Loh, Kemanakah Pemain Asal Inggris Dalam Starting XI Arsenal dan Portsmouth?

Backpass

by redaksi 33734

Loh, Kemanakah Pemain Asal Inggris Dalam Starting XI Arsenal dan Portsmouth?

Pada 30 Desember, terjadi sebuah sejarah baru di Inggris. Tapi sejarah ini adalah sebuah tinta hitam untuk sepak bola Inggris, dan akan tercatat dalam benak pecinta sepak bola Inggris, terutama di benak para pendukung Arsenal dan Portsmouth.

Pada tanggal tersebut, sedang diadakan lanjutan laga Liga Primer yang mempertemukan Arsenal melawan Portsmouth di Fratton Park. Laga tersebut pada akhirnya dimenangkan oleh The Gunners dengan skor 1-4. Tapi dalam pertandingan tersebut, ada sebuah kejadian unik. Apa kejadian unik tersebut?

Dalam pertandingan tersebut, tidak ada pemain asal Inggris yang menghiasi starting XI kedua skuat. Ini adalah kejadian pertama yang terjadi dalam piramida kompetisi tertinggi sepak bola Inggris saat itu (Liga Primer). Di Arsenal, kejadian pemain inti yang bukan berasal dari Inggris adalah hal yang lazim. Namun, lain hal dengan Portsmouth. Pompey biasanya kerap memasang penjaga gawang timnas Inggris, David James, sebagai penjaga gawang utama.

Tapi David James, yang biasanya menjadi pemain inti harus digantikan oleh Asmir Begovic asal Bosnia-Herzegovina dalam pertandingan tersebut. Meski alasan James diganti adalah karena cedera, banyak yang menganggap ini adalah kebetulan yang tidak disangka-sangka.

Dari sekian banyak negara yang pemainnya ikut berkecimpung dalam laga tersebut, Prancis menjadi negara yang paling banyak menyumbang pemain dengan total tujuh pemain (lima untuk Arsenal, dua untuk Portsmouth), termasuk Hassan Yebda dan Nadir Belhadj, pemain yang lahir di Prancis tapi akhirnya memutuskan membela timnas Aljazair.

Sisa dari pemain-pemain yang terlibat dalam alga tersebut tersebar dari negara-negara Eropa, Afrika, dan Inggris Raya, yaitu Bosnia-Herzegovina, Islandia, Rep. Irlanida, Israel, Afrika Selatan, Skotlandia, Ghana, Spanyol, Belgia, Wales, Kamerun, Rusia, dan Kroasia. Terlihat bahwa ada sebuah miniatur dunia dalam pertandingan kali ini. Arsenal sukses memenangkan pertandingan ini lewat empat gol dari Eduardo, Aaron Ramsey, Samir Nasri, dan Alex Song. Sementara itu Portsmouth hanya mampu memperkecil ketertinggalan lewat Nadir Belhadj.

Ketiadaan pemain asal Inggris dalam pertandingan ini pun selesai pada menit ke-85. Craig Eastmond menjadi pemain asal Inggris pertama yang masuk dalam pertandingan ini menggantikan Samir Nasri. Portsmouth melakukan hal yang sama dengan memasukkan Michael Brown menggantikan Richard Hughes beberapa menit kemudian.

Namun tetap saja, ketiadaan pemain asal Inggris dalam starting XI di laga ini akan menjadi catatan buruk dalam sepak bola Inggris.

Sumber: The Day in Football History

Komentar