Pandit FPL: Review Gameweek 6, Ragam Pilihan Posisi Penyerang

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL: Review Gameweek 6, Ragam Pilihan Posisi Penyerang

Harry Kane Gak Mau Kalah

Tottenham Hotspurs melanjutkan tren positifnya dengan mempertahankan status belum terkalahkan dalam 6 pekan pertama Liga Inggris musim 2022/2023. Berhadapan dengan Fulham, Antonio Conte memberikan kesempatan kepada Richarlison untuk bermain sejak menit pertama. Keputusan ini membuat manajer FPL yang memegang Kulusevski naik pitam karena ia dipastikan akan mendapatkan menit bermain di bawah 60 menit.

Selain Kulusevski, Antonio Conte menambah pemain dengan poin 1. Ia adalah Ivan Perisic (£5,6m) yang menggantikan Ryan Sessegnon (£4,4m) dan tidak berbuat banyak. Rotasi yang tak terhindarkan ini cukup membuat para manajer bingung. Hal ini seharusnya bisa disadari sejak awal karena musim ini Tottenham memiliki skuad yang cukup dalam. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya rotasi di setiap laga.

Menjamu Fulham, striker kedua tim bersaing untuk menarik perhatian para manajer. Harry Kane (£11,4m) berhasil mencetak 1 gol dan meraih 9 poin. Begitu juga dengan Aleksandar Mitrovic (£6,8m) yang juga menceploskan 1 gol dan meraih 5 poin. Kecemerlangan para penyerang berpotensi membuat para manajer sulit menentukan penyerang unggulan di setiap gameweek.

Podence Cetak Gol Tunggal

Wolves baru mencetak dua gol sebelum menjamu Southampton di Molineux Stadium. Ini adalah capaian terendah dari seluruh tim Liga Inggris hingga pekan kelima. Bruno Lage mengincar pesta gol untuk meningkatkan produktivitas dan menambah kepercayaan diri tim.

Daniel Podence (£5,5m) adalah pencetak gol tunggal dalam laga ini. Gol tersebut menandakan sebagai gol keduanya di musim ini. Padahal, musim lalu Podence salah satu pemain yang paling produktif di skuad Bruno Lage. Berkat golnya, Podence dianugerahi 11 poin.

Selain Podence, beberapa pemain yang perlu disoroti bisa anda temukan dalam laga ini. Salah satunya adalah Matheus Nunes. Pemain ini kami sebutkan juga pada video pemain unggulan yang tayang di kanal youtube Pandit Football Indonesia. Pada laga ini, Nunes berkontribusi besar terhadap lini serang Wolves. Selain asisnya kepada Podence, ia menjadi salah satu pemain yang paling sering mengirimkan umpan ke sepertiga lapangan akhir (14 kali). Pemain asal Portugal ini bisa menjadi salah satu opsi pemain diferensial untuk mendongkrak posisi di liga yang anda ikuti.

Manchester City Imbang tapi Haaland Tetap Cetak Gol

Aston Villa sanggup menahan imbang Manchester City di Villa Park dengan skor 1-1. Hasil ini menahan perolehan poin pasukan Pep Guardiola sehingga masih bertengger di posisi kedua klasemen sementara dengan status belum terkalahkan.

Tapi, hasil imbang ini nampaknya tidak terlalu membuat para manajer bersedih. Pasalnya, Erling Haaland (£12,0m) yang dimiliki oleh 78,4% manajer tetap mencetak gol dan meraup 9 poin. Selain itu, sang pemain yang bersinar di pramusim Aston Villa, Leon Bailey (£4,7m) juga mencetak gol dan menyumbang 8 poin untuk para manajer yang masih mempercayakannya.

Selain soal poin, pertandingan ini cukup membuka mata bahwa benar, Pep Roulette musim ini sedikit berbeda. Pep tidak banyak melakukan rotasi di starting line-up tapi tidak seperti pekan kemarin, kini ia hanya melakukan 2 pergantian pemain dari 5 kesempatan yang ia miliki. Hal ini menunjukan bahwa dalam kondisi tidak memimpin, Pep belum percaya untuk mengandalkan pemain selain 11 pemain pertamanya. Bahkan, Julian Alvarez tidak mendapatkan kesempatan pada pertandingan ini padahal pekan lalu ia mencetak gol.

