Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 21

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 21

Mengingat hasil analisis jadwal pekan ini akan banyak poin yang hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan 5 gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-21 akan ditutup pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 pukul 18.00 WIB.

Kevin De Bruyne (MCI)

Bisa dibilang gameweek kali ini merupakan kesempatan terakhir bagi Kevin De Bruyne untuk membuktikan diri mengingat lawan yang akan dihadapi termasuk yang terlemah. Pasca Piala Dunia 2022, perolehan poin Kevin De Bruyne menurun drastis. Dalam 4 pertandingan terakhir, De Bruyne tidak mencetak gol atau asis sehingga ia hanya mengumpulkan 9 poin. Jumlah tersebut jauh di bawah gelandang-gelandang lain yang harganya jauh lebih murah. Padahal, De Bruyne tergolong sebagai salah satu gelandang premium.

Kendati demikian, pada pertandingan terakhir De Bruyne tidak bermain sama sekali padahal City bertemu lawan yang cukup kuat yaitu Tottenham Hotspur. Ada indikasi Pep ingin mengistirahatkan KDB sehingga ia bisa tampil dengan performa terbaiknya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mempertahankan posisi KDB sebagai gelandang unggulan meski sedikit berisiko.

Secara statistik, Kevin De Bruyne masih menjabat sebagai gelandang paling kreatif sekaligus mengancam. Gelandang asal Belgia tersebut tercatat sebagai gelandang yang paling sering menciptakan peluang (58 peluang) dan 52 umpan kunci. TIdak hanya itu, KDB juga mencatatkan 45 tembakan dari 18 laga, terbanyak kelima dari semua gelandang.

Bruno Fernandes (MUN)

Marcus Rashford sempat menjadi primadona bagi para manajer akibat performa impresifnya pasca jeda Piala Dunia 2022. Tapi, di pertandingan terakhir Rashford mengalami penurunan dan diperkirakan masih berlanjut apalagi mereka akan bertandang ke Emirates Stadium. Oleh karena itu, kami mencari aset Manchester United yang sedang mengalami peningkatan performa, yaitu Bruno Fernandes.

Bruno meraih 19 poin di double gameweek lalu. Perolahan Bruno bahkan melebih perolehan poin Rashford dan Haaland yang menjadi aset paling banyak dipilih sebagai kapten. Berstatus sebagai kapten, tempat Bruno hampir dipastikan selalu aman. Ia juga menjabat sebagai eksekutor tendangan bebas sehingga bisa mencetak poin menyerang dari berbagai situasi.

Berkaca pada statisti, Bruno telah melepaskan 39 tembakan dari 18 pertandingan namun hanya terkonversi menjadi 4 gol. Soal kreativitas, Bruno hanya kalah dari Kevin De Bruyne dengan catatan 49 chances created.

Martin Odegaard (ARS)

Ketika menghadapi gameweek yang mempertemukan dua tim kuat, salah satu triknya adalah tidak memilih bek dari kedua tim tapi pilih gelandang atau penyerang dari kedua tim. Tujuanya untuk mengurangi risiko jika pada pertandingan tersebut tercipta banyak gol.

Oleh karena itu, selain memasukan nama Bruno Fernandes, kami merekomendasikan lawannya, yaitu Martin Odegaard. Tanpa disadari, Odegaard berstatus sebagai gelandang dengan raihan poin tertinggi, yaitu 112 poin melebih semua gelandang premium dan mantan gelandang murah berprestasi, Miguel Almiron.

Solly March (BRI)

Kepindahan Leandro Trossard ke Arsenal secara tidak langsung memperbesar peluang gelandang Brighton lain meraih kesempatan lebih banyak. Jika anda memiliki Kaoru Mitoma, ia layak dimainkan. Tapi, aset yang paling potensial adalah Solly March.

March mencetak 44 poin dari 4 gameweek terakhir. Jika melihat lawan, Leicester berpotensi akan banyak terancam karena catatan di kandang cukup buruk dengan hanya memenangkan 5 pertandingan dari 9 laga kandang. Sementara Brighton justru jauh lebih konsisten terutama dalam mencetak gol. Salah satu yang paling rajin mencetak gol dari 4 gameweek terakhir adalah Solly March dengan catatan 4 gol dari 5 tembakan tepat sasaran. Sangat efektif.

Morgan Gibbs-White (Nottingham Forest)

Gameweek ke-21 mempertemukan dua tim promosi yaitu Bournemouth dan Nottingham Forest. Bournemouth sebagai tuan rumah menderita 4 kekalahan beruntun sementara Forest berhasil mencatatkan tiga laga tanpa kekalahan. Kontras dari dua tim ini menjadi alasan dasar pemilihan Morgan Gibbs-White sebagai gelandang unggulan.


Gibbs White pekan lalu mencetak 2 asis sehingga menyumbang 10 poin kala menjamu Leicester City. Posisi Gibbs-White di lini tengah tidak tergantikan sehingga besar kemungkinan ia akan mendapatkan 60 menit bermain. Ia tercatat sebagai gelandang Nottingham Forest yang paling sering mengancam dengan catatan 8 tembakan pada 4 gameweek terakhir. Oleh karena itu, jika anda tertarik mengambil aset The Forest, maka Gibss-White layak dipertimbangkan.

Komentar