Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 6

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 6

Jadwal padat menghampiri tim Liga Inggris. Gameweek keempat sampai gameweek keenam hanya berdurasi 8 hari. Setiap tim tentu punya siasat masing-masing untuk menanggulangi risiko jadwal padat. Tapi, yang lebih dipusingkan justru para manajer FPL yang harus dengan teliti siapa pemain yang akan mereka pasang. Tidak hanya soal produktivitas pemain, para manajer FPL harus membayangkan kemungkinan rotasi yang diterapkan oleh setiap tim.

Memasuki pekan keenam, para Managers FPL hanya punya waktu kurang dari 3 hari untuk menimbang siapa pemain yang harus dipertahankan, dibuang, dan dibeli. Kami ingatkan bahwa batas waktu untuk menyusun pemain di gameweek keenam adalah hari Sabtu, 03 September 2022 pukul 17.00 WIB. Jangan sampai terlewat.

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek keenam. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis) tapi beberapa tim besar punya potensi besar meraih poin clean sheet. Maka dari itu, kami merekomendasikan 4 bek untuk gameweek keenam.

Dean Henderson (NFO)

Pekan lalu, Henderson dibuat menderita oleh Manchester City. Kiper yang dipinjam dari Manchester United ini kebobolan 6 gol. Ini adalah capaian terburuk Dean Henderson dan Nottingham Forest selama musim ini berjalan.

Walaupun demikian, Henderson berhasil melakukan 3 penyelamatan. Ia juga masih memegang predikat kiper dengan penyelamatan terbanyak (25 penyelamatan). Hal ini yang menjadi pertimbangan utama pemilihan Dean Henderson sebagai kiper unggulan di gameweek keenam. Meninjau dari sisi tim secara keseluruhan, Nottingham Forest menambah banyak pemain di segala lini. Termasuk Renan Lodi yang dipinjam dari Atletico Madrid untuk memperkuat pertahanan.

Nottingham Forest akan menghadapi tim promosi lain, Bournemouth. Tim asal pesisir selatan Inggris ini baru saja memutus kontrak dengan Scott Parker setelah rentetan hasil buruk di 4 pekan awal liga. Mereka juga memiliki masalah di lini serang dan produktivitas. Dari liga pertandingan, Bournemouth baru mencetak 2 gol saja. Besar kemungkinan mereka masih kesulitan untuk menjebol gawang Dean Henderson.

Joao Cancelo (MCI)

Bek premium yang penampilan dan perolehan poin cukup konsisten adalah Joao Cancelo. Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson memang memiliki risiko rotasi lebih rendah, namun unit pertahanan Liverpool masih patut dipertanyakan. Risiko duo bek sayap Liverpool ini berasal dari poin clean sheet yang sulit didapatkan.

Cancelo memiliki potensi clean sheet yang cukup besar. Ia dan Manchester City akan berhadapan dengan Aston Villa yang sedang terperosok di zona degradasi. Pasukan Steven Gerrard juga baru saja kalah dari sang pemuncak klasemen pekan lalu. Selain itu, lini serang Aston Villa tidak begitu tajam. Mereka hanya mencetak 4 gol dari 5 pertandingan.

Cancelo berkontribusi besar terhadap proses penciptaan peluang Manchester City. Terbukti bahwa sampai saat ini ia menjadi bek yang paling sering melepaskan umpan ke sepertiga pertahanan lawan (103 umpan). Peran ini telah ia lakukan selama beberapa musim meskipun secara posisinya sering diubah oleh Pep Guardiola. Maka dari itu, Cancelo sangat berpotensi mendapatkan poin dari aksi menyerang.

Marc Cucurella (CHE)

Apabila melihat performa lini belakang Chelsea, memang sangat berisiko gagal clean sheet. Apalagi, anak asuh Thomas Tuchel baru saja kalah dari Southampton. Tapi, bek sayap mereka cukup konsisten dan sangat berperan terhadap lini serang. Untuk menghindari risiko, kami merekomendasikan Cucurella karena harganya lebih murah dibanding Reece Jamse. Tapi, tetap menjaga potensi raihan poin dari bek Chelsea.

Posisi Cucurella semakin kokoh pasca Marcos Alonso yang hijrah ke tanah Barcelona. Praktis ia hanya bersaing dengan Ben Chillwell. Thomas Tuchel lebih memilih Cucurella karena ia memiliki atribut menyerang yang bisa mengimbangi Reece James. Terbukti, mantan pemain Brighton ini menempati peringkat ke-3 dalam hal mengirimkan umpan ke sepertiga pertahanan lawan (73 kali). Hanya kalah dari Cancelo dan Walker.

Gabriel Magalhaes (ARS)

Arsenal belum terkalahkan hingga pekan ke-5. Salah satu faktornya adalah performa lini pertahanan yang solid. Anak asuh Mikel Arteta baru kebobolan 4 gol dari 5 pertandingan dengan total 37 ancaman saja.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan Gabriel Magalhaes sebagai salah satu bek unggulan karena memiliki potensi clean sheet. Selain itu, Gabriel berpotensi meraih poin dari gol. Musim lalu Gabriel adalah bek yang paling produktif. Ia berhasil mencetak 5 gol dan musim ini ia telah mencetak 1 gol saat berhasil bangkit dari ketertinggalan kala menjamu Fulham di Emirates Stadium.

Neco Williams (NFO)

Inilah waktu paling tepat memasang bek Nottingham Forest. Mengingat mereka akan menghadapi tim yang masih mencari kestabilan, Bournemouth. Meskipun The Forest baru saja merekrut Renan Lodi dari Atletico Madrid, tapi kami masih merekomendasikan Neco Williams. Selain jaminan posisi, Neco lebih familiar dengan Liga Inggris.

Potensi clean sheet jelas ada, tapi potensi gol atau asis juga ada. Neco Williams tercatat sebagai salah satu dari tiga bek yang paling sering menciptakan peluang. Dalam 4 pertandingan terakhir, Neco menciptakan 9 peluang untuk Nottingham Forest. Hanya kalah dari Trent Alexander-Arnold yang berhasil menciptakan 12 peluang.

Komentar