya di Stamford Bridge.

Sedangkan dari Arsenal sendiri, lini belakangnya akan kembali diperkuat oleh Hector Bellerin yang sebelumnya sempat absen akibat cedera pada pertandingan melawan Dinamo Zagreb tengah pekan lalu. Di area tengah, sepertinya Wenger lebih mempercayakan Francis Coquelin untuk berduet dengan Santi Cazorla dibandingkan dengan memasang Mikel Arteta.

Dan di lini depan, nampaknya Wenger akan tetap memainkan terlebih dahulu Wallcot guna memaksimalkan kecepatannya dalam membongkar pertahanan Chelsea serta didukung oleh lini kedua oleh trio Sanchez, Ozil, dan Ramsey.

Kemenangan tentu saja menjadi harga mati bagi Chelsea agar tidak semakin jauh tertinggal dalam perburuan gelar Premier League. akan tetapi melihat kondisi Chelsea yang sedang mengalami penurunan performa. Sedangkan kubu Arsenal sendiri sedang mengalami tren positif di pentas Premier league. Sepertinya The Gunners akan mampu mencuri kemenangan di Stamford Bridge dengan selisih satu gol.

Komentar