Benarkah Lapangan Santiago Bernabeu Diperlebar agar Real Madrid Menang?

Sains

by Ammar Mildandaru Pratama 61531

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Benarkah Lapangan Santiago Bernabeu Diperlebar agar Real Madrid Menang?

Real Madrid berhasil membalas kekalahan dari Wolfsburg pada leg pertama perempat final Liga Champions, sekaligus memastikan lolos ke fase selanjutnya. Pada laga pertama, mereka kalah 2-0 saat bertandang ke Volkswagen Arena. Namun di markasnya, Santiago Bernabeu, Madrid berhasil menang 3-0 lewat hat-trick Ronaldo.

Real Madrid memang pantas menang telak pada pertandingan leg ke-2 tersebut. Selain bermain dominan sejak awal dan unggul secara statistik, Sergio Ramos dkk. juga mampu meredam lini depan Wolfsburg. Tim tamu hanya mampu melepas 9 tembakan sementara tuan rumah total mencapai 16 kali. Begitu juga mengenai penguasaan bola, Madrid sepanjang 90 menit berhasil unggul dengan mencapai angka 57%.

Sebelum pertandingan, sempat ramai dibicarakan bahwa lapangan Santiago Bernabeu diperluas, khusus untuk melawan Wolfsburg. Pada foto dan video yang beredar, terlihat ada bekas garis yang berjarak sekitar satu meter di bagian dalam lapangan. Artinya, petugas lapangan telah membuat garis baru yang membuat lapangan lebih luas dari sebelumnya.



Media-media internasional seperti Goal, Foxsport, hingga siaran Bein juga menampilkan dan membahas hal ini. Namun anehnya di semua media tersebut tidak ada yang mengonfirmasi kebenaran beritanya. Mereka hanya menyebut tentang adanya foto dan video yang tersebar dan baru menduga hal tersebut merupakan taktik Madrid untuk kalahkan Wolfsburg.

Sementara media Italia, La Gazzetta, yang sempat memuat halaman berita tentang lebar lapangan ini tidak lagi dapat diakses yang kemungkinan telah dihapus. Lalu, apakah kabar ini benar?

Pembawa acara Real Madrid TV, Phil Kitromilides, melalui akun Twitternya menyebut berita ini tidak benar. Bahkan dengan berani ia berkata untuk tidak mudah percaya berita yang keluar dari media Catalan.

Jika ditelusuri kembali, video yang paling banyak dibicarakan dan kemungkinan pertama muncul berasal dari akun Twitter @barzaboy. Dilihat dari kicauan dan identitas lainnya, mudah memastikan bahwa akun tersebut secara khusus membahas Barcelona. Sementara media Spanyol yang juga memuat kabar ini adalah Sport English, media olahraga berbahasa Inggris asal Catalan.

>April 12, 2016






Namun pada kicauan lainnya, sang presenter RMTV tersebut tidak membantah bahwa video tersebut memang lapangan Santiago Bernabeu. Ia hanya menyebut bahwa garis yang ada merupakan semacam jejak dari mesin penggaris lapangan. Hal tersebut juga sudah ia tanyakan secara langsung kepada kepala petugas perawat lapangan (groundsman).

Terlepas dari benar atau tidak kabar ini, apakah tindakan tersebut boleh dilakukan? Jawabannya adalah sah-sah saja dan merupakan tindakan yang legal.

Aturan pertandingan Liga Champions UEFA, panjang lapangan minimal 100 m dan maksimal 105 m, sementara lebar 64 m sampai 68 m. Sehingga secara aturan, tuan rumah sebenarnya bebas untuk menentukan luas lapangan kandang mereka.

Luas lapangan ini tentu saja dapat berpengaruh kepada permainan kedua kesebelasan yang bertanding. Secara umum lapangan luas menguntungkan bagi permainan yang mengandalkan kecepatan, termasuk umpan-umpan terobosan yang diakhiri adu lari.

Arsenal dengan stadion lamanya, Highbury, merupakan salah satu contoh paling terkenal hubungan antara luas lapangan dengan permainan. Stadion tersebut memiliki luas lapangan permainan yang lebih kecil dari rata-rata stadion di Inggris saat itu. Di sana pula prestasi fenomenal Arsenal, tak terkalahkan sepanjang musim 2003-2004 pernah diukir.

Baca juga pengetahuan lainnya mengenai lapangan:

Fungsi dan Cara Membuat Pola di Rumput Lapangan Sepakbola
Lengkungan Kotak Penalti dan Garis-garis Lapangan Lainnya

Komentar