Kesaksian Orang-orang yang Melihat Tendangan Kungfu Cantona

Backpass

by redaksi 28646

Kesaksian Orang-orang yang Melihat Tendangan Kungfu Cantona

Tanggal 25 Januari 1995, diperingati pada hari ini, sebuah insiden yang akan dikenang sebagai salah satu momen heboh Liga Inggris terjadi. Eric Cantona melakukan aksi legendaris (yeah, banyak orang menyebut itu sebagai "aksi tak terpuji"): menendang seorang suporter Crystal Palace, Simmons Mathew.

Cantona baru saja diusir oleh wasit, Alan Wilkie, karena melakukan pelanggaran keras pada pemain bertahan Palace, Richard Shaw. Tanpa banyak cingcong, Cantona segera berjalan keluar lapangan menuju kamar ganti.

Belum juga sampai di kamar ganti, masih di pinggir lapangan, ia diteriaki oleh seseorang. Ia suporter Crystal Palace, Simmon Mathews. Respon Cantona sudah diketahui oleh dunia: ia melompat, melewati papan skor, dan kakinya yang masih memakai sepatu bola melayang ke arah Simmons. (Bagaimana nasib Simmons setelah kejadian ini? Menyedihkan! Baca kisahnya DI SINI)

Dengan segera pers menjadikan ini sebagai isu besar. Cantona menjadi buruan media. Ia sampai harus "mengungsi" ke tanah airnya di Prancis. Alex Ferguson sampai harus membujuknya agar mau bermain lagi karena serangan media dan publik Inggris. Beruntung Cantona tak dihukum penjara dan hanya harus melakukan aksi sosial selama 120 jam sebagai hukumannya.

Tindakan Cantona itu memang di luar dugaan. Kendati sudah dikenal sebagai pemain temperamen, aksi itu tetap saja menghebohkan. Berikut kesaksian beberapa orang yang melihat langsung kejadian itu, seperti disarikan oleh Daily Mail.

Andy Cole (saat itu pemain Manchester United)

Aku tidak percaya dengan apa yang aku lihat. Siapa pun yang melihatnya, satu-satunya tanggapan rasional yang diberikan adalah "wow". Kami semua berlari (mendekat) untuk mengetahui apa yang terjadi, khususnya ingin tahu apa yang membuatnya melakukan hal itu. Apakah ia dipukul atau bagaimana? Saya sudah lupa apa yang kemudian dikatakan manajer (Fergie) di ruang ganti.

Jonathan Pearce (saat itu menjadi komentator pertandingan di Capital Gold Radio)

Cantona dikeluarkan! Adakah tempat dalam permainan sepakbola untuk laki-laki dengan bakat yang luar biasa tapi punya temperamen buas sepertinya? Seorang pria yang kini... Ya ampun! Dia menendang.... Dia memukul seorang fans. Eric Cantona (barusan) telah melompat dan menendang kungfu seorang fans!

Saya tak pernah melihat kejadian memalukan seperti ini sepanjang karir saya di sepakbola. Eric Cantona harus diusir keluar dari permainan.

Baca kisah-kisah menarik Eric Cantona lainnya:

Lahirnya Seorang Raja
Pembelaan Cantona untuk Kaum Muslim Sedunia
Saat Cantona Menyerang Piala Dunia
Misteri Kalimat Paling Terkenal Eric Cantona
Ketika Cantona Berkelahi di Jalanan
Nasib Korban Tendangan Kungfu Cantona
Van Gaal Memang Butuh Sosok Cantona


Alan Wilkie (saat itu menjadi wasit yang memimpin pertandingan)

Orang banyak yang bilang (pemain) Palace sudah mencurangi Cantona, tapi itu tidak benar. Seorang saya, Cantona hanya diganggu dua kali di babak pertama. Kemudian ia menendang Richard Shaw (yang membuatnya diusir wasit).

Saat itu Schmeichel menendang bola ke pertahanan Palace. Hanya ada dua pemain di sana, Shaw dan Cantona. Mereka menyambut bola bersamaan, tapi Shaw lebih cepat. Cantona lalu menendang Shaw, jadi saya keluarkan dia dari lapangan.

Saya tidak melihat saat ia menendang fans karena saat itu aku sedang berbicara dengan Andy Cole yang mengatakan bahwa saya telah mengambil keputusan yang tidak tepat.

Seorang asisten (wasit) menceritakan pada saya apa yang terjadi, tapi itu terjadi ketika saya melihat (tayangan ulang) di CNN pada jam 2 pagi. (Saat melihat tayangan itu) Saya hanya berpikir: WOW.

Ned Kelly (saat itu kepala keamanan Man United)

Aku ikuti dia menuruni tangga dengan seorang sipir. Ketika kami berhenti, ia hanya menatapku dan mengangkat bahu. Kami masuk ke dalam sel dan duduk bersama-sama. Lalu sipir kepolisian datang dan bilang: "Dengar, jangan mengambil makanan dari sini. Aku akan ke jalan dan mencari beberapa McD dan kentang.

Aku pinjamkan telepon seluler padanya dan ia kemudian menelepon istrinya. Lalu kami berbicara dan dia bilang: "Aku tak bisa diganggu dengan cara seperti itu. Biarkan saya menjalani hukuman ini."

Saya bilang: "Tidak. Mari kita lihat seperti apa hasilnya."

Tapi dia terlihat sangat santai saat itu. Dia membuat beberapa tandatangan dan mengambil beberapa foto (untuk mengabadikan) keberadaannya di sana. Dia sangat keren di momen-momen itu.

Gareth Southgate (saat itu pemain Crystal Palace)

Sebuah pertikaian terjadi saat Eric diusir keluar. Lalu kami mendengar suara ribut dari kerumunan penonton dan kemudian melihat petugas keamanan berlari melintas. Kami tetap fokus pada pertandingan dan saya mencetak gol. Tapi dalam waktu cepat, ketika kami sudah berada di kamar ganti, saya tahu gol saya tidak akan pernah menjadi headline berita. (Cantona memang langsung menjadi headline, bahkan ucapannya mengenai kasus ini pun menjadi legenda dan jadi debat menarik. Simak cerita perihal kata-kata Cantona mengenai hal ini DI SINI)

Seberapa serius insiden itu baru kami sadari ketika kami meninggalkan kamar ganti. Pemain-pemain United berjejer di terowongan, mengenakan jas resmi United, tapi tak ada yang berbicara. Mereka sangat tenang dan sudah diperintahkan untuk tidak membuat komentar apa pun, tidak kepada kami, pers, tidak pada siapapun.

Sumber: DailyMail

Komentar