[Match Preview] Kroasia vs Meksiko: Laga Hidup Mati

Piala Dunia

by redaksi

[Match Preview] Kroasia vs Meksiko: Laga Hidup Mati

Laga terakhir babak grup C antara Kroasia dan Meksiko akan sangat menentukan bagi kedua tim. Siapa pun yang nantinya meraih kemenangan akan mengantarkan mereka ke babak 16 besar. Keduanya bisa saja lolos, tapi kecil kemungkinan mengingat harus mengharapkan Brasil kalah oleh Kamerun yang dua kali menelan kekalahan.

Setelah kekalahan kontroversial pada laga pembuka melawan Brasil, Kroasia langsung menggasak Kamerun dengan skor 4-0. Hadirnya kembali Mario Mandzukic di lini depan memberikan perubahan berarti dengan mencetak dua gol serta dua assists.

Melawan Kamerun seolah menjadi pembuktian bagi kubu Kroasia. Berkali-kali mereka menebar ancaman bagi lini pertahanan Kamerun, hal yang tak bisa mereka tunjukkan kala melawan Brasil. Mereka pun kian pede menghadapi laga ini.

Namun Meksiko bukanlah tim sembarangan. Dengan pertahanan yang solid mereka mampu mengalahkan Kamerun dan menahan imbang tuan rumah Brasil. Apalagi skuat asuhan Miguel Herrera ini hanya membutuhkan hasil seri untuk melenggang ke babak berikutnya.

Dengan formasi 5-3-2 dan tak ada satupun pemain yang mengalami cedera, Meksiko nampaknya akan kembali menurunkan skuat yang sama dengan susunan pemain yang diturunkan ketika melawan Brasil di mana mereka lebih memfokuskan pertahanan.

Pertahanan yang kuat memang menjadi kekuatan Meksiko. Bersama Nigeria, Meksiko menjadi tim yang belum kebobolan hingga pertandingan kedua. Aksi Guillermo Ochoa di bawah mistar gawang memiliki andil besar dalam dua pertandingan awal.

Tentunya ini akan menjadi PR besar bagi lini penyerangan Kroasia yang nantinya akan dibebankan pada Mandzukic, Ivan Perisic, dan Ivica Olic. Karena kemenangan benar-benar mutlak harus diraih oleh skuat asuhan Niko Kovac.

Di sisi lain, lini penyerangan Meksiko tak begitu memiliki ancaman serius bagi lini pertahanan Kroasia yang digalang Dejan Lovren dan Vedran Corluka. Kamerun hanya mampu dikalahkan dengan sebiji gol. Bahkan pada laga melawan Brasil Meksiko hanya mencatatkan dua tembakan ke arah gawang.

Maka dari itu, sulit untuk memilih tim mana yang akan keluar sebagai pemenang pada laga ini. Lini penyerangan Kroasia yang memperlihatkan ketajamannya pada laga melawan Kamerun akan menghadapi pertahanan solid Meksiko.

Kebutuhan 3 poin bagi Kroasia bisa memberikan semangat berlebih untuk menaklukan kiper Meksiko, Ochoa. Tapi jika Ochoa kembali menampilkan penampilan terbaik seperti yang ia tunjukkan ketika melawan Brasil, maka hasil seri menjadi hasil yang paling mungkin terjadi pada laga ini.

[ar]

Komentar