Ketika Fergie Mendukung St. Johnstone

Klasik

by redaksi

Ketika Fergie Mendukung St. Johnstone

Sir Alex Ferguson identik dengan Manchester United. Tapi ada klub lain yang meninggalkan kesan tak terlupakan bagi Fergie: St. Johnstone.

Mantan manajer United dan Aberden ini ternyata mendukung St. Johnstone yang akan berlaga di final Scottish Cup 2014. The Saints, sebutan St. Johnstone, akan berhadapan dengan Dundee United yang akan dihelat hari ini. Klub asuhan Tommy Wright ini berhasil melaju ke partai final setelah menang 2-1 atas Aberdeen di babak semi-final.

Dukungan Fergie diberikan kepada Steve Brown, direktur St. Johnstone, yang sangat menghormatinya. “Dia sangat rendah hati seperti saat dia di sini,” ujar Brown. The Saints jelas butuh dukungan seperti ini melawan rival kuatnya di partai puncak tersebut yang bisa disebut sebagai Tayside derby.

Bukan tanpa alasan Fergie berlaku demikian. Sewaktu bermain untuk St. Johnstone, mantan pelatih Aberdeen itu sempat mencetak 19 gol dalam 37 pertandingan. Posisi Fergie sebagai pemain memang seorang penyerang sehingga tak aneh rataan golnya lebih dari 0.5 gol per pertandingan kala memperkuat The Saints.

Kenangan dengan St. Johnstone yang paling membekas bagi Fergie adalah keputusan untuk tetap berada di Skotlandia. Sempat frustasi karena cedera dan jarang dimainkan, Fergie pernah berpikir untuk migrasi ke Kanada di tahun 1960-an. Namun, karena hattrick monumentalnya ke gawang Rangers, Fergie urung pindah ke benua Amerika.

Kesan mencetak gol ke gawang Rangers menjadi kenangan yang membekas kuat bagi Sir Alex Ferguson. Maklum, Rangers adalah klub favoritnya Fergie. Terlebih hattrick itu membuat kepercayaan diri Fergie sebagai pemain kembali bangkit. Maka, tak aneh jika Fergie memberi kata-kata doa untuk final pertama Scottish Cup bagi St. Johnstone.

Foto: backpagefootball.com

(rd)

Komentar