Analisis dan Daftar Belanja FPL 2019/20: Penjaga Gawang

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2019/20: Penjaga Gawang

Kiper harga menengah (£4.5 sampai £5M)

Penting melihat jadwal pertandingan. Pada artikel analisis jadwal, ada beberapa kesebelasan yang memiliki jadwal yang cukup mudah di pekan-pekan awal. Dengan jadwal mudah tentu muncul kemungkinan sang penjaga gawang meraih nirbobol dan sedikit bonus dari penyelamatan.

Kita mulai dari kiper dengan harga £4.5. Mathew Ryan (Brighton, £4.5) menjadi nama teratas di antara nama-nama lain. Bournemouth berada di urutan keempat yang menurut kami memiliki jadwal pekan awal yang tidak terlalu berat, yaitu SHU (K), AVL (T), MCI (K), LEI (T), EVE (K), SOU (T).

Musim lalu Ryan berada di urutan ke-10 soal penyelamatan dengan 98 kali (jumlahnya sama dengan Rui Patricio) serta selalu menjadi pilihan utama, dia tampil sebanyak 34 kali di bawah gawang. Dia memang termasuk penjaga gawang yang cukup banyak kebobolan musim lalu dengan 55 kali kebobolan (peringkat lima), tapi jumlah penyelamatannya cukup banyak, ditambah 6 nirbobol, poin FPL-nya berada para peringkat pertama di antara semua kiper dengan £4.5 (104 poin).

Setelah Brighton, ada Southampton yang memiliki jadwal yang cukup mudah di awal musim ini, meski harus bermain menghadapi Liverpool di pekan kedua dan Man United di pekan keempat, tapi beruntungnya kedua laga berlangsung di kandang sendiri.

Ada satu masalah yang menjadi membuat dilema untuk memilih siapa kiper yang harus dipilih dari Southampton karena ketiganya ini memiliki kualitas yang sama. Namun apabila diurutkan dari total penampilan, Alex McCarthy (Southampton, £4.5) berada di urutan pertama dengan total bermain sebanyak 25 kali dan melakukan 56 penyelamatan.

Sementara dua kiper lainnya, Angus Gunn (£4.5) dan Fraser Forster (£4.5) bermain sebanyak 12 kali dan 1 kali. Maka dari itu, McCarthy kami perkirakan akan kembali menjadi kiper utama Southampton musim depan.

Untuk kiper harga £4.5 musim ini jujur menurut kami agak sulit untuk memilih karena kebanyakan yang mereka yang musim lalu melakukan banyak penyelamatan mengalami kenaikan harga dan beberapa penjaga gawang harus terdegradasi seperti Sergio Rico (Fulham) dan Neil Etheridge (Cardiff City). Sementara satu kiper lagi, yaitu Jonas Lossl yang gagal membawa Huddersfield Town lolos dari degradasi, pindah ke Everton, dan rasanya akan sangat sulit baginya mendapat posisi kiper utama karena di sana ada nama Jordan Pickford.

Namun setelah kami sedikit melihat nama-nama lain, ada dua nama yang bisa kalian miliki sekaligus yaitu Tom Heaton (Aston Villa £4.5) dan Dean Henderson (Sheffield United, £4.5).

Kenapa kami merekomendasikan keduanya? Alasan utamanya adalah apabila kalian miliki Heaton dan Henderson di skuat kalian, kalian bisa memasang kiper yang tidak pernah bermain melawan big six selama semusim penuh (jika tidak ada perubahan jadwal).

Pasca sembuh dari cedera, Heaton terus mengisi skuat posisi kiper utama di Burnley, menggeser Joe Hart yang menggantikannya selama cedera. Bermain sejak putaran kedua, Heaton memainkan 19 laga dan melakukan penyelamatan 63 kali. Dalam kurun waktu tersebut, Heaton hanya kemasukan 27 gol, di mana jumlah tersebut lebih sedikit dari jumlah kebobolan Hart sebanyak 41 kali. Selain Hart, Burnley juga masih memiliki kiper bagus lainnya, yaitu Nick Pope.

Sementara Henderson baru saja mendapat kontrak baru dari Man United, tapi kiper Inggris U21 ini kembali dipinjamkan ke Sheffield United di musim 2019/20. Dia adalah kiper utama ketika berhasil membawa Sheffield promosi ke Liga Primer. Menurut kami di musim ini dia akan kembali mendapat kepercayaan sebagai kiper utama dan berpotensi mencatatkan banyak saves (sekaligus banyak kebobolan, mengingat Sheffield adalah kesebelasan minor).

