Daftar Pemain Timnas Indonesia 1938 -1965

Klasik

by Aqwam Fiazmi Hanifan

Aqwam Fiazmi Hanifan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Daftar Pemain Timnas Indonesia 1938 -1965

Hampir lebih dari dua ribu nama telah mencatatkan diri mereka sebagai bagian dalam tim nasional memerankan sebagai pemain. Namun dari sekian banyak nama itu kita selalu melupakan nama-nama yang sempat membela timnas di awal-awal masa PSSI masih tertatih-tatih membangun persepakbolaan nasional dari akhir dekade 1930-an hingga akhir tahun 1960-an.

Seperti diketahui pembentukan timnas pertama terjadi pada tahun 1937, saat dimana timnas Indonesia dibentuk dengan tujuan untuk menghadapi klub Nan Hwa dalam sebuah pertandingan ujicoba.  Isi kesebelasan itu didominasi oleh pemain-pemain dari klub PSIM Yogyakarta dan Persis Solo. Seiring berkembangnya waktu dan kemerdekaan yang diraih bangsa ini, seiring itu juga keragaman pemain dari berbagai pelosok daerah mulai menghuni bangku timnas.

Keberagaman itu tak hanya sebatas geografis saja, berbagai macam suku bangsa mulai dari etnis Jawa, Sunda, Ambon, Minang, Bugis, China bahkan warga negara Belanda yang memilih jadi WNI pun hadir di timnas. Inilah daftar pemain timnas dari tahun 1938 hingga tahun 1965. Data-data di bawah ini berdasarkan tahun masuknya pemain itu ke dalam timnas. Jadi jika anda mendapatkan misalnya di tahun 1958 hanya ada tujuh nama yang tercatum hal itu bukan menandakan bahwa skuat timnas berjumlah tujuh orang, tapi di tahun itu tujuh orang itu hadir melengkapi skuat-skuat di tahun-tahun sebelumnya.

Data-data ini di bawah didapat dari sumber buku ulang tahun PSSI ke 50, yang diterbitkan pada tahun 1980. Total ada 250 nama:

[table id=3 /]

Komentar