Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 8

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 8

Setelah yakin dengan kiper dan bek unggulan, kini saatnya beralih ke posisi gelandang, di mana posisi ini bisa menjadi penentu apakah tim FPL kita bisa meraih poin yang cukup besar. Seperti biasa ada empat nama gelandang yang akan direkomendasikan. Sebelum dimulai, kembali diingatkan bahwa batas tenggat waktu gameweek 8 ini adalah Sabtu, 5 Oktober 2019 jam 17.30 WIB.

Setelah lama tak masuk ke daftar skuat unggulan, Raheem Sterling (Man City, £12.1) terpilih untuk masuk sebagai gelandang unggulan di GW8 ini. Apakah ia akan terhindar dari rotasi ala Pep Guardiola? Melihat ia baru diturunkan di babak kedua ketika Man City menghadapi Shakhtar Donetsk tengah pekan lalu, membuat kami yakin bahwa ia akan diturunkan dari menit awal di GW8.

Menghadapi Wolverhampton Wenderers yang telah kebobolan 9 gol di empat gameweek terakhir, Sterling punya modal bagus dalam catatan statistik individu. Dalam empat gameweek terakhir ia tercatat mencetak satu gol, memberikan 2 asis, melakukan 34 sentuhan di dalam kotak penalti (terbanyak ketiga di antara gelandang), melepaskan 10 tembakan (8 kali dilakukan di dalam kotak penalti), dan menciptakan 9 kali chances created (terbanyak keempat di antara gelandang). Ragu untuk memasukkan namanya ke skuat kalian? Jangan menyesal, ya, hehehe.

Bisa dibilang, hampir seluruh manager FPL memiliki gelandang Liverpool di skuatnya. Pilihannya hanya dua, Mohamed Salah atau Sadio Mane. Untuk gameweek 8 ini, Sadio Mane (Liverpool, £11.6) terpilih untuk masuk skuat unggulan. Bermain di kandang sendiri, Mane diharapkan mampu memanfaatkan sisi kanan pertahanan Leicester City yang selalu ditinggal Ricardo Pereira yang cukup aktif maju membantu serangan. Tercatat 11 peluang tercipta di sisi kana pertahanan Leicester. Dalam catatan statistik individu, tak perlu ragu terhadap Mane. Dalam empat gameweek terakhir, pemain asal Senegal ini telah menciptakan tiga gol, menciptakan tiga chances created, melepaskan 11 kali tembakan, dan mencatatkan 21 sentuhan di dalam kotak penalti. Selain itu, Mane juga tercatat sebagai gelandang dengan expected goals tertinggi dengan catatan 2,26. Catatan tersebut secara tidak langsung menandakan tinggal menunggu waktu saja bahwa Mane akan mencetak gol di pertandingan ini.

Meski Man United sedang tidak dalam performa terbaik, nama Daniel James (Man United, £6.0) tetap dimasukkan sebagai gelandang unggulan di GW8 ini. James adalah pemain yang paling diandalkan United kini dalam urusan mencetak gol. Pergerakannya akan sangat dimanfaatkan untuk menerobos lini pertahanan Newcastle yang sangat buruk di empat gamewek terakhir. Tercatat 9 gol dan 53 chances created bersarang di lini pertahanan The Magpies. Catatan lainnya yang membuat James punya peluang mencetak gol adalah sisi kanan pertahan Newcastle yang telah ditembus lawan sebanyak 20 kali (lebih banyak dari sisi kiri).

Dan nama gelandang terakhir yang direkomendasikan di GW8 ini adalah, John McGinn (Aston Villa, £5.8). Pemain Aston Villa ini secara beruntun di dua pekan terakhir mampu mencetak gol. Meski harus bermain tandang ke markas Norwich City, ia punya peluang bisa kembali mencetak gol. Selalu bermain terbuka di setiap pertandingan membuat Norwich telah kebobolan 8 gol di empat gameweek terakhir. Bahkan tak ada sekalipun nirbobol Norwich catatkan dalam kurun waktu tersebut. Selain itu, McGinn juga punya modal bagus di mana ia tercatat sebagai pemain tengah paling banyak kedua dalam melepaskan tembakan (13 kali). Dengan harga yang sangat murah, rasanya McGinn bisa dipilih sebagai investasi jangka panjang kalian.

***

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 4 Oktober 2019.

Komentar