Kiper-kiper yang Sukses Menjadi Pelatih

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kiper-kiper yang Sukses Menjadi Pelatih

Pelatih, coach, enterenador, allenatore atau apapun sebutannya merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang bertanggung jawab terhadap sebuah kesebelasan. Pelatih-pelatih sepakbola kini cukup banyak yang sempat menjalani karirnya sebagai pesepakbola saat mudanya dulu. Namun, tak jarang juga pelatih yang non-pemain sepakbola yang berhasil sukses menapaki dunia kepelatihan ini.

Josep Guardiola, Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Luis Enrique adalah segilintir dari pelatih yang merupakan pesepakbola. Namun dari sejumlah pelatih eks pemain ini, biasanya mereka berperan sebagai pemain tengah, penyerang ataupun berposisi menjai bek saat masa jayanya dulu.

Bagaimana dengan pelatih eks kiper? Adakah pelatih sukses yang dahulunya bermain sebagai kiper?

Tercatat, ada beberapa nama kiper yang melanjutkan karirnya menjadi seorang pelatih seperti Dino Zoff, Julen Lopetegui, Bruce Arena, David James, Peter Shilton, Mike Walker, Bryan Gunn, Nigel Adkins sampai nama legendaris Raymond Goethals. Sayangnya, tak semuanya menapaki kesuksesan.

Kami juga menuliskan beberapa cerita tentang kiper dalam artikel lainnya, seperti:


Berikut kami pilihkan beberapa nama kiper yang sukses menjadi pelatih dalam sajian infografis dibawah ini:

kiper - manager copy

Sumber: 


  • https://talksport.com/magazine/top-ten/2011-10-06/goalkeepers-turned-managers-david-james-bryan-gunn-peter-shilton-mike-walker-dino-zoff-and-more

  • https://www.theguardian.com/football/2007/sep/19/theknowledge

Komentar