Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Gelandang Harga Ekonomis

Fantasy Premier League

by Redaksi 21

Redaksi 21

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Gelandang Harga Ekonomis

Kegunaan gelandang harga ekonomis di skuad kita adalah untuk mengalihkan sebagian bujet yang tersisa untuk mendapatkan pemain depan dengan harga premium. Biasanya satu pemain tengah akan dijadikan "cadangan mati" saja, khususnya pemain dengan harga paling murah: £4.5. Tak ada banyak pilihan sebenarnya, tapi meski begitu, pemain dengan harga tersebut ternyata sering kali menjadi kejutan di beberapa gameweek.

Gelandang Harga Ekonomis (£4.5 - £5.5)

Meski tak banyak pilihan di daftar gelandang harga £4.5, kami mencoba pilihkan beberapa pemain yang punya potensi berdasarkan hasil di musim lalu. Yves Bissouma (Brighton & Hove Albion, £4.5) berada di daftar teratas. Bissouma selalu jadi pilihan utama Graham Potter untuk mengisi lini tengah di musim lalu, total ia memainkan 35 laga. Total, di musim lalu Bissouma menorehkan 77 poin, tertinggi di antara gelandang dengan harga £4.5.

Selanjutnya ada nama Morgan Gibbs-white (Wolverhampton, £4.5) yang bisa masuk pemantauan kalian. Pemain muda milik Wolves ini mendapatkan kesempatan bermain di musim lalu di empat pertandingan terakhir jelang musim 2020/21 berakhir. Pelatih Wolves sebelumnya, Nuno Santo mempromosikan dirinya untuk masuk ke tim utama Wolves. Benar saja, kepercayaan tersebut langsung dijawab dengan penampilan baik. Dalam empat pertandingan, ia melepaskan 10 tembakan tepat sasaran.

Douglas Luiz (Aston Villa, £4.5) menjadi nama selanjutnya yang bisa jadi alternatif gelandang murah. Di musim lalu, dirinya tampil sebanyak 32 kali bersama Aston Villa dan mencatatkan 2 asis serta menciptakan 19 kali peluang. Perginya Jack Grealish bisa jadi kesempatan bagi Douglas kembali mendapat tempat utama di Aston Villa dan berduet dengan Emiliano Buendia dan Anwar El Ghazi di lini tengah.

Billy Gilmour (Norwich City, £4.5) nampaknya akan mendapat kesempatan menit bermain lebih banyak di musim ini setelah Chelsea meminjamkan dirinya ke Norwich City. Gilmour menjadi salah satu pemain muda yang mencuri perhatian di musim lalu saat mendapat kesempatan bermain di Chelsea. Dengan potensi yang ada dalam dirinya, bukan tidak mungkin dia jadi pemain penting bagi Norwich di musim ini.

Tak hanya Gilmour, ada satu nama lagi pemain dari Norwich City yang bisa masuk pantauan kalian, yaitu Kenny McLean (Norwich City, £5.0). Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut menjadi salah satu pemain kunci Norwich hingga bisa kembali promosi ke Premier League. Bermain dalam 30 pertandingan di divisi Championship, dirinya berhasil mencetak dua gol dan memberikan enam asis.

Mathias Jansen (Brentford, £5.0) dan Vitaly Janelt (Brentford, £5.0) adalah dua nama pemain Brentford yang bisa kalian pantau di pekan-pekan awal EPL musim ini. Keduanya merupakan pemain penting di lini tengah Brentford.

Jacob Murphy (Newcastle, £5.0) cukup menarik perhatian kami setelah di akhir musim lalu tampil begitu baik. Dari sembilan laga yang ia mainkan, Murphy berhasil mencetak dua gol dan memberikan tiga asis. Selain itu, dirinya juga mencatatkan 19 chances created, di mana tujuh di antaranya merupakan big chances created. Di harga yang sama sebenarnya ada nama Matt Ritchie (Newcastle, £5.0) yang bisa juga kalian pertimbangkan.

Untuk nama lain di harga £5.0, ada nama-nama pemain dengan nama besar seperti Jordan Henderson (Liverpool, £5.0), James Milner (Liverpool, £5.0), Wilfred Ndidi (Leicester, £5.0), Decline Rice (West Ham, £5.0), Kalvin Phillips (Leeds United, £5.0), Pierre Emile Hojbjerg (Tottenham Hotspur, £5.0), dan Fred (Man United, £5.0).

Namun dari nama-nama di atas semuanya berposisi sebagai gelandang bertahan, dan kemungkinan mendapat poin gol atau asis cukup sulit melihat perannya mereka sebagai pemutus serangan lawan. Tapi, apabila kalian ingin berspekulasi, bisa saja tempatkan satu posisi bagi para pemain di atas.

Berpindah ke daftar gelandang di harga £5.5, cukup banyak pilihan nama yang berpotensi mendulang poin. Nama pertama adalah Stuart Dallas (Leeds United, £5.5). Di musim 2021/22 ini, Dallas yang di musim lalu berposisi sebagai bek dipindahkan ke daftar gelandang melihat perannya di Leeds yang sangat aktif membantu serangan dan juga produktif. Di musim lalu, Dallas berhasil menorehkan 171 poin FPL hasil dari 8 gol yang ia cetak, 3 asis yang ia berikan, 12 nirbobol yang ia catatkan dan 15 bonus poin yang didapatkan. Di musim ini, Dallas masih akan jadi andalan Marcelo Bielsa untuk menjalankan skema permainan yang ia miliki.

Emile Smith Rowe (Arsenal, £5.5) jadi nama selanjutnya yang bisa kalian pantau. Perginya Mesut Ozil dari Arsenal akan membuat Smith Rowe jadi pilihan utama Mikel Arteta di lini tengah. Apalagi kini ia telah menggunakan nomor punggung spesial, yaitu nomor 10. Di musim lalu, dirinya tampil begitu baik di akhir musim dengan mencetak dua gol dan memberikan lima asis.

Bryan Mbeumo (Brentford, £5.5) adalah salah satu pemain penting Brentford hingga bisa promosi ke Premier League musim ini. Mbeumo diturunkan sebanyak 37 kali sebagai starter dan berhasil mencetak 8 gol dan memberikan 10 asis. Duetnya bersama Ivan Toney di lini depan bisa jadi duet cukup berbahaya yang bisa memberikan kejutan di Premier League musim depan.

Dan nama terakhir yang patut dipantau adalah Todd Cantwell (Norwich City, £5.5). Wonderkid dari Norwich tersebut telah menunjukkan kualitasnya sejak musim 2019/20 di mana ia mencetak enam gol dan memberikan dua asis. Dan di musim 2020/21, ia jadi salah satu pemain kunci Norwich untuk kembali promosi ke Premier League musim ini. Melihat jadwal Norwich yang cukup sulit di pekan-pekan awal dan ia diragukan tampil karena mengalami sedikit cedera, Cantwell bisa jadi alternatif kalian di pertengahan musim nanti.

Komentar