Pandit FPL : Pemain Spekulatif Gameweek 21

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Pemain Spekulatif Gameweek 21

Sebelas pemain unggulan telah kami rekomendasikan lengkap dengan uraian data dan fakta pendukung. Kini waktunya merekomendasikan para pemain spekulatif.

Ada 4 nama pemain yang sifatnya spekulatif dan bisa ditempatkan sebagai pemain cadangan. Masing-masing 1 pemain dari setiap posisi. Terlepas dari formasi susunan pemain inti yang digunakan.

Jangan sampai terlewat bahwa tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-21 akan ditutup pada hari Senin, 21 Januari 2023 pukul 18.00 WIB.

Wayne Hennessey (NFO)

Manajer FPL tidak memiliki banyak plijhan untuk mencari seorang kiper diferensial karena hampir semua kiper yang bermain reguler sudah banyak diambil. Tapi, Hennesey menjadi kandidiat terkuat dengan angka kepemilikan mencapai 1,6 persen saja. Jika dilihat performanya, Hennessey menjadi pilihan utama pasca Dean Henderson menderita cedera paha berkepanjangan.

Salah satu keunggulan Hennesey adalah calon lawan nya, yaitu Bournemouth. Belum banyak data statistik yang mampu menguatkan alasan pemilihan Hennesey. Tapi, melihat performa Bournemouth yang selalu kalah dalam 4 pertandingan terakhir dengan catatan angka harapan gol (xG) terendah, maka risiko Hennesey semakin rendah sebagai pemain spekulatif.

Manuel Akanji (MCI)

Ruben Dias dan John Stones yang mendekam di ruang perawatan menjadikan Manuel Akanji mendapatkan kursi utama sebagai bek utama Manchester City bersama Nathan Ake atau Aymeric Laporte. Berkaca pada potensi clean sheet Manchester City melawan Wolves, maka Akanji bisa dipilih sebagai bek spekulatif.

Akanji baru dipilih oleh 2,0 persen manajer. Harapannya ia akan mendapatkan poin clean sheet karena Wolves merupakan tim denegan serangan paling buruk. Risikonya adalah kolektivitas lini belakang City yang kian menurun sehingga ada kemungkinan City kehilangan poin clean sheet.

Leon Bailey (AVL)

Para manajer tentu ingat dengan Leon Bailey. Para manajer berbondong-bondong mengambil Bailey pada gameweek pertama FPL musim ini. Harapan para manajer perlahan memudar karena performa Bailey tidak secemerlang yang dibayangkan. Tapi, kali ini kami kembali memasukan nama Leon Bailey sebagai salah satu pemain spekulatif.

Alasan utamanya adalah pada gameweek ke-21 ini Aston Villa akan menghadapi sang juru kunci, Southampton. Aston Villa yang tidak terkalahkan dalam 3 laga terakhir dapat menjadi modal penting. Mereka bahkan mencetak 5 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

Saat ini Bailey hanya dipilih oleh 4,1 persen manajer sehingga cocok dipilih sebagai gelandang diferensial. Pekan lalu, Bailey mencetak 1 gol sehingga mengumpulkan 12 poin. Jika meneropong lebih jauh, Unai Emery nampaknya cocok dengan gaya main Bailey. Terbukti dalam 4 pertandingan terakhir ia selalu bermain di atas 60 menit.

Brennan Johnson (NFO)

Pekan lalu, Johnson mencetak 2 gol ke gawang Leicester City sehingga menyumbang 12 poin untuk para manajer. Bekal tiga laga tanpa kekalahan harapannya menjadi modal mental bagi Brennan dan rekan-rekannya untuk memenangkan pertandingan sehingga aset-aset Nottingham Forest mencetak banyak poin.


Brennan hanya dimiliki oleh 1,2 persen manajer sehingga cocok dipilih sebagai penyerang diferensial atau spekulatif. Jika melihat statistik, Brennan selalu bermain lebih dari 60 menit. Terakhir kali bermain kurang dari 60 menit adalah pada gameweek ke-14 kala bertandang ke Emirates Stadium. Selain Brennan, adan Awoniyi atau Emanuell Dennis yang bisa dipertimbangkan sebagai penyerang spekulatif dari Nottinham Forest.

Komentar