Pemain-Pemain Bebas Transfer Liga Inggris

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pemain-Pemain Bebas Transfer Liga Inggris

Memasuki fase akhir kompetisi-kompetisi di benua Eropa, ada pemain-pemain yang akan menghadapi sisa-musim ini dengan lesu. Ya, mereka adalah pemain-pemain yang habis kontraknya dan berpeluang menjalani karir tanpa membela kesebelasan manapun jika memang musim depan tidak ada kesebelasan lain yang minat untuk menggunakan jasanya.

Kompetisi liga Inggris pun begitu. Sejumlah pemain sedang menghitung hari-hari terakhirnya bersama kesebelasan yang ia bela saat ini. Sebut saja seperti Kolo Toure, Joey Barton, Danny Ings sampai Didier Drogba berpeluang akan berganti kesebelasan jika kontrak baru tak juga hadir. Bahkan lebih tak hanya mereka, tercatat ada total 75 nama yang habis masa kontraknya dari bebagai kesebelasan di liga Inggris.

Posisi mistar gawang tercatat nama tenar seperti Brad Friedel yang memperkuat Tottenham Hotspur, Brad Jones yang masih membela Liverpool, dan Ben Amos, kiper ketiga Manchester United. Di lini pertahanan, nama Ron Vlaar yang bersinar bersama kesebelasan nasional Belanda pun bernasib serupa. Ia, bersama trio bek Liverpool, Kolo Toure, Jon Flanagan dan Glen Johnson, akan menjadi bek yang cukup diminati.

Selanjutnya, pemain pada posisi lini tengah kebanjiran oleh pemain-pemain yang cukup berpengalaman. Mathieu Flamini, Esteban Cambiasso, Tom Cleverley, James Milner sampai si bengal Joey Barton akan berstatus bebas transfer akhir musim ini. Sedangkan pada posisi penyerang, bercokol nama seperti Didier Drogba, Darrent Bent, Ameobi bersaudara dan top skor kesebelasan Burnley, Danny Ings.

Nama-nama di atas tentunya menjadi sasaran empuk bagi kesebelasan yang ingin merekrut pemain secara gratis dari kesebelasan lamanya tanpa harus mengeluarkan biaya transfer. Apalagi jika pemain yang didapat adalah pemain bertalenta seperti James Milner, Mathieu Flamini atau bahkan Didier Drogba yang dapat menambal kebutuhan kesebelasan untuk musim berikutnya.

Lalu, bagaimana jika nama-nama diatas dijadikan dalam satu susunan formasi?  Dengan jumlah 75 orang, maka diprakirakan akan bisa memuat enam kesebelasan dan bersisa sembilan orang. Atau, jika diasumsikan satu tim yang berisikan 23 orang, maka bisa dibuat dalam tiga tim secara utuh. Namun di bawah ini, kami memilih 22 pemain berkualitas yang tampaknya akan diperebutkan banyak kesebelasan pada bursa transfer musim panas mendatang. Siapa sajakah mereka?

Susunan pemain bebas transfer (bag. 1 - tim merah)
Susunan pemain bebas transfer (bag. 1 - tim merah)
Susunan pemain bebas transfer (bag. 2 - tim biru)
Susunan pemain bebas transfer (bag. 2 - tim biru)

(RALAT): Brad Friedel menyatakan gantung sepatu di akhir musim ini dan susunan pemain bagian pertama (tim merah) telah diganti menjadi Ben Amos di posisi penjaga gawang.

Diolah dari berbagai sumber

Komentar