Di Mana Saja Ada Iklan Saat Liga Champions?

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Di Mana Saja Ada Iklan Saat Liga Champions?

Sepakbola dan Industri kini terus berkembang dan semakin melekat antara satu yang lainnya. Hampir semua produk seperti jasa penerbangan, media massa, peralatan elektronik, sampai rumah judi pun mulai berdesak-desakan mencari peluang serta keuntungan di ranah sepakbola. Tak terhitung lagi berapa biaya mereka sekali menempatkan produk mereka di stadion saat ini.

Dalam buku “Show Me the Money” yang ditulis oleh Esteve Calzada, mantan kepala pemasaran (marketing) FC Barcelona, ia banyak menjelaskan bagaimana uang berputar dalam sepakbola termasuk posisi-posisi yang “dihalalkan” ketika papan demi papan iklan akan ditempatkan terutama di laga-laga kompetisi Eropa seperti Liga Champions UEFA. Hampir semua porsi di stadion, bahkan tempat latihan hingga kostum pemain pun, tak luput dari iklan-iklan yang hinggap di sepakbola saat ini. Kesebelasan-kesebelasan besar yang berlaga di Liga Champions sudah barang tentu menaati peraturan ini.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Sejauh pengalaman saya mengunjungi stadion beberapa waktu yang lalu, pada pagelaran Piala AFC yang melibatkan Persib Bandung di musim ini, saya melihat banyak perbedaan ketika laga level Asia digulirkan dengan laga lokal ketika Persib bermain. Yang paling jelas tentu porsi pemasangan sponsor di kostum pemain. Belum lagi jika Anda menyadari, produk sponsor yang dipasang di samping lapangan haruslah yang berafiliasi dengan pihak AFC. Ini seperti suatu keharusan yang wajib ditaati oleh seluruh kontestan.

Belum lagi ketika kita menyaksikan pertandingan melalui televisi, iklan demi iklan juga hampir selalu muncul di tengah pertandingan, tak terkecuali ketika water break saat Piala Presiden dan Piala Jenderal Sudirman yang terkesan dipaksakan dan berlebihan. Padahal, tanpa adanya iklan di televisi tersebut, sebenarnya kita sudah bisa melihat banyak iklan dari stadion tempat pertandingan berlangsung, yang tentunya disorot oleh kamera dan disajikan ke televisi.

Berikut kami coba paparkan mapping atau penempatan dari iklan-iklan serta sponsor saat laga Liga Champions UEFA berdasarkan buku “Show Me the Money” yang ditulis oleh Esteve Calzada secara singkat dan jelas dalam infografis di bawah ini.

iklan di stadion
(Sumber ilustrasi stadion 3D: turbosquid.com)

Komentar