Analisis dan Daftar Belanja FPL 2019/20: Penjaga Gawang

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2019/20: Penjaga Gawang

Kiper harga premium (£5.5 dan seterusnya)

Hanya ada empat nama kiper dengan harga £5.5 dan dua yang memiliki harga £6.0. Kalau di awal musim lalu kiper termahal adalah David De Gea, di musim ini gelar itu tersemat kepada Alisson Becker (Liverpool, £6.0) dan Ederson Moraes (Man City, £6.0).

Memiliki Alisson dan Ederson bisa jadi jaminan. Di musim lalu keduannya merupakan kiper dengan catatan nirbobol terbanyak, di mana Alisson mencatatkan 21 kali nirbobol dari 38 pertandingan, sementara Ederson mencatatkan 20 kali nirbobol.

Dalam hal melakukan penyelamatan, Alisson dan Ederson bukan lah yang terbaik dan terbanyak. Di musim lalu Alisson hanya melakukan 77 kali penyelamatan (urutan ke-17) dan Ederson 58 penyelamatan (urutan ke-22) dari sama-sama 38 pertandingan.

Namun bajet kalian akan sangat sayang jika memilih salah satu dari keduanya. Mungkin lebih baik memiliki para bek dari Liverpool atau Man City, seperti Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold , atau Virgil van Dijk dari Liverpool, serta Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko, atau pemain anyar Jose Angel Esmoris Angelino yang memiliki harga lebih murah.

Beralih dari kiper termahal FPL, kami punya beberapa rekomendasi. Namun sebelum memutuskan akan memakai salah satu dari kiper-kiper ini, kita harus memastikan hanya akan memasang dua outfield player dari kesebelasan yang sama.

Untuk nama pertama yang kami unggulkan adalah Jordan Pickford (Everton, £5.5). Alasan utamanya adalah Everton merupakan kesebelasan yang memiliki jadwal pertandingan cukup mudah di pekan-pekan awal ini. Lawan-lawan Everton di enam pekan awal adalah CRY (T), WAT (K), AVL (T), WOL (K), BOU (T), SHU (K). Pickford dan Everton baru akan bertemu dengan rentetan jadwal berat pada pekan ke-15.

Pada musim lalu Pickford melakukan 97 penyelamatan (urutan ke-11). Jumlah penyelamatannya melebihi catatan Alisson dan Ederson. Dalam hal mencatatkan nibrobol, Pickford terbilang baik, di mana dia mencatatkan 14 nirbobol.

Lanjut ke pemain lainnya, David De Gea (Man United, £5.5) bagi kami masih layak untuk diunggulkan. Meski mengalami penurunan harga karena penampilannya yang kurang baik di musim lalu, De Gea ternyata tercatat di peringkat empat kiper paling banyak melakukan penyelamatan (12). Dalam menciptakan nirbobol, De Gea melakukannya sebanyak 7 kali, jumlahnya sama dengan para kiper dengan harga £4.5 atau £5.0 lainnya.

Namun lewat harga yang sama, kalian bisa membeli Aaron Wan-Bissaka yang baru saja didatangkan dari Palace di mana dia mencatatkan 120 poin FPL musim lalu, Luke Shaw, atau gelandang Scott McTominay dan penyerang Mason Greenwood yang tampil gemilang selama pra-musim.

Tersisa dua nama lagi yaitu Hugo Lloris (Spurs, £5.5) dan Kepa Arrizabalaga (Chelsea, £5.5).

Cukup sulit untuk menentukan siapa yang terbaik dari mereka. Dari letak peringkat kesebelasan masing-masing tentu Kepa lebih baik daripada Lloris. Namun dalam aksi individu, Lloris dan Kepa memiliki keunggulan masing-masing. Seperti dalam hal melakukan penyelamatan, Lloris (102) lebih banyak daripada Kepa (83). Dalam hal kebobolan, Lloris (33) juga lebih baik dibandingkan Kepa (39).

Namun untuk catatan statistik lainnya, yaitu jumlah nirbobol, Kepa unggul dari Lloris. Dari 34 pertandingan yang dimainkan, Kepa meraih 14 nirbobol, sedangkan Lloris 12.

Lalu apabila kita melihat daftar pemain di posisi lain, dengan harga £5.5 dari Spurs kalian bisa memiliki para pemain bek sayap Spurs yang rajin membantu serangan seperti Danny Rose, atau Jan Vertonghen yang kerap naik ketika situasi tendangan sudut. Sementara dari Chelsea, apabila melihat dari hasil musim lalu, di harga £5.5 cukup sulit untuk menemukan pemain yang bisa diperhitungkan.

Secara umum, pemilihan kiper memang gampang-gampang-susah dan juga penting-gak-penting. Namun pertahanan tetap menjadi penting. Setidaknya kasus Fabianski sampai Pickford membuat kita bisa membuka sudut pandang jika kiper pendulang poin di FPL itu tidak harus yang memiliki pertahanan terbaik dengan jumlah nirbobol yang banyak (seperti Alisson dan Ederson), tapi bisa juga terjadi kepada kiper di kesebelasan yang sering diserang sehingga dia mencatatkan penyelamatan-penyelamatan untuk kemudian meraup poin bonus.

Jangan lupa! Deadline FPL gameweek 1 jatuh pada Hari Sabtu, 10 Agustus 2019, pukul 01.00 WIB. Untuk melengkapi tips awal sebelum mulai menyusun skuat gameweek pertama, berikut adalah rekapitulasi artikel analisis dan daftar belanja FPL 2019/20:

Apapun strategi kita dan siapapun pilihan kita, selalu: Salam panah hijau!

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 2 Agustus 2019.

Komentar