[Match Report] Australia 2 vs 3 Belanda

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Australia 2 vs 3 Belanda

Belanda jadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar, setelah Spanyol ditekuk Chile dengan skor 2-0. Lolosnya Belanda ini tak lain berkat kemenangan mereka tipis 3-2 atas Australia dalam laga lanjutan Grup B Piala Dunia di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Rabu (18/6) malam. Belanda yang sempat tertinggal 2-1 oleh Dua gol Australia yang dicetak Tim Cahill dan Mile Jedinak, mampu membalikan keadaan lewat gol Robin van Persie dan Memphis Depay.

Secara mengejutkan Belanda memilih bermain dengan pola yang sama saat menghadapi Spanyol. Australia diberi kesempatan untuk mendominasi jalannya pertandingan dan melakukan serangan. Sayangnya sampai menit 10 belum ada kans yang tercipta diantara kedua tim. Australia membuka peluang pertama di menit 16 lewat sepakan jarak jauh Mark Bresciano yang masih bisa diblok oleh barisan pertahanan Belanda.

Lewat sebuah skema serangan balik dan terpancingnya fullback Australia yang overlapping ke depan, Belanda mampu membuka keunggulan di menit 20 melalui sepakan Robben dari dalam kotak penalti. Robben mampu melenggang sendirian menyisir sayap sebelum melepas tendangan ke pojok kiri gawang kiper Ryan.

Namun, semenit berselang, Australia mampu membalas melalui sepakan Tim Cahill memanfaatkan umpan silang Ryan McGowan yang gagal diantisipasi oleh Jasper Cillessen. Skor kini 1-1. Gol ini amatlah cantik mengingat Cahill menendang bola tanpa bola itu memantul ke tanah. Selain itu proses gol ini dari kick off pun tergolong singkat, hanya memakan waktu 5 detik.

Lantas Australia kembali mengancam di menit 30 melalui sepakan keras Bresciano yang masih melayang di atas mistar Belanda. Skor 1-1 akhirnya menutup babak pertama.

Di babak kedua, Belanda mengganti formasi 5-3-2 menjadi 4-3-3 dengan memasukan Memphis Depay dan menarik Marthens Indi. Intensitas serangan Belanda pun meningkat, sayang lewat serangan balik Australia mendapatkan tendangan penalti di 53 menit usai umpan Oliver Bozanic menyentuh tangan Daryl Janmaat.Sebagai eksekutor, Jedinak mampu mengecoh Jasper Cillessen untuk membawa Australia unggul 2-1.

Empat menit berselang, Van Persie sukses menyamakan kedudukan untuk Belanda, usai memanfaatkan assist terukur Depay di sayap kiri yang memberikan trougball kepada Van Persie. Hanya berselang 10 menit, Depay lantas mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakan kerasnya dari jarak jauh menghujam keras ke gawang yang dikawal oleh Ryan.Sampai laga bubar, Belanda menang dengan skor akhir 3-2.

aus-ned

Komentar