Serba-serbi Kompetisi Copa America 2015

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Serba-serbi Kompetisi Copa America 2015

Sembilan puluh sembilan tahun sudah umur dari kompetisi Copa America. Kompetisi antar negara benua Amerika Selatan tersebut bahkan lebih tua dari kompetisi antar negara dunia yaitu Piala Dunia yang baru digelar tahun 1930 di Uruguay. Kini di edisi ke 44-nya, Copa America akan dihelat di negara Chili, salah satu negara yang tidak pernah menjuarai kompetisi ini sejak awal hingga sekarang.

Sejak awal berdirinya, Copa America telah memainkan sebanyak 725 partai dan menghasilkan 2381 gol dengan rata-rata 3,28 gol per-pertandingan. Dari ribuan gol yang tercipta, nama Roberto Mendez (Argentina) dan Zizinho (Brasil) telah membukukan masing-masing 17 gol di kompetisi ini dan menahbiskan diri mereka sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah gelaran Copa America.

Sebagai tuan rumah kali ini, Chili tentu berambisi untuk merengkuh trofi ini di depan pendukung mereka sendiri. Sudah 167 partai mereka lewati di Copa America tapi masih belum mampu menghasilkan gelar sebiji pun. Apalagi dengan sokongan pemain-pemain yang berlaga di Eropa seperti Alexis Sanchez, Arturo Vidal sampai sang kapten Claudio Bravo, tentu mereka menjadi salah satu favorit juara disamping tim flamboyan Amerika Selatan seperti Argentina atau Brasil.

Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja kompetisi ini, apalagi pasca liburnya kompetisi liga-liga Eropa. Sebagai sedikit panduan, kami mencoba menyajikan infografis singkat tentang gelaran Copa America di bawah ini:

Klik gambar dua kali untuk memperbesar
Klik gambar dua kali untuk memperbesar

Infografis diolah dari berbagai sumber

Jadwal siaran langsung Copa Amerika dapat anda baca di sini

Komentar