(30 Agustus) Usai Berperang, Mari Bermain Sepakbola Kembali!

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(30 Agustus) Usai Berperang, Mari Bermain Sepakbola Kembali!

Usai berperang, bermain sepakbola kembali adalah hal yang menyenangkan. Itulah yang dilakukan oleh Inggris. Pada 30 Agustus 1919, mereka memulai kembali liga sepakbola mereka yang bernama Football League. Liga kembali dimulai setelah mengalami penundaan sejak 1915 akibat pecahnya Perang Dunia I.

Selama Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914 hingga 1918 ini, semua pertandingan Football League dan Piala FA ditunda. Ketika liga dimulai kembali pada Agustus 1919, liga kembali dimulai dengan meneruskan apa yang ditunda pada 1915 silam. Hal ini mengakibatkan klub-klub yang terdegradasi dan mendapatkan promosi pada 1915, tepat sebelum liga ditunda, menjalani kompetisi di divisi yang baru.

Selain itu, ada penambahan dua tim di First Division, dari 20 klub menjadi 22 klub. Hal ini membuat beberapa tim yang harusnya terdegradasi pada musim 1914/1915, termasuk Chelsea di dalamnya, selamat dan tetap berkompetisi di First Division pada musim 1919/1920 ini.

Derby County dan Preston North End adalah dua tim yang promosi ke First Division setelah naik level dari Second Division pada akhir musim 1914/1915. Derby menjalani musim perdananya di divisi teratas ini dengan menahan imbang Manchester United 1-1, sedangkan Preston North End dikalahkan oleh Blackburn Rovers dengan skor 4-0.

Jika Derby dan Preston mendapatkan promosi, Tottenham Hotspur justru terdegradasi dan harus menjalani musim 1919/1920 dari Second Division. Mereka membuka pertandingan mereka di divisi kedua ini dengan mengalahkan Coventry City dengan skor 5-0. Awal yang gemilang di Second Division membuat mereka tampil mengesankan musim tersebut dan mampu naik kembali ke First Division pada musim selanjutnya.

Komentar