Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 3

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 3

Salam panah hijau! Akhir pekan ini Liga Primer Inggris akan kembali memainkan pertandingannya. Seperti biasa kami hadir di sini untuk memberikan para pemain rekomendasi yang kiranya punya potensi mendulang poin. Sebelum kami mulai, kami ingin mengingatkan tenggat waktu (deadline) gameweek 3 adalah Sabtu, 24 Agustus 2019, pukul 01.00 WIB dini hari. Ingat, ya, dini hari; karena gameweek 3 akan dibuka oleh pertandingan Aston Villa vs Everton pukul 02.00 WIB. Jangan sampai kelupaan, ya.

Oke, langsung saja. Melihat catatan statistik menyerang dari masing-masing kesebelasan adalah hal yang sangat penting sebelum memilih kiper. Apabila dari catatan statistik menyerang salah satu kesebelasan punya catatan yang cupu, tentu kiper yang kita pilih akan punya peluang meraih nirbobol.

Dari dua gameweek yang sudah berlangsung, kesebelasan yang paling cupu dalam melepaskan tembakan adalah Crystal Palace, di mana mereka hanya melepaskan 12 kali tembakan (6 tepat sasaran) dan tak satu pun berbuah gol. Selain itu Wilfred Zaha dan kawan-kawan tercatat hanya menciptakan sembilan kali peluang (paling sedikit di antara kesebelasan lain). Mari sekarang kita lihat siapa yang akan menghadapi Crystal Palace di gameweek 3 ini? Manchester United adalah lawan dari Palace. Maka dari itu memilih David De Gea (Man United, £5.6) untuk diunggulkan di GW3 ini adalah keputusan yang tepat bagi kami.

Berpindah ke posisi bek. Sebelum kami memulai, kami ingin menyampaikan pertimbangan kami memilih tiga nama di bek ini bukan untuk meraih poin nirbobol, ya.

Meski sempat mengalami cedera, Lucas Digne (Everton, £6.0) nampaknya akan tetap menjadi pilihan utama, karena cedera yang dialaminya tidak terlalu parah. Dari dua gameweek, Digne telah mengumpulkan 17 poin (tertinggi). Untuk catatan statistik individu, Digne tercatat melepaskan empat kali tembakan ke arah gawang (terbanyak di antara bek) dan mampu menciptakan 3 kali peluang. Sementara itu untuk urusan memberikan umpan silang, Digne berada di urutan kelima sebagai bek yang paling banyak melepaskan umpan silang (13 kali).

Sementara dari catatan bertahan sang lawan, Aston Villa, tim promosi tersebut menjadi tim dengan kebobolan terbanyak (6 gol) dan paling banyak ditembak. Sisi kanan pertahanannya pun sering ditembus lawan. Tercatat 13 kali peluang lawan tercipta di sisi tersebut. Digne yang bermain di sisi kiri Everton tentu bisa memaksimalkan kelemahan di sisi kanan pertahanan Aston Villa nantinya.

Berpindah ke nama selanjutnya ada Trent Alexander-Arnold (Liverpool, £7.0). Meski akan menghadapi Arsenal di GW3 ini, pemain bernomor punggung 66 ini punya potensi untuk memberikan poin lebih lewat asis atau bahkan mencetak gol. Di dua gameweek terakhir, TAA tercatat mampu menciptakan 5 kali peluang (terbanyak di antara bek) dan 22 kali umpan silang (terbanyak di antara bek). Dari catatan tersebut, kami coba melihat catatan pertahanan dari Arsenal, dan tercatat anak asuhan Unay Emery masuk urutan kelima kesebelasan yang paling banyak tercipta peluang lawan di daerah pertahanan, total 19 kali peluang lawan tercipta, dan kebetulan sekali sisi kiri pertahanan Arsenal di mana sisi TAA melakukan serangan adalah sisi yang paling banyak terjadi peluang lawan.

Oleksandr Zinchenko (Manchester City, £5.5) menjadi pilihan terakhir. Kami melihat Dia tak tergantikan di skuat utama Man City di dua gameweek terakhir. Penampilan dari pemain muda ini cukup menarik perhatian kami karena melihat pertahanan Bournemouth yang tidak terlalu baik. Di dua gameweek terakhir, ditembak sebanyak 30 kali (terbanyak keempat), tercipta 23 peluang lawan (terbanyak), dan kemasukan dua gol. Dari catatan itu, Zinchenko yang sering kali rajin membantu serangan punya potensi memberikan asis, dan di akhir pertandingan bisa saja meraih poin tambahan dari hasil nirbobol, karena sejauh ini Man City menjadi kesebelasan yang paling sedikit ditembak.

***

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 22 Agustus 2019.

Komentar