(3 September) Sempat Ditolak, Akhirnya United Diterima Juga

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(3 September) Sempat Ditolak, Akhirnya United Diterima Juga

Pada 3 September 1892, Manchester United mengadakan pertandingan pertamanya dalam ajang Football League. Dalam pertandingan tersebut, mereka kalah oleh Blackburn Rovers dengan skor 4-3. Meski pada akhirnya musim perdana United dalam ajang Football League tak seburuk hasil yang mereka raih dalam pertandingan pertama dalam ajang yang sama, United sekarang bukanlah United yang dulu.

Untuk musim pertama di Football League ini, mereka masih memakai nama pertama mereka, Newton Heath. Didirikan pada 1878, Newton Heath, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Manchester United, mencoba untuk ikut dalam ajang Football League yang didirikan pada 1888. Namun, selama empat tahun sampai 1892, mereka selalu ditolak dan tidak dibolehkan ikut dalam ajang Football League.

Akhirnya, pada musim 1892/1893, mereka diizinkan untuk ikut ajang Football League, dan menghadapi pertandingan pertama melawan Blackburn Rovers pada 3 September 1892. Namun, dalam musim pertama mereka di Football League ini, mereka tidak meraih prestasi yang terlalu bagus.

Usai kalah dari Blackburn, Newton Heath sama sekali tidak meraih kemenangan dalam lima pertandingan setelahnya, berlanjut dengan tiga kekalahan beruntun dalam pertandingan selanjutnya. Alhasil, Newton Heath harus puas mengakhiri musim di peringkat ke-12. Mereka mampu menghindari jerat degradasi usai mengalahkan Small Heath FC (cikal bakal Birmingham City FC) dalam babak playoff.

Musim selanjutnya, mereka akhirnya harus terdegradasi ke Divisi Kedua. Mereka berada di sana selama beberapa tahun sebelum akhirnya mampu naik level lagi ke Divisi Pertama pada 1906, untuk kemudian menjuarai Divisi Pertama Football League pada 1908.

Sekarang, koleksi gelar United sudah sedemikian banyak, dan menjadi salah satu klub tersukses di Inggris selain Liverpool. Sempat ditolak, lalu diterima, sekarang menjadi sukses.

Komentar