Pangeran yang Tak Tertandingi Sepanjang Sejarah Derby Roma

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pangeran yang Tak Tertandingi Sepanjang Sejarah Derby Roma

Tampaknya kita tak perlu mengkaji ulang bahwa Francesco Totti adalah seorang pangeran kota Roma. Mungkin hanya pendukung Lazio saja yang tak setuju dengan pendapat tersebut karena Totti memang ikon dari kesebelasan rival abadi mereka, AS Roma.

Pertemuan sang kapten AS Roma dengan Lazio tercatat sudah memasuki kepala empat. Sebanyak 40 pertandingan sudah dilakoni Totti melawan Lazio di segala ajang. Jika dikerucutkan hanya di kancah Serie A saja, Totti sudah bersua 35 kali. Laga malam nanti akan menjadi pertemuannya yang ke 36 melawan Lazio di Serie-A. Dengan catatan, tentu saja, jika ia dimainkan Rudi Garcia.

Baca juga tulisan kami yang lainnya tentang Francesco Totti:


Jumlah tersebut menjadi rekor terbanyak yang pernah dicatatkan seorang pemain sepanjang sejarah pertemuan Derby Della Capitale. Belum lagi ia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam pertemuan sengit kedua kesebelasan ini. Sebanyak 11 gol ia gelontorkan dan mungkin akan terus bertambah jika para pemain Lazio tak waspada dengan pergerakan Totti di lapangan nanti. Karena dalam sejarahnya, jika Totti mencetak gol ke gawang Lazio, kesebelasan AS Roma belum pernah sekalipun menderita kekalahan.

Hal tersebut bisa dilihat, misalnya, dalam pertemuan pertama Derby Della Capitale musim ini, Totti menjadi sosok sentral pertandingan tersebut. Dua golnya menjadi penanda kembalinya AS Roma yang saat itu sudah tertinggal 0-2 dari Lazio. Jangan lupakan juga bagaimana dia merayakan golnya ke gawang Lazio dengan melakukan selfie di hadapan ribuan tifosi Roma yang hadir di tribun saat itu.

Menjadi pemain tersering tampil dan pencetak gol terbanyak dalam pertandingan sekelas derbi mungkin sudah cukup bagi Totti untuk menahbiskan dirinya sendiri sebagai penguasa kota Roma. Sebagai gambaran, kami mencoba menyajikan infografis singkat mengenai Francesco Totti di bawah ini:

Totti copy
Klik dua kali untuk memperbesar gambar



Komentar