Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Penyerang Harga Ekonomis dan Menengah

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Penyerang Harga Ekonomis dan Menengah

Kehadiran penyerang ekonomis sangat penting di tim FPL kalian, setidaknya satu, demi menyisakan bujet lainnya untuk dipakai membeli penyerang atau pemain premium di posisi lainnya.

Penyerang Harga Ekonomis (£4.5 - £6.5)

Hanya ada enam penyerang yang dibanderol harga £4.5. Sesuai kepemilikan sekarang, mereka adalah Keinan Davis (Aston Villa, £4.5), Michail Obafemi (Southampton, £4.5), Dane Scarlett (Tottenham Hotspur, £4.5), dan Stipe Perica (Watford, £4.5). Apakah ada nama yang menjanjikan dari sana? Ternyata ada, meski semuanya bersifat spekulatif; artinya, penyerang murah ini cocok menjadi penyerang ketiga kalian ("cadangan mati").

Dari keempat nama di atas, hanya dua nama yang punya potensi mendapatkan kesempatan bermain. Keinan Davis berhasil mencetak satu gol dan satu asis di musim lalu dari 12 kali turun sebagai cadangan, sementara Michail Obafemi bisa jadi pengganti Danny Ings di Southampton yang memutuskan pindah ke Aston Villa.

Sementara itu di harga £5.0 dari sembilan nama, hanya satu nama yang menurut kami bisa dipantau, yaitu Divock Origi (Liverpool, £5.0). Namun, dengan adanya Roberto Firmino dan Diogo Jota tentu kesempatan bermain Origi hanya sedikit. Tapi, namanya bisa jadi alternatif ketika keduanya mengalami cedera.

Eddie Nketiah (Arsenal, £5.5) adalah salah satu penyerang muda yang cukup mendapat perhatian semenjak dirinya kembali ke Arsenal. Dalam beberapa pertandingan, Mikel Arteta cukup percaya diri memberikan tempat utama bagi dirinya. Di musim lalu, Nketiah mencetak dua gol dan memberikan satu asis. Namun, Nketiah belum akan bisa memulai musimnya karena sedang mengalami cedera.

Di harga £5.5 ini kami cukup tertarik dengan dua penyerang milik Burnley, Ashley Barnes (Burnley, £5.5) dan Matej Vydra (Burnley, £5.5).

Keduanya seringkali bergantian ditunjuk untuk menemani Chris Wood (£7.0) di lini depan. Dalam hal produktivitas gol, keduanya sama-sama mencetak tiga gol. Namun, Vydra memiliki catatan sedikit lebih baik di mana ia tercatat memberikan dua asis juga. Namun, untuk statistik individu menyerang, Barnes lebih unggul dari Vydra.

Di musim lalu, Barnes tercatat melepaskan 38 tembakan, 13 tembakan tepat sasaran, dan mencatatkan 20 chances created. Sementara Vydra tercatat melepaskan 35 tembakan, 9 tembakan tepat sasaran, dan 14 chances created. Jadi, kita bisa melihat Barnes lebih menjanjikan namun kembali lagi, keduanya adalah partner bagi Chris Wood di depan sehingga seringkali turun bergantian sebagai starter.

Kembalinya Watford ke Premier League membuat kita kembali bisa melihat permainan penyerang senior mereka Troy Deeney (Watford, £5.5). Kapten Watford tersebut selalu mencetak minimal 9 gol selama bermain di Premier League. Sempat mengalami cedera di ajang Championship musim lalu, Deeney terbilang produktif di mana dalam 21 pertandingan ia mencetak 7 gol dan memberikan 3 asis.

Norwich City kembali promosi ke Premier League di musim ini. Salah satu pemain yang dinantikan aksinya adalah Teemu Pukki (Watford, £6.0). Di ajang Liga Inggris musim 2019/20 dirinya cukup menarik perhatian dengan mencetak 11 gol dan memberikan 3 asis. Namun, aksinya tersebut tak dapat menyelamatkan Norwich dari degradasi.

Bermain di Championship ternyata membuat Pukki kembali bermain baik. Dari 41 pertandingan, Pukki berhasil mencetak 26 gol dan memberikan 4 asis. Namun, Norwich di awal musim ini memiliki jadwal yang tidak terlalu baik, jadi mungkin kita bisa pantau terlebih dahulu bagaimana raihan Norwich di awal musim.

Ivan Toney (Brentford, £6.5) jadi incaran para manajer FPL jelang musim berlangsung. Penyerang berusia 25 tahun tersebut tampil begitu baik di Championship musim lalu dengan mencetak 33 gol dan memberikan 10 asis. Dengan harga yang cukup murah, namanya layak jadi pantauan kalian selama musim berlangsung. Satu nama lain yang bisa masuk pantauan kalian adalah Marcus Forss (Brentford, £5.5). Di harga yang lebih murah, Forss tampil cukup baik sebagai pelengkap di lini depan. Total ia mencetak 8 gol dan memberikan 1 asis di Championship musim lalu.

