10 Pemain Terbaik Piala Dunia

Klasik

by redaksi

10 Pemain Terbaik Piala Dunia

6. Franz Beckenbauer 

Dua kali menjuarai Piala Dunia, satu ketika sebagai pemain (1974) dan satu lagi ketika menjadi pelatih (1990). Libero timnas Jerman ini dijuluki ‘Der Kaiser’ karena ia menjadi pemain paling berpengaruh bagi sepakbola Jerman.

[video id="TWJap_smAxY" site="youtube"][/video]

7. Johan Cruyff 

Meski tak sekalipun menjuarai Piala Dunia, nama Cruyff membuat Piala Dunia 1974 menjadi lebih atraktif dengan ‘Total Football’-nya. Bersamanya, Belanda berhasil menembus final setelah menaklukan tim kuat seperti Uruguay, Argentina dan Brasil.

[video id="e8yCT7xxYOg" site="youtube"][/video]

8. Eusebio 

Piala Dunia mengingatnya setelah pada 1966 ia menjadi penentu kemenangan Portugal  saat berhadapan dengan Korea Utara. Ketika itu, Portugal sempat tertinggal 3-0 sebelum Eusebio mencetak 4 gol dalam 30 menit. Meski gagal menjadi juara, Eusebio mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dengan 9 gol.  Ia meraih Ballon d’Or pada 1965.

[video id="agmUnnjM8eQ" site="youtube"][/video]

9. Lev Yashin

Satu-satunya kiper yang dinobatkan menjadi pemain terbaik Eropa. Namanya mencuat ketika melakukan beberapa penyelamatan gemilang ketika menghadapi Brasil pada babak penyisihan Piala Dunia 1958. Prestasi terbaik Lev Yashin adalah membawa Uni Soviet menjadi peringkat keempat pada Piala Dunia 1966.

[video id="7M5-KwYvWPQ" site="youtube"][/video]

10. Giuseppe Meazza

Meazza merupakan pemain terbaik sepanjang sejarah Italia. Bermain dua kali di Piala Dunia, ia berhasil menjuarai keduanya. Penyerang mungil ini menciptakan assist gol Angelo Schiavio ketika mengalahkan Czechoslovakia pada final Piala Dunia 1934. Pada Piala Dunia 1938 pun ia berjasa besar setelah mencetak gol tunggal ketika Italia mengalahkan Brasil di semi final. Ia meninggal pada 1979. Sebagai bentuk penghargaan pada Meazza, AC Milan dan Inter Milan mengganti nama stadion mereka dengan namanya.

[video id="F9dQ81W91GM" site="youtube"][/video]

foto: dailymail.co.uk

[ar]

Komentar