8 Pemain Kunci di Perempatfinal Liga Champions Perempuan (UWCL)

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

8 Pemain Kunci di Perempatfinal Liga Champions Perempuan (UWCL)

Liga Champions Perempuan atau biasa disebut dengan UWCL telah memasuki babak perempatfinal. Juara Eropa 3 kali, FFC Frankfurt, akan berhadapan dengan wakil Inggris, Bristol Academy. Sedangkan pertandingan bigmatch, akan terjadi antara, Vfl Wolfsburg melawan FC Rosengard. Sementara wakil asal Perancis, PSG, akan bertemu dengan wakil Skotlandia, Glasgow City. Satu pertandingan lainnya mempertemukan antara wakil Denmark, Brondby IF melawan wakil Swedia, Linkopings FC.

Wolfsburg - Rosengard copy

Nilla Fischer (VfL Wolfsburg)

Berbicara soal pertahanan Wolfsburg yang cukup solid, jawabannya ada di Nilla Fischer. Bek asal Swedia ini telah menjadi andalan utama lini belakang Wolfsburg sejak didatangkan dari Linkopings FC pada musim panas 2013. Tepatnya setelah gelaran Piala Eropa 2013 usai.

Wolfsburg selama ini baru kebobolan 3 gol pada musim Frauen Bundesliga 2014/15. Mereka juga tidak terkalahan selama 382 hari, sebelum akhir pekan lalu runtuh ditangan Turbine Potsdam. Fischer musim ini juga dipercaya untuk memakai ban kapten Wolfsburg untuk menggantikan Nadine Kessler yang belum juga pulih dari cedera. Di UWCL, Fischer telah membukukan 2 gol dari penampilannya selama 360 menit bersama VfL Wolfsburg, dengan jumlah tendangan ke gawang sebanyak 5 kali

Marta Vieira (FC Rosengard)

Swedia adalah cinta sejati Marta. Dan itulah yang membuat ia memilih bertahan di Swedia setelah Tyreso mengalami kebangkrutan lalu, Marta kemudian bergabung dengan FC Rosengard. Di Rosengard, Marta disatukan bersama Anja Mittag dan Ramona Bachmann yang kemudian membentuk suatu kekuatan besar di lini depan klub juara Liga Swedia ini. Di UWCL, Marta membukukan 3 gol dari 350 menit penampilannya bersama FC Rosengard. Kemudian jumlah tendangan ke gawang sebanyak 11 kali dan mengirim assist sebanyak 1 kali. Musim lalu, Marta juga mencetak brace saat final UWCL bersama Tyreso sebelum akhirnya takluk 4-3 dari VfL Wolfsburg.

Bristol vs FFC copy

Nikki Watts (Bristol Academy)

Gol penalti Nikki Watts ke gawang Barcelona meloloskan Bristol ke perempatfinal UWCL. Saat pemain kunci seperti Jemma Rose, Natalia Pablos, Laura Del Rio dan Natasha Harding meninggalkan Bristol, Nikki Watts justru memilih bertahan di Bristol Academy.

Nikki Watts tampil selama 360 menit di UWCL bersama Bristol Academy dan mencetak 2 gol serta 3 assist. Kemudian dengan total tendangan ke gawang sebanyak 11 kali. Pada Desember 2014, striker berusia 27 tahun ini baru saja memperbarui kontraknya bersama The Vixens (julukan Bristol Academy).

Celia Sasic (FFC Frankfurt)

Celia Sasic adalah striker kunci sekaligus mesin gol bagi FFC Frankfurt dan juga timnas putri Jerman. Sasic sudah memperkuat Frankfurt sebanyak 36 kali, dan mencetak total 36 gol sejak ia didatangkan dari SC Bad Neuenahr.

Sasic juga merupakan top skor di Frauen Bundesliga 2014/15 dengan mencatatkan 17 gol sampai pekan ke 17 Frauen Bundeliga. Di UWCL, Celia Sasic berada di urutan teratas sebagai top skor UWCL dengan membukukan 6 gol dari 360 menit bermain di UWCL.

Kemudian jumlah tendangan ke gawang yang dilakukan oleh Sasic adalah sebanyak 26 kali. Bisa disimpulkan bahwa Celia Sasic memiliki penyelesaian akhir yang mumpuni sebagai penyerang yang komplit. Sasic juga baru saja mencapai caps ke 100 bersama timnas Jerman saat Piala Algarve awal Maret ini. Jerman mencapai peringkat ketiga pada turnamen tahunan tersebut.

