Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 34

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 34

Meski bertitel double gameweek (DGW), pada pekan ke-34 ini hanya ada dua kesebelasan yang mendapat jatah DGW yaitu Brighton & Hove Albion dan Cardiff City. Tentu saja, rekomendasi pemain lini belakang kami akan menyertakan pemain yang punya keuntungan DGW ini. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Berhasil meraih nirbobol di stadion barunya, Hugo Lloris (Spurs, £5.4) memiliki kesempatan untuk terus menorehkan poin kala menghadapi Huddersfield Town di kandang. Kiper asal Perancis ini juga berhasil tampil apik di tengah pekan saat Tottenham Hotspur menghadapi Manchester City di perempat final leg pertama Liga Champions UEFA. Dia berhasil mementahkan tendangan penalti Sergio Agüero dan menghantarkan kemenangan bagi anak asuh Mauricio Pochettino dengan skor 1-0.

Tampaknya stadion baru memberi energi baru juga bagi para penggawa Spurs. Dua kemenangan beruntun tanpa kebobolan adalah buktinya. Melawan Huddersfield yang sudah dipastikan terdegradasi adalah kesempatan yang bagus bagi Lloris dkk untuk melanjutkan tren kemenangan di kandang barunya.

Memiliki keuntungan double gameweek dan keduanya akan dimainkan di kandang (melawan Bournemouth kemudian Cardiff City) Shane Duffy (Brighton, £4.7) bisa dijadikan sebagai pemain belakang pilihan yang kiranya akan berprestasi di GW34 ini. Jika dilihat dari statistik menyerang lawan, Duffy berpeluang untuk meraih poin nirbobol. Baik dari Bournemouth ataupun Cardiff, statistik menyerang keduanya tak beda jauh. Pertama, Bournemouth hanya melepaskan 10 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 10.5 menit untuk membuat satu peluang*. Sedangkan Cardiff juga hanya melepaskan 10 tembakan tepat sasaran dan butuh waktu 10.3 menit untuk membuat satu peluang*.

Jika peluang itu sirna, bek berusia 27 tahun ini masih memiliki peluang untuk mencetak poin dari usaha menyerang. Anak asuh Chris Hughton kerap kali memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol. Dari situasi ini lah biasanya Duffy memanfaatkan peluang itu. Buktinya dalam empat pertandingan terakhir, di antara bek Brighton lainnya dia terbanyak melakukan sentuhan di kotak penalti lawan dengan 7 sentuhan. Sebelum GW34 ini dimulai, Duffy juga menjadi pemain terbanyak kedua yang dibeli manajer FPL (lebih dari 140.000 transaksi) setelah Son Heung-min.

Dua pekan beruntun berhasil menghasilkan poin, Ricardo Pereira (Leicester, £5.4) ikut andil dalam empat kemenangan beruntun yang telah diraih Leicester City. Pada pekan ke-34 ini The Foxes akan menghadapi Newcastle United yang hanya meraih satu poin di tiga laga terakhirnya. Pereira mempunyai peluang nirbobol karena bermain di kandang dan anak asuh Rafael Benítez sendiri belum mencetak gol di dua laga terakhirnya.

Selain itu, Pereira juga memiliki potensi meraih poin dari usaha menyerangnya. Pemain asal Portugal ini telah menciptakan 6 peluang*, 8 umpan silang*, dan 6 sentuhan di kotak penalti lawan*. Jika dirata-rata di antara bek Leicester lainnya, statistik milik Pereira ini berada di urutan pertama.

Pada pekan ke-34 ini, kami kembali merekomendasikan Lucas Digne (Everton, £5.3) untuk mengisi slot lini belakang terakhir. Digne berhasil meraih nirbobol ketiganya secara beruntun dan mengantarkan Everton meraih kemenangan atas Arsenal dengan skor 1-0. Di GW34 ini, The Toffees akan bertandang ke markas Fulham yang masih sulit kembali ke jalur kemenangan setidaknya di lima laga terakhir. Agak sulit jika mengharapkan Digne bisa meraih nirbobol keempatnya karena Fulham bisa dikatakan selalu bisa setidaknya mencetak satu gol jika bermain di kandang.

Namun tidak perlu khawatir, pemain asal Perancis ini masih memiliki bekal statistik menyerang yang oke untuk menghasilkan poin. Dia sudah melepaskan 27 usaha umpan silang* dan menciptakan 7peluang* (terbaik kedua di antara bek Liga Primer Inggris lainnya). Lini kanan pertahanan Fulham sendiri sudah kecolongan 21 peluang (terbanyak di antara kesebelasan lainnya) dan kecolongan 39 umpan silang (terbanyak keempat). Kelemahan ini lah yang bisa saja dimanfaatkan Digne untuk meraih poin asis di laga nanti.


Simak opini, komentar, dan sketsa adegan Rochi Putiray tentang jual-beli lisensi klub yang kerap terjadi di Liga Indonesia:



***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW34:

Catatan: Pada gameweek 34 ini, hanya Brighton & Hove Albion dan Cardiff City yang menjalani double gameweek. Namun pada gameweek 35 pekan depan, akan ada delapan kesebelasan yang memainkan double gameweek, yang terbagi dalam empat pertandingan, yaitu:

  • Tottenham Hotspur vs Brighton & Hove Albion
  • Watford vs Southampton
  • Wolverhampton Wanderers vs Arsenal
  • Manchester United vs Manchester City

Jadi mungkin para manajer FPL bisa siap-siap dari sekarang untuk memiliki pemain-pemain dari delapan kesebelasan di atas.

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 11 April 2019.

Komentar