Mempersiapkan Blank Gameweek 18 dan Double Gameweek 19

Fantasy Premier League

by

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mempersiapkan Blank Gameweek 18 dan Double Gameweek 19

Jadwal Premier League musim ini tidak seperti musim-musim sebelumnya. Pandemi membuat beberapa pertandingan dipindahkan ke pekan lain. Hal ini membuat kita sebagai manajer FPL harus bersiap. Terdekat, gameweek 18 dan gameweek 19 memiliki dinamika yang cukup tinggi dari segi jadwal.

Pertandingan antara Manchester City melawan Aston Villa dan Burnley menghadapi Manchester United yang semula dijadwalkan di GW1, pindah ke GW18. Selain itu, lima laga di GW18 dipindahkan ke GW19.

Perubahan jadwal ini menyebabkan delapan tim tidak bermain di GW18 dan 12 tim akan bermain dua kali pada GW19. Jika ingin mendapatkan poin maksimal demi panah hijau, kita harus mempersiapkan dua gameweek ini.

Jadwal di atas akurat hingga artikel ini ditulis pada 3 Januari 2021. Perlu diketahui bahwa setiap pertandingan bisa saja ditunda akibat penyebaran COVID-19. Dari jadwal tersebut, terlihat bahwa empat tim memiliki jadwal menarik untuk manajer FPL. Aston Villa, Burnley, Manchester United, dan Manchester City tetap bermain di GW18 dan bermain dua kali pada GW19.

Jika kalian memiliki banyak pemain dari empat tim tersebut, maka peluang meraih poin akan lebih besar. Namun perlu dicatat bahwa jadwal Aston Villa dan Burnley tidak mudah. Man United juga harus menghadapi pemuncak klasemen Liverpool pada salah satu pertandingan di GW19. Praktis, Manchester City memiliki jadwal paling menarik. Tiga pertandingan kandang menghadapi tim yang relatif lebih lemah.

Aston Villa tetap berpeluang mencetak gol meski menghadapi tim besar. Aset seperti Jack Grealish (£7.7), Anwar El Ghazi (£5.8), dan Ollie Watkins (£6.1) bisa menjadi opsi. Performa yang tidak menentu membuat Burnley akan kesulitan menghadapi lawan berat di GW19, namun Chris Wood (£6.2) bisa menjadi pemain diferensial dengan kemampuan duel udara yang baik.

Dari dua tim Manchester, Bruno Fernandes (£11.2) dan Kevin De Bruyne (£11.6) tentu menjadi rekomendasi unggulan. Pemain bertahan Man United juga menarik untuk dipilih melihat lawan yang akan dihadapi (kecuali Liverpool) merupakan tim dengan catatan menyerang yang buruk. Pemain bertahan Man City juga bisa diandalkan. Rekor pertahanan impresif belakangan ini dan lawan yang lebih lemah membuat Man City memiliki potensi besar meraih nirbobol.

Meski begitu, jangan langsung bergegas mencari tiga pemain dari Man City. Pep Guardiola memberi pernyataan bahwa terdapat lima pemain yang positif COVID-19, termasuk Kyle Walker dan Gabriel Jesus yang sudah absen dari Natal. Guardiola tidak mengungkapkan tiga nama lainnya. Selain itu, Man City memiliki resiko penundaan pertandingan seperti GW16 kemarin.

Beberapa strategi bisa dilakukan untuk mengantisipasi dan memaksimalkan dua pekan tersebut. Kami akan memberi beberapa saran terkait dua pekan FPL ke depan dengan mempertimbangkan berbagai kondisi pemain yang dimiliki.

Memiliki Maksimal Sembilan Pemain yang Bermain di Gameweek 18

Jika tim kalian ada di kondisi ini, menggunakan free hit tidak disarankan. Sembilan pemain sebenarnya cukup untuk meraup poin di atas rata-rata asalkan memilih kapten dengan tepat. Jadwal padat, pandemi, dan FA Cup membuat pekan-pekan ke depan akan memiliki dinamika yang tidak kalah tinggi. Oleh karena itu, kebijakan dalam menggunakan chip harus diperhatikan.

Banyak orang yang menggunakan free hit ketika banyak pemain mengalami blank gameweek. Tapi free hit juga menarik digunakan untuk memaksimalkan double gameweek. Mengisi pemain yang bermain dua kali bisa meningkatkan peluang untuk meraih poin tinggi. Meski kekurangannya adalah tidak ada lagi free hit hingga akhir musim.

Memiliki Maksimal Lima Pemain yang Bermain di Gameweek 18

Bagi tim dengan kondisi ini, penggunaan free hit baru disarankan. Modal lima pemain akan sangat sulit untuk mendapatkan poin tinggi. Mengisi skuat dengan pemain Arsenal, Man City, Man United dan Newcastle bisa menjadi opsi melihat lawan yang lebih lemah. Kieran Tierney (£5.3), Bukayo Saka (£5.2), dan Callum Wilson (£6.5) bisa menjadi opsi.

Setelah mengamankan GW18, kalian bisa menggunakan dua free transfer yang didapatkan dari GW17 dan GW18 untuk memaksimalkan GW19. Leeds, Liverpool, Man City, dan West Ham akan bertanding dua kali menghadapi lawan yang menguntungkan. Patrick Bamford (£6.6), Mohamed Salah (£12.6), dan Thomas Soucek (£5.2) dapat diandalkan.

*

Kami juga memiliki beberapa saran lainnya. Soal chip, wildcard juga bisa digunakan jika tidak ingin menggunakan free hit. Namun penggunaan wildcard akan lebih kompleks karena harus melihat jangka panjang. Tidak seperti free hit di mana skuat akan kembali seperti semula setelah gameweek berakhir. Triple captain dan bench boost cukup tricky untuk digunakan. Jadwal padat membuat pelatih kemungkinan besar melakukan rotasi. Hal ini cukup sulit ditebak.

Terkait kapten, sangat disarankan kapten dan wakil kapten bermain di pertandingan yang berbeda. Strategi ini digunakan untuk mengantisipasi pertandingan yang ditunda. Selain itu, transfer pemain menjelang tenggat waktu bisa menjadi opsi terbaik.

Terakhir, jangan terburu-buru mengambil keputusan. Kompetisi FA Cup akan bergulir akhir pekan depan sehingga tidak ada pertandingan Premier League. Tenggat waktu gameweek 18 jatuh pada Selasa, 12 Januari 2021 pukul 23:30 WIB. Untuk GW19, tenggat waktu jatuh pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 01:30 WIB. Salam panah hijau!

Komentar