Beranjak ke kiper dengan harga £5.0. Di harga menengah ini hanya ada 11 nama kiper yang terdaftar.

Tidak sulit untuk memilih bagi kami. Lukasz Fabianski (West Ham, £5.0) adalah nama pertama yang layak masuk daftar belanja kiper. Fabianski merupakan kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan di musim lalu.

Tak tergantikan di 38 pertandingan Liga Primer, dia mencatatkan 151 kali penyelamatan, kebobolan 57 kali, meraih 7 kali nirobobol, menggagalkan 1 kali penalti, dan mencatatkan 143 poin FPL, dimana poin tersebut menyamai perolehan poin Wilfried Zaha yang merupakan seorang penyerang.

Di musim ini rasanya Fabianski kembali tak tergantikan. Melihat jadwal West Ham di enam pekan awal—MCI (K), BHA (T), WAT (T), NOR (K), AVL (K), MUN (T)—bagi kami dia cukup menjanjikan. Walaupun mungkin akan kebobolan, tapi akan tertutupi jumlah penyelamatan yang ia lakukan sehingga akan mendapat poin lebih.

Ben Foster (Watford, £5.0) juga layak masuk daftar belanja. Dia berada di peringkat ketiga dengan penyelamatan di gawang terbanyak, total dia melakukan 128 penyelamatan dari 38 pertandingan dan mencatatkan 129 poin FPL (terbanyak kedelapan). Apabila kalian ingin memilih Foster, jangan berharap dia akan meraih nirbobol di pekan-pekan awal, karena Watford memiliki jadwal yang cukup sulit di enam pekan awal. Berharap poin dari penyelamatan adalah hal realistis yang bisa diharapkan dari Foster.

Beranjak ke nama selanjutnya. Martin Dubravka (Newcastle, £5.0) dan Kasper Schmeichel (Leicester, £5.0) bisa masuk radar kalian. Kedua nama kiper tersebut bisa kami rekomendasikan karena di musim lalu, keduanya merupakan kiper yang paling banyak meraih nirbobol di antara nama-nama kiper dengan harga £5.0. Dubravka mencatatkan 11 kali nirbobol, sementara Schmeichel mencatatkan 10 kali nirbobol.

Selain itu dalam melakukan penyelamatan, keduanya juga memiliki catatan yang cukup baik, di mana Dubravka melakukan 99 kali penyelamatan, dan Schmeichel melakukan 92 penyelamatan dengan sama-sama kebobolan sebanyak 48 kali. Namun satu hal yang harus dipertimbangkan apabila kalian ingin memiliki keduanya, yaitu Newcastle dan Leicester City memiliki jadwal yang tidak terlalu baik di enam pekan awal ini.

Sebenarnya masih ada nama lain seperti Bernd Leno (Arsenal, £5.0), Vicente Guaita (Crystal Palace, £5.0), dan Rui Patricio (Wolverhampton, £5.0) yang bisa kalian miliki. Namun kami lebih memilih untuk memiliki para bek dari ketiga kesebelasan ketiga nama kiper di atas, seperti Sead Kolasinac dari Arsenal, Patrick van Aanholt dari Crystal Palace, dan Matt Doherty dari Wolves.

Meski begitu apabila kalian tertarik ingin memiliki salah satu dari ketiga kiper di atas, akan kami sertakan statistik individu keduanya.

Leno memainkan 32 laga bersama Arsenal dengan melakukan penyelamatan sebanyak 106 kali (terbanyak keenam), 46 kali kebobolan, dan mencatatkan 6 kali nirbobol. Guaita bermain sebanyak 20 kali, mencatatkan 64 kali penyelamatan, 23 kali kebobolan, dan mencatatkan 7 kali nirbobol. Rui Patricio bermain sebanyak 37 kali, melakukan 98 kali penyelamatan (terbanyak kesembilan), kebobolan 46 kali, dan mencatatkan 8 kali nirbobol.

Itu tadi nama-nama kiper yang bisa masuk daftar belanja, meski sebenarnya ada nama lain lagi tapi apabila kalian melihat tabel daftar kiper dengan harga £5.0 selain nama-nama di atas, hanya tersisa para kiper-kiper cadangan di kesebelasan masing-masing. Jadi, mari kita pindah pembahasan ke kiper premium.

Halaman berikutnya: kiper harga premium.

Komentar