Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 10

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 10

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek kesepuluh. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka dari itu, kami menggunakan formasi 3-4-3 khusus untuk gameweek kesepuluh. Jangan lupa, gameweek kesepuluh akan ditutup pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 pukul 19.30

>

Nick Pope (NEW)

Newcastle United hingga pekan ke 9 baru menderita satu kekalahan. Tidak hanya itu, skuad asuhan Eddie Howe ini hanya kebobolan 8 gol dari 8 pertandingan. Mereka hanya kalah dari Everton dalam urusan mencegah kebobolan.

Rekor tersebut tidak lepas dari peran Nick Pope sebagai penjaga gawang The Magpies. Ia menjadi salah satu kiper dengan penyelamatan terbanyak (30 penyelamatan dalam 8 pertandingan). Artinya, rata-rata penyelamatan yang Pope lakukan dalam satu pertandingan mencapai 3,75 penyelamatan. Seperti yang kita semua tahu bahwa seorang kiper akan mendapatkan 1 poin jika berhasil melakukan 3 penyelamatan. Lumayan.

Selain itu, perlu diingat bahwa Newcastle United akan menjamu Brentford di St James Park. Potensi clean sheet semakin besar karena skuad asuhan Thomas Frank gagal mencetak gol pada dua pertandingan terakhir. Maka dari itu, kami tidak ragu memilih Nick Pope sebagai kiper unggulan.

Reece James (CHE)

Sudah cukup lama kami tidak memilih bek Chelsea sebagai bek unggulan. Hal ini disebabkan karena Chelsea pada akhir masa kepelatihan Thomas Tuchel memiliki lini pertahanan yang tidak seimbang. Tidak heran jika mereka kebobolan 9 gol dari 6 pertandingan.

Tapi, Graham Potter perlahan menunjukan perkembangan di lini pertahanan The Blues meski belum sempurna. Selain itu, Reece James kini kembali bermain di posisi awal, yaitu bek sayap kanan. Dengan demikian, kapabilitas James sebagai bek sayap yang agresif dapat terakomodasi.

Reece James merupakan salah satu dari jajaran bek premium. Secara statistik, ia sangat berperan terhadap lini serang. Hingga pekan kesembilan, ia menjadi salah satu bek yang paling sering melepaskan umpan silang (36 kali dari 6 penampilan). Selain itu, ia sangat sering masuk ke area sepertiga akhir dengan catatan 200 sentuhan. James juga tercatat sebagai salah satu bek yang paling rajin mengirimkan umpan ke sepertiga akhir (112 kali).

Selain itu, Chelsea dan James akan menghadapi Wolverhampton Wanderers yang baru mencetak 1 gol dari 4 penampilan terakhir. Maka dari itu, Reece James memiliki potensi clean sheets yang besar sekaligus berpeluang mendapatkan poin dari aksi menyerang.





Kieran Trippier (NEW)

Potensi terbesar dari Kieran Trippier pada gameweek kesepuluh hadir dari poin clean sheet. Persis seperti yang telah diuraikan pada alasan pemilihan Nick Pope sebagai kiper unggulan. Potensi ini didukung dengan jaminan posisi Trippier di jajaran lini pertahanan Eddie Howe.

Selain potensi clean sheets, Trippier memiliki peluang untuk mendapatkan poin dari aksi menyerang. Hingga pekan kesepuluh, Trippier tercatat sebagai bek dengan penciptaan peluang terbanyak (15 peluang) yang dua diantaranya tergolong sebagai peluang besar. Selain itu, ia menjadi bek yang paling rajin mengiirmkan umpan silang (74 umpan) dengan akurasi 36,5%

Kurt Zouma (WHU)

Pemilihan Kurt Zouma terkesan terlalu spekulatif. Tapi, jika kita bersedia menilai secara objektif, ia cukup berpotensi untuk dapat mendulang banyak poin di gameweek kesepuluh. Salah satu contoh paling mudah adalah pekan lalu, Zouma dan West Ham United berhasil meraih clean sheet kala menjamu Wolverhampton Wanderers di kandang.

Perlu diingat bahwa pada gameweek kesepuluh, West Ham akan menjamu Fulham di kandang. Tim tamu kemungkinan besar tidak akan diperkuat Alexandar Mitrovic. Sehingga peluang Zouma meraih poin clean sheet cukup besar.

Komentar