Empat Pemain yang Bersinar di UEFA Youth League

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Empat Pemain yang Bersinar di UEFA Youth League

Liga Champions Eropa U19 atau yang lazim disebut UEFA Youth League hampir mencapai puncaknya. Kompetisi edisi kedua ini sudah hampir memasuki fase akhir turnamen yaitu babak semi-final dan final. Empat kesebelasan yang siap merebutkan jatah dua tiket laga final adalah Chelsea, AS Roma, Shakhtar Donetsk dan Anderlecht. Musim lalu, 2013/2014, FC Barcelona dengan akademi La Masia-nya berhasil menduduki tahta tertinggi di kancah ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah setelah mengalahkan Benfica di final.

Bakat-bakat emas usia muda selalu muncul dari kompetisi ini. Munir El-Haddadi yang menjadi tulang punggung FC Barcelona U19 dengan gol-golnya, berhasil memikat Luis Enrique selaku pelatih kesebelasan senior Barca untuk memberinya debut resmi di La Liga beberapa bulan selang ia menjuarai kompetisi UEFA Youth League. Belum lagi arsitek kesebelasan nasional Spanyol, Vicente del Bosque, yang juga memberi debut pada Munir di kesebelasan senior Spanyol pada 2014 lalu.

Apa yang terjadi pada Munir adalah sedikit hasil dari pembinaan pemain muda yang dilakukan oleh klub-klub Eropa dan keikutsertaan mereka dalam kompetisi. Dan pada UEFA Youth musim ini, empat kesebelasan yang berlaga di semifinal pun mempunyai talenta-talenta emas yang mungkin nantinya akan bersinar di masa depan.

Catatan khusus mesti disematkan kepada Dominic Solanke (Chelsea) dan Aaron Leya Iseka (Anderlecht).  Keduanya merupakan pemegang top skor kompetisi UEFA Youth League musim ini dengan gelontoran 9 gol. Solanke sendiri pernah mencicipi debut resmi di UEFA Champions League musim ini saat Chelsea menghadapi NK Maribor di babak fase grup yang berkesudahan 6-0.

Namun demikian, dua nama lainnya tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Andriy Boryachuk (Shakhtar Donetsk) dan Toni Sanabria (AS Roma) pun bisa memberikan kejutan untuk lawan-lawannya di semi-final. Sanabria juga tercatat sudah melakoni debut resminya bersama kesebelasan senior AS Roma di bulan Februari lalu menggantikan sang pangeran, Francesco Totti saat menjamu Cagliari.

Berikut kami sajikan beberapa data dan fakta tentang penampilan empat pemain tersebut dalam sajian infografis di bawah ini;

Player To Watch UYL copy

Jadwal UEFA Youth League (live Eurosport):

Jumat, 10 April 2015


  • Semi-final 1: Anderlecht vs Shakhtar Donetsk (Kick Off: 13.00 CET / 18.00 WIB)

  • Semi-final 2: AS Roma vs Chelsea FC (Kick Off : 17.15 CET / 22.15 WIB)


Senin, 13 April 2015

  • Final: Pemenang semi-final 1 vs Pemenang semi-final 2 (Kick Off: 16.00 CET / 21.00 WIB)

Komentar