Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Bek Harga Ekonomis

Fantasy Premier League

by Redaksi 21

Redaksi 21

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja 2021/22: Bek Harga Ekonomis

Dalam memulai Fantasy Premier League (FPL), pemilihan pemain belakang juga penting layaknya memilih pemain tengah ataupun penyerang. Nirbobol (clean sheet) tetap menjadi sumbangan poin utama para pemain belakang, termasuk penjaga gawang. Akan tetapi ada faktor lain yang membuat bek bisa menyumbang poin tambahan pada saat bermain. Selain gol dan asis, ini akan menguntungkan apabila pemain yang kita pilih banyak melakukan umpan, sapuan, blok, intersepsi, dan memenangi tekel.

Tips umum untuk memilih bek tidak selalu harus nirbobol, tapi justru dari potensi menyerang mereka melalui gol atau asis. Untuk itu, jangan terlalu terpaku dalam memilih bek. Jangan segan juga, misalnya, jika kita memilih jajaran bek yang seluruhnya adalah bek sayap karena posisi bek sayap yang lebih menyerang dan berpotensi mendulang poin.

Bek Harga Ekonomis (£4.0 - £4.5)

Barisan lini belakang dengan bujet £4.0 sebagian hanya diisi oleh para pemain pelapis. Hal ini juga berlaku di dalam skuat FPL yang kalian miliki nantinya karena bek dengan harga £4.0 biasanya akan menjadi bek pilihan kelima (sebagai "cadangan mati" atau cadangan yang bisa diandalkan ketika saat krisis misalnya bek utama kita menderita cedera atau akumulasi kartu).

Bagaimanapun juga, memanfaatkan bek dengan bujet £4.0 adalah sebuah cara untuk memanfaatkan £100 dengan baik untuk dibelanjakan pada pilihan pemain premium lainnya.

Dua nama teratas bek di harga ekonomis kami memilih dua bek Arsenal, Ben White (£4.5) dan Rob Holding (£4.5).

Duet Holding dan White diharapkan bisa membuat lini pertahanan Arsenal jauh lebih baik di musim depan. Di musim lalu, Ben White mencatatkan 12 kali nirbobol, memenangkan 49 kali duel udara dari 98, melakukan 49 tekel sukses, dan melakukan 62 kali intersep. Sementara Holding mencatatkan 11 kali nirbobol, memenangkan 71 duel udara dari 131, melakukan 43 tekel sukses, melakukan 24 tekel sukses, memberikan satu asis, dan mendapatkan 10 bonus poin.

Di musim 2020/21, Arsenal tercatat sebagai tim dengan lini pertahanan terkuat ketiga di antara tim lainnya. Arsenal hanya kebobolan 39 gol, selisih 3 gol dari Chelsea di peringkat kedua (36 kebobolan), dan selisih 7 gol dari Man City di peringkat satu (32 kebobolan).

Nama selanjutnya kami memilih bek Leeds United, Luke Ayling (£4.5). Di musim lalu, Ayling berhasil mencatatkan 12 kali nirbobol dan mengumpulkan 100 poin FPL. Di musim lalu, Ayling tercatat melakukan 70 sentuhan di dalam kotak penalti dan melepaskan 24 tembakan. Dengan skema yang dijalankan Bielsa, Ayling masih tak akan tergantikan di musim 2021/22. Ayling bisa jadi investasi jangka panjang kalian.

Bek Southampton, Jan Bednarek (£4.5) bisa juga masuk daftar belanja kalian untuk bek harga ekonomis. Di musim lalu, Bednarek torehkan 94 poin FPL dari 9 catatan nirbobol, satu gol, satu asis, dan mendapatkan 11 bonus poin. Catatan tersebut menjadi salah satu yang terbaik di antara nama-nama bek tengah di FPL.

Meski di musim lalu Burnley hampir terdegradasi, namu salah satu bek Burnley cukup menarik perhatian kami, terutama di harga ekonomis ini. Matthew Lowton berhasil menorehkan 103 poin FPL hasil dari satu gol, satu asis, 10 nirbobol, dan 6 bonus poin yang ia torehkan.

Dan nama terakhir yang bisa kalian pantau adalah Tariq Lamptey (Brighton & Hove Albion, £4.5). Di musim lalu, namanya menarik perhatian di akhir-akhir musim. Lamptey tercatat berhasil mencetak satu gol dan memberikan tiga asis. Bermain di sisi kanan pertahanan Brighton, ia cukup rajin membantu serangan. Ia mencatatkan 9 chances created dan melakukan 30 sentuhan di dalam kotak penalti. Namun, kalian harus bersabar untuk memilikinya, Lamptey diperkirakan akan absen di awal musim karena mengalami cedera saat latihan.

Selanjutnya kami coba memilih bek-bek dari tim baru saja promosi ke Premier League. Ada empat nama yang bisa masuk daftar belanja kalian, yaitu Max Aarons (Norwich City, £4.5), Rico Henry (Brentford, £4.5), Ethan Pinnock (Brentford, £4.5), dan Kiko Femenia (Watford, £4.5).

Max Aarons kembali ke Norwich setelah menyelesaikan masa peminjamannya di Newcastle. Di musim 2019/20, Aarons sempat menarik perhatian setelah bermain baik di sisi kiri pertahanan Norwich. Sementara untuk duet pemain Brentford, bisa kalian pantau terlebih dahulu di awal-awal pekan ini, meski keduanya di Divisi Championship lalu cukup bermain baik, di mana Henry sering bermain di sisi kiri/kanan yang juga aktif membantu serangan, sementara Pinnock punya keunggulan memanfaatkan duel udara dalam situasi sepak pojok. Dan terakhir, Kiko Femenia jadi salah satu pemain Watford yang bisa kita pantau. Ia cukup rajin membantu serangan Watford.

Komentar