Dan nama terakhir yang kami rekomendasikan adalah Allan Saint-Maximin (Newcastle, £6.5).

Sempat mengalami cedera di awal-awal musim, membuat Saint-Maximin tidak tampil maksimal. Namun di akhir musim, dirinya mulai kembali jadi andalan Newcastle. Di musim lalu, Saint-Maximin berhasil mencetak 3 gol dan memberikan 5 asis. Di musim ini, penyerang bernomor punggung 10 tersebut tampaknya akan kembali mendapat kesempatan bermain lebih banyak di sisi kanan penyerangan dan memberikan suplai untuk penyerang lainnya, Callum Wilson.

Penyerang Harga Menengah (£7.0 - £8.0)

Chris Wood (Burnley, £7.0) menjadi top skor Burnley di musim 2020/21. Penyerang asal Selandia Baru tersebut mencetak 12 gol. Selain mencetak gol, Wood juga cukup rajin memberikan asis untuk rekannya, tercatat ia memberikan tiga asis di Premier League musim lalu. Wood layak dapat pemantauan kalian di musim ini sebagai salah satu penyerang yang menjanjikan.

Perginya Danny Ings ke Aston Villa akan membuat Che Adams (Southampton, £7.0) jadi penyerang utama Southampton di musim ini. Di musim lalu, Adams salah satu penyerang dari tim menengah yang cukup baik penampilannya. Tercatat ia mencetak 9 gol dan memberikan 7 asis.

Duet Ollie Watkins (Aston Villa, £7.5) dan Danny Ings (Aston Villa, £8.0) akan sangat dinantikan di musim 2021/22. Namun, kita harus bersabar terlebih dahulu melihat keduanya bermain bersama karena Watkins dikabarkan akan absen di pekan-pekan awal karena mengalami cedera. Untuk Danny Ings ini menjadi kesempatan bagi dirinya untuk membuktikan diri bahwa Aston Villa tak salah mendatangkan nya dari Southampton.

Di musim lalu, Watkins berhasil mencetak 14 gol dan memberikan 9 asis. Sementara itu, Ings juga tercatat cukup produktif dengan mencetak 12 gol dan memberikan 4 asis.

Kelechi Iheanacho (Leicester City, £7.5) bisa jadi alternatif kalian apabila sulit mendapatkan Jamie Vardy yang dibanderol cukup mahal. Iheanacho sukses memberikan gelar Piala FA dan Community Shield di musim lalu. Iheanacho hanya terpaut 3 gol dari Vardy di mana ia mencetak 12 gol dan Vardy mencetak 15 gol.

Dalam lima pekan awal Premier League, Newcastle hanya akan berhadapan dengan satu tim Big Six, yaitu Man United. Melihat jadwal pertandingan tersebut, Callum Wilson (Newcastle, £7.5) layak masuk daftar belanja kalian. Penyerang andalan Newcastle tersebut berhasil mencetak 12 gol dan memberikan 6 asis di musim lalu.

Di era David Moyes, Michail Antonio (West Ham, £7.5) yang awalnya bermain sebagai winger diubah menjadi target man di lini depan West Ham. Perubahan yang dilakukan David Moyes tersebut ternyata membuat Antonio jauh lebih produktif. Di musim lalu, Antonio jadi salah satu pemain penting permainan West Ham di mana ia mencetak 10 gol dan memberikan 5 asis.

Raul Jimenez (Wolverhampton, £7.5) telah kembali bermain setelah sembuh dari cedera akibat mengalami benturan di kepala akhir musim lalu. Jimenez langsung berhasil mencetak gol di laga pramusim Wolverhampton pekan lalu. Kembalinya Jimenez sendiri akan membuat Wolves kembali menjadi tim yang bisa memberikan kejutan bagi tim-tim besar di Premier League.

Dominic Calvert Lewin (Everton, £8.0) dikabarkan tidak akan tampil di laga awal Everton di Premier League. Namun, Calvert Lewin tetap layak jadi pilihan kalian di beberapa pekan setelah ia kembali bermain. Di musim lalu, Calvert Lewin tampil produktif dengan mencetak 16 gol dan memberikan 6 asis. Catatan tersebut lebih baik dibandingkan dengan raihan di musim 2019/20 di mana ia mencetak 13 gol dan memberikan asis. Lima pekan awal Premier League, Everton memiliki jadwal yang cukup menjanjikan, jadi bisa kita nantikan Calvert Lewin kembali bermain.

Dan nama terakhir penyerang di harga menengah yang kami rekomendasikan adalah Patrick Bamford (Leeds United, £8.0). Penyerang bernomor punggung 9 tersebut salah satu pesaing gelar top skor dari musim lalu. Di musim ini nampaknya ia akan kembali mencetak banyak gol di mana skema permainan Leeds yang memberikan banyak suplai kepada dirinya. Di musim lalu, Bamford mencetak 17 gol dan memberikan 11 asis.

**

Komentar