Ketika Pat Jennings Bolak-Balik Pindah Antara Arsenal dan Spurs

Klasik

by redaksi

Ketika Pat Jennings Bolak-Balik Pindah Antara Arsenal dan Spurs

Gambar di atas adalah momen yang terjadi pada 1979. Kiper Arsenal kala itu, Pat Jennings, berusaha mengantisipasi tendangan Graeme Souness di salah satu pertandingan First Division 1978-1979.

Pat Jennings termasuk salah satu kiper legenda yang dimiliki oleh The Gunners. Jennings bermain untuk Arsenal sebanyak 237 penampilan. Pemain asal Irlandia Utara ini sempat mencatat rekor sebagai pemain pertama dengan 1,000 penampilan di Football League.

Salah satu momen terbaik Jennings tahun 1979 adalah memenangkan FA Cup 1979 setelah mengalahkan Manchester United dengan skor 3-2. Pertandingan berlangsung ketat dan United bisa saja menjadi pemenang bila Jennings tidak bermain apik.

Yang menarik dari karir pemain yang kini berumur 68 tahun ini adalah pernah bermain juga untuk Tottenham Hotspur. Spurs sudah menjadi rival Arsenal sejak lama, namun Jennings sempat berpindah-pindah antara kedua klub ini. Jennings bermain 8 musim untuk Arsenal setelah sebelumnya membela Spurs selama 13 musim.

Anehnya, Jennings kembali lagi ke Spurs setelah menyatakan pensiun dari The Gunners. Walaupun bermain apik di Arsenal, mantan pemain Watford ini juga tak sungkan menunjukkan performa terbaiknya untuk The Lilywhites. Momen terbaik Jennings saat berkostum Spurs adalah mencetak gol ke gawang Manchester United  di FA Charity Shield 1967.

Foto: Buku A Photographic History of English Football, Tim Hill

(rd)

Komentar