Arsenal Terhenti, Antony unjuk Gigi

Lima kemenangan beruntun yang Arsenal peroleh di awal musim terhenti di Old Trafford. Manchester United mengupas kelemahan The Gunners dengan cara dan instrumen yang tepat di bawah tangan terampil Erik ten Hag. Dua gol dari Marcus Rashford (£6,5m) dan gol pembuka dari Antony (£7,5m) membawa mereka ke kemenangan keempat.

Rashford berhasil meraih 18 poin poin berkat ketajamanya dalam mengeksekusi 2 peluang dari serangan balik. Sang debutan, juga menyambut hangat publik Old Trafford dengan 1 gol dan membuatnya meraih 18 poin. Rashford terindikasi ada masalah dengan hamstring dan ditarik pada menit ke-80. Namun belum ada kabar lebih lanjut terkait indikasi tersebut.

Manchester United masih dalam tahap berkemang di bawah asuhan Erik ten Hag. Tapi, mereka menunjukan banyak kemajuan setelah Christian Eriksen (£6,3m) bermain lebih ke belakang di depan dua bek tengah. Pemain asal Denmark ini sangat berperan dalam proses membangun serangan dan transisi dari bertahan ke menyerang. Ia hampir selalu terlibat dalam proses gol yang United ciptakan.

Di kubu Arsenal, masalah utama yang menyelimuti mereka adalah efektivitas. Mereka menguasai 60% penguasaan bola dengan 16 percobaan tembakan. Sayangnya, hanya 3 tembakan yang menemui sasaran. Selain gol dari Bukayo Saka (£7,8m) tidak banyak ancaman yang benar-benar membuat David De Gea kesulitan. Gabriel Martinelli (£6,5m) dan Gabriel Jesus sangat terlibat dalam proses penciptaan peluang tapi sering mengambil keputusan yang salah.

Martinelli masih bisa menjadi prioritas atau pilihan para manajer. Tapi untuk Gabriel Jesus, para manajer perlu berpikir ulang. Mengingat cukup banyak penyerang yang sudah menunjukan konsistensinya. Seperti Haaland, Kane, Mitrovic, bahkan Ivan Toney. Tapi, keputusan melepas Jesus mungkin terlalu dini. Saat ini, anda hanya perlu lebih berhati-hati saja.

Alexis Mac Allister

Leicester City membuka laga dengan sangat meyakinkan. Mereka membobol gawang Brighton di menit pertama ketika Kelechi Iheanacho (£6,2m) berhasil memanfaatkan bola dari Patson Daka (£5,7m). Ini adalah gol pertama Iheanacho dan berhasil meraup 6 poin. Begitu juga dengan Daka berkat 1 gol dan 1 asisnya mendulang 11 poin.

Keunggulan pasukan Brendan Rodgers hanya bertahan tidak lebih dari 10 menit. Brighton langsung membalas gol cepat tersebut dengan tanpa ampun, 5 gol. Alexis Mcallister (£5,6m) menjadi bintang pada pertandingan ini dengan mencetak 2 gol dan meraup 14 poin. Ia menjelma sebagai salah satu pemain yang paling sering mengancam gawang Danny Ward (4 tembakan, 3 diantaranya menemui sasaran). Pada laga ini juga terungkap bahwa Mcallister merupakan salah satu eksekutor tendangan penalti.

Dengan bermain sebagai gelandang serang dalam skema dasar 3-5-2, Mac Allister cukup memiliki keleluasaan dalam berkreasi. Graham Potter memberikan kepada Mac Allister sebagai kreator utama untuk menciptakan peluang. Pemain ini layak untuk menjadi pemain unggulan mengingat harga lebih murah dan permainan kolektif karya Graham Potter cukup mengejutkan.


Komentar