Linkopings vs Brondby copy

Emma Madsen (Brondby IF)

Mungkin sebagian besar masih awam dengan nama ini. Emma Madsen merupakan pencetak gol terbanyak dari klub juara Piala Denmark Brondby IF di UWCL musim ini. Striker timnas Denmark ini juga merupakan penyerang jangkung dengan tinggi badan yang mencapai 179 cm.

Pada UWCL musim ini, Madsen mencatatkan 3 gol dari 241 menit penampilannya bersama Brondby dengan jumlah tendangan ke gawang sebanyak 7 kali. Pada Euro 2013 di Swedia, striker berusia 26 tahun ini masuk skuad Denmark untuk menggantikan Sanne Troelsgaard yang menarik diri dari skuad karena alasan keluarga.

Fridolina Rolfo (Linkopings FC)

Linkopings tampil sebagai kompetitor serius di UWCL, hal itu juga tidak terlepas dari striker masa depan timnas Swedia Fridolina Rolfo. Tercatat striker berusia 21 tahun ini telah mencetak 4 gol dari 199 menit penampilannya di UWCL bersama Linkopings FC dengan jumlah tendangan ke gawang sebanyak 6 kali, 3 diantaranya adalah hat trick yang ia catatkan ke gawang juara FA WSL 1 dua musim beruntun Liverpool Ladies pada leg kedua 32 besar UWCL.

PSG - Glasgow copy

Fatmire Alushi (Paris Saint-Germain)

Di timnas Jerman, Fatmire Alushi sedang mengalami masa naik turun terlebih setelah meninggalkan FFC Frankfurt untuk bergabung dengan PSG. Namun, sebenarnya kepindahan Alushi ke PSG ini tidaklah sia-sia. Karena dua gol yang dicetak Alushi pada UWCL musim ini semuanya ia sarangkan saat menghadapi Lyon. Pada leg pertama berakhir imbang 1-1 dan leg kedua sukses mempermalukan Lyon di Stade de Gerland dengan skor 1-0.  Alushi bermain sebanyak 4 kali atau 359 menit pada UWCL musim ini. Alushi juga merupakan pemain yang paling sering dilanggar oleh lawan serta mencatatkan total tendangan ke gawang sebanyak 5 kali.

Joanne Love (Glasgow City)

Klub asal Skotlandia Glasgow City adalah satu-satunya tim perempatfinal UWCL yang mengawali musim UWCL mereka dari babak kualifikasi. Joanne Love yang merupakan pemain timnas Skotlandia ini juga merupakan salah satu kunci lini tengah dari Glasgow City yang notabenenya merupakan penguasa tanah Skotlandia selama delapan musim beruntun. Gelandang berusia 29 tahun ini telah membukukan 2 gol pada UWCL musim ini dari 390 menit bermain, dengan total tendangan ke gawang sebanyak 10 kali. Pencapaian Glasgow City sampai perempatfinal UWCL musim ini merupakan pencapaian terbaik dalam selama kiprah mereka di kompetisi Eropa sejak musim 2005/2006. Sebelumnya pencapaian terbaik klub asal Skotlandia ini hanya sampai babak 16 besar.

Jadwal Perempatfinal Liga Champions Perempuan 2014/15:

21 Maret (leg pertama):


  • Bristol Academy vs FFC Frankfurt (21.00 WIB di Eurosport Asia)


22 Maret (leg pertama):

  • Linkopings FC vs Brondby IF (20.00 WIB)

  • Glasgow City vs PSG (23.05 WIB)

  • VfL Wolfsburg vs FC Rosengard (00.00 WIB)


28 Maret (leg kedua):

  • Brondby IF vs Linkopings FC (20.00 WIB)

  • FC Rosengard vs VfL Wolfsburg (21.00 WIB)

  • PSG vs Glasgow City (00.00 WIB)


29 Maret (leg kedua):

  • FFC Frankfurt vs Bristol Academy (18.00 WIB)


Grafis oleh: Zakky BM (@bmzakky)

Ditulis oleh Retno Nino – Mahasiswa Vokasi Akuntansi Semester 6 di Universitas Brawijaya Malang yang mencintai sepakbola perempuan. 2011 adalah tahun awal mengikuti sepakbola perempuan karena itu akhirnya menjadi admin & co-founder dari @womensfootie_id di Twitter. Temui di akun Twitter  @theMiniNino untuk berdiskusi soal sepakbola perempuan. Auf Wiedersehen!

Komentar