Bekamenga, Penyakit Jantung, dan Kehidupan Barunya di Turki

Backpass

by Ardy Nurhadi Shufi 179532

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Bekamenga, Penyakit Jantung, dan Kehidupan Barunya di Turki

Halaman kedua

Langkah Kamerun terhenti di babak perempat final setelah kalah dari Brasil dengan skor 2-0. Brasil sendiri saat itu diperkuat oleh Thiago Silva, Marcelo, Alexandre Pato, dan Ronaldinho yang saat itu menjadi salah satu pemain over-aged. Bekamenga sendiri sepanjang Olimpiade 2008 bermain sebanyak tiga kali tanpa mencetak satu gol pun.

Usai Olimpiade 2008, karier Bekamenga merosot cukup tajam. Di Nantes ia kurang mendapatkan menit bermain karena ia sempat mengalami masalah jantung. Menurut harian Ouest France, Bekamenga diketahui memiliki detak jantung yang abnormal saat melakukan tes fisik rutin. Hampir lima bulan pemain kelahiran Yaounde ini dilarang tampil.

Sementara itu Nantes kemudian degradasi ke Ligue 2. Setelah kembali pulih, Bekamenga sempat dipinjamkan ke kesebelasan Yunani, Skoda Xanthi, sebelum dilepas ke kesebelasan divisi tiga Prancis, US Orleans.

Karier Bekamenga membaik setelah musim 2013/2014. Saat itu ia membela kesebelasan divisi dua Prancis, Laval. Ia bermain 37 kali dan mencetak 18 gol. Penampilan impresifnya itu berlanjut pada musim berikutnya, setelah ia mencetak empat gol dan dua asis dari 13 penampilan. Pada pertengahan musim, ia direkrut Troyes.

Sempat gagal di RC Lens, penampilan Bekamenga membaik saat direkrut kesebelasan Ligue 2 lainnya, Metz. Di kesebelasan ini ia bermain sebanyak 38 kali dan mencetak 17 gol. Catatan inilah yang membuatnya direkrut kesebelasan divisi dua Liga Turki, Balikesirspor, pada awal musim 2016/2017.

Musim ini, Bekamenga menjadi andalan Balikesirspor di lini depan. Dari 31 laga yang sudah berjalan, Bekamenga tampil sebanyak 28 kali dan sudah mengemas 14 gol dan dua asis, pencetak gol terbanyak tim. Di Liga, ia merupakan pencetak gol terbanyak kelima, terpaut delapan gol dari penyerang Demirspor asal Benin, Mickael Pote. Balikesirspor sendiri saat ini sedang berkutat di papan tengah.

Bekamenga memang seolah telah kembali pada performa terbaiknya. Ia pun kini menjadi idola baru pendukung Balikesirspor. Di Turki, ia kembali menjadi penyerang tajam yang ditakuti lawan-lawannya.

Saat ini, Bekamenga sendiri dibanderol 500 ribu euro atau lebih dari 7 miliar rupiah oleh Transfermarkt. Kontraknya sendiri baru akan habis pada Juni tahun 2018 mendatang. Dengan usianya yang terus bertambah, hari ini tepat 31 tahun, bukan tak mungkin ia akan kembali dilirik oleh kesebelasan Indonesia. Apalagi Liga Indonesia saat ini sudah mulai banyak pemain bintang berdatangan.

foto: @ultblk10 (Twitter)

Komentar