Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 18

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Gelandang Unggulan Gameweek 18

Mengingat hasil analisis jadwal pekan ini akan banyak poin yang hadir dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka, kami merekomendasikan 5 gelandang yang berpotensi menyumbang banyak poin.

Sebelum kami merekomendasikan para gelandang unggulan, kami ingatkan terlebih dahulu tenggat waktu pemilihan pemain untuk gameweek ke-18 akan ditutup pada hari Sabtu, 31 Desember 2022 pukul 01.15 WIB.

Mohamed Salah (LIV)

Satu hal yang harus menjadi perhatian para manajer untuk memilih pemain Liverpool adalah pertaruhan anggaran. Pemain Liverpool praktis tidak ada yang murah mulai dari kiper hingga penyerang. Pekan ini mereka akan bermain kandang melawan Leicester City. Oleh karena itu, kami merekomendasikan nama Mohamed Salah karena sebagai gelandang premium, Salah mulai mampu diandalkan.

Jika bermain kandang, Salah merupakan gelandang terbaik dalam mengancang gawang lawan. Ia melepaskan 34 tembakan yang 22 diantaranya tepat sasaran. Tidak ada gelandang lain yang menyamai catatan tersebut hingga pekan ke-17. Pilihan lainnya hampir tidak ada. Harvey Elliott, Fabio Carvalho berkontribusi positif tapi dalam sudut pandang FPL, mereka belum layak.

Phil Foden (MCI)

Saat ini sangat sulit menebak bagaimana Pep Guardiola merang susunan sebelas pertamanya. Pekan lalu, ia tidak memasang Phil Foden dan Bernardo Silva. Kemungkinan besar atas alasan level kebugaran. Padahal Foden merupakan salah satu pemain Manchester CIty yang sangat produktif.

Foden ketika bermain di Etihad Stadium menjadi gelandang paling produktif dengan catatan 6 gol. Catatan tembakannya sedikit di bawah Salah yaitu 24 tembakan pada laga kandang. Ia lebih sering beroperasi sebagai sayap kiri tapi mampu bermain di belakang penyerang juga. Versatilitas Foden bisa menjadi poin tambahan. Meski tidak ada satu orang pun yang mampu menjamin posisi Foden, harapannya kali ini Pep memainkan Foden.

Martin Odegaard (ARS)

Berbeda dengan pemilihan pemain City, pemilihan pemain Arsenal bukan soal rotasi atau menit bermain. tapi giliran siapa yang cetak gol. Hal ini tercermin mereka menjadi satu-satiunya tim yang memiliki 4 pemain pencetak 5 gol yaitu Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, Martin Odegaard, dan Gabriel Jesus. Oleh karena itu, jika anda memiliki satu dari empat nama di atas, layak dipertahankan.

Pekan ini kami menilai Martin Odegaard lebih layak karena catatan tandang Odegaard yang lebih baik dari tiga lainnya. Ketika bermain tandang, Odegaard menjadi gelandang Arsenal yang paling sering mengancam dengan total 36 tembakan. Odegaard juga telah mencetak total 4 gol ketika tandang. Oleh karena itu, kami tidak ragu untuk mengajukan nama Martin Odegaard sebagai salah satu gelandang unggulan.

Miguel Almiron (NEW)

Tanpa ada yang menyangka ternyata konsistensi Miguel Almiron bertahan hingga pekan ke-17. Predikat pemain murah paling berprestasi layak didapatkannya. Almiron tercatat sebagai gelandang pertama yang menembus poin di atas 100 yaitu 101 poin. Sembilan lebih banyak dari Kevin De Bruyne. Tidak hanya itu, Almiron hanya dibanderol kurang dari 5,8 juta pounds. Jauh lebih murah dibanding De Bruyne. Oleh karena itu, pemilihan Almiron di GW-17 akan menjadi keputusan yang sangat bijak.

Almiron tercatat tidak pernah blank dalam 6 gameweek terakhir. Bahkan, ia sempat mendapatkan poin 10 atau di atas 10 pada 3 gameweek beruturut-turut. Prestasi ini belum pernah dicapai oleh semua gelandang di Liga Inggris di musim ini.

Andreas Pereira (FUL)

Perlu diingat bahwa gameweek ke-19 nanti akan ada dua tim yang mendapatkan double gameweek yaitu Fulham dan Chelsea. Oleh karena itu, akan bijaksana jika memiliki minimal satu pemain dari dua tim tersebut. Untuk pemain Fulham, kami menyarankan nama Andreas Pereira sebagai gelandang unggulan.

Ia tidak terlihat di radar padahal, secara statistik ia punya capaian yang cemerlang, terutama ketika bermain kandang. Pereira tercatat sebagai salah satu pemain yang paling banyak menciptakan umpan kunci ketika bermain kandang, yaitu 20 umpan. Tidak hanya itu, ia tercatat sebagai gelandang yang paling rajin menciptakan peluang ketika bermain kandang dengan total 11 peluang. Oleh karena itu, kami tidak ragu mengusulkan nama Pereira.

